Makanan Burung Hantu Berdasarkan Jenisnya

Tertarik untuk mempunyai binatang peliharaan, tentu wajib tahu apa pakannya. Agar selama di kandang, hewan tersebut tetap memperoleh asupan makanan yang tepat. Seperti halnya dalam menentukan makanan burung hantu. Tidak bisa sembarangan karena tiap-tiap jenis mempunyai santapan favorit yang berbeda.

Sebagai unggas pemakan daging, owl biasanya makan hewan-hewan kecil seperti serangga, ulat dan lainnya. Tapi, sebenarnya makanan khusus burung owl bisa disesuaikan dengan jenisnya. 

Makanan Terbaik Untuk Burung Hantu Berdasarkan Jenisnya

Setiap jenis burung hantu memiliki makanan favorit yang berbeda-beda. Hal itu dikarena masing-masing spesies memiki struktur morfologi dan kebiasaan yang berlainan. Berikut adalah beberapa macam makanan untuk burung hantu si pemakan daging, berdasarkan jenisnya.

  • Burung Hantu Hingkik
    Favorit makanan burung hingkik adalah ikan, burung kecil, serangga, mamalia kecil dan reptil.
  • Burung Hantu Salju
    Hidup di tempat berudara dingin, burung hantu salju suka makan mamalia kecil, hewan pengerat, anak burung hingga reptil kecil.
  • Burung Hantu Celepuk Reban
    Spesies dengan nama latin otus lempeji ini suka makan anakan tikus atau tikus-tikus yang ukurannya mini, serangga, belalang sampai burung-burung kecil.
  • Burung Hantu Celepuk
    Jenis strigiformes satu ini mempunyai postur tubuh agak kecil. Makannya serangga seperti jangkrik, ulat dan lainnya.
  • Burung Hantu Beluk Telinga Pendek
    Makanan kesukaan burung hantu beluk telinga pendek seperti ulat, kadal dan burung kecil.
  • Burung Hantu Punggok Coklat
    Jenis unggas malam ini pakannya kadal, kelelawar, katak, burung kecil dan kepiting.
  • Burung Hantu Beluk Ketupa
    Habitat di dekat perairan, jenis owl beluk ketupa memakan ikan, serangga dan katak. Terdakang memangsa mamalia kecil.
  • Burung Hantu Celepuk Rajah
    Pakan dari hewan malam berukuran kecil ini adalah serangga. Kadang memakan katak yang ukurannya kecil.
  • Burung Hantu Serak Bukit
    Unggas pemakan daging jenis serak bukit memakan serangga, katak, burung kecil dan mamalia kecil.

Sebagai hewan nokturnal atau binatang malam, burung hantu rupanya punya pakan favorit tersendiri. Sebagian besar dipengaruhi oleh habitatnya. Untuk Anda yang ingin memelihara hewan dengan nama latin strigiformes ini harus betul-betul tahu jenis pakannya. Jika tidak, unggas tersebut bisa mati.

Biasanya, burung hantu yang dipelihara diberi makan serangga, tikus kecil, ikan dan ulat. Pakan tersebut bisa dibeli ataupun dicarikan sendiri. Pakan burung seperti itu banyak dijual di pasaran. Jadi bisa ditemukan dengan mudah.

Tingkat Kesulitan Dalam Memelihara Burung Hantu

Selain menyediakan pakan yang tepat, terdapat tingkat kesulitan tersendiri dalam memelihara si nokturnal ini. Pasalnya, unggas tersebut adalah pemakan daging. Tidak seperti burung lain yang bisa diberi makan buah maupun biji-bijian. Setidaknya, Anda harus menyetok pakan yang sesuai dengan hewan karnivora ini.

Untuk Anda para pemula yang ingin memelihara strigiformes, sebaiknya pilih yang mudah perawatannya. Jika tidak, burung bisa tak terurus dan mati. Tak ingin, kan? Jadi, pastikan saat membeli burung tersebut, Anda tahu apa saja makanannya.

Pakan burung hantu bisa diberikan di kandangnya untuk stok sehari. Bisa juga pemberian untuk sekali makan. Selain memberikan pakan yang sesuai, cek selalu apakah makanan tersebut tersisa. Jika iya sebaiknya segera diberesin, sebab bisa mengotori kandang juga menyisahkan bau tak sedap.

Seperti yang diketahui bahwa burung hantu adalah karnivora. Pakannya berupa daging, jika makanan tersebut tidak habis dan tidak segera dibersihkan akan menimbulkan bau. Sehingga mengganggu kenyamanan di sekitar. Oleh karena, pastikan makanan burung hantu bukan hanya disediakan, tapi juga dicek.