Jenis Makanan Ikan Arwana Sesuai Kebutuhannya

ikan arwanaPada umumnya ikan arwana menyukai makanan yang masih hidup dan berupa serangga. Namun ada pula makanan ikan arwana beku seperti frozen bloodworms, frozen shrimp dan juga beef heath atau beef liver. Pemberian pakan yang bervariatif ini juga mempunyai fungsi yang berbeda beda untuk ikan arwana itu sendiri. Beberapa jenis pakan ikan arwana antara lain :

Frozen Bloodworms

Cacing darah beku atau frozen bloodworms banyak tersedia di sentra penjualan ikan hias. Cacing beku ini biasa diberikan pada ikan arwana kecil yang berukuran sekitar 8 cm atau biasa disebut sebagai fries. Pemberian pada ikan arwana kecil bisa diberikan lebih sering misalnya per tiga sampai empat jam dengan porsi yang sesuai dikarenakan anakan ikan arwana ini lebih memerlukan asupan pakan untuk pertumbuhan ikan itu sendiri. Setelah arwana berukuran 12 cm, anda bisa memberikan makanan dengan variasi lain. Cacing darah ini terbukti mampu membuat ikan arwana kecil menjadi cepat besar.

Jangkrik

Jangkrik adalah makanan utama ikan arwana dan khususnya di Indonesia hewan ini paling mudah untuk didapat dan juga diternakan. Jangkrik dikenal sebagai makanan ikan arwarna yang dapat meacu perkembangan warna dari arwana khususnya untuk jenis golden red dan juga arwana super red dikarenakan adanya kandungan betacarotene dari serangga tersebut.

Pilihlah jangkrik yang masih muda untuk kemudahan memberikan pakan ini. Sebelum diberikan kepada ikan arwana sebaiknya kaki panjangnya diputus terlebih dahulu karena adanya bagian tajam dari kaki ini yang dikhawatirkan akan melukai ikan kesayangan kita.

Simpan jangkrik di kandang khusus di rumah anda jika anda memiliki arwana yang cukup banyak atau dapat disimpan dalam pet home yang banyak terdapat di pasar. Ada metode lainnya dari penyimpanan jangkrik yaitu dengan cara dibekukan. Namun ikan arwana pada dasarnya menyukai pakan hidup dan pemberian pakan yang bersifat mati/beku ini harus dilakukan dengan cara pembiasaan dahulu terhadap ikan arwana. Cara membekukan jangkrik sangatlah mudah. Beli jangkrik hidup dan langsung masukkan ke daam toples kaca. Tutup toples tersebut rapat rapat dan langsung masukkan jangkrik ke dalam freezer. Setelah beberapa lama ambil toples tersebut dan lakukan gerakan mengocok dengan satu hentakan dimana cara ini akan membuat kaki jangkrik terutama kaki lompatnya yang berduri lepas dengan sendirinya. Setelah itu jangkrik siap untuk diberikan ke arwana.

Kodok

Kodok digunakan sebagai makanan ikan arwana agar cepat besar. Walau bisa memacu pertumbuhan ikan arwana, saya menyarankan penggunaan jangkrik seagai makanan utama dan kodok diberikan sebagai pakan selingan saja. Kodok menjadi makanan ikan arwana agar cepat besar dikarenakan didalamnya terdapat banyak lemak yang bisa memacu pertumbuhan ikan. Cari kodok yang ukurannya masih berukuran kecil sehingga mudah untuk dilahap oleh ikan kita. Namun pemberian kodok ini juga tergantung kebiasaan karena ada saja ikan yang tidak terbiasa dengan kodok dan saat diberikan tidak mau melahapnya. Beli kodok secukupnya untuk persediaan pakan di rumah dikarenakan kodok kalau disimpan terlalu lama juga kurang awet dengan pengertian cepat mati.

Makanan ikan arwanaUlat Jerman / Superworm

Ulat jerman juga dapat diberikan untuk ikan arwana terutama untuk mempercepat pertumbuhan ikan itu sendiri dikarenakan banyaknya kandungan lemak pada jenis ulat ini. Saat ini ulat jerman sudah mudah didapatkan dikarenakan sudah semakin banyak pula orang yang membudidayakannya. Namun jangan terlalu sering memberikan ulat jerman dikarenakan dapat menyebabkan arwana panas perut dan bisa mengakibatkan penyakit ambein atau disebut protuding anus pada ikan arwana. Gunakan pakan ini sebagai suplemen bagi ikan arwana agar tidak merasa jenuh dengan menu makannya.

Ada 3 jenis ulat yang biasanya diberikan kepada arwana yaitu ulat hongkong, ulat bambu dan ulat jerman atau sering disebut sebagai super worm karena ukurannya yang 5x lebih besar dari ulat hongkong dan ulat bambu dewasa. Ulat jerman memiliki warna dan bentuk yang sangat mirip dengan ulat hongkong, yaitu berwarna oranye kecoklatan dan memanjang dengan kepala dan ekor bulat. Sedangkan ulat bambu berwarna putih dengan kepalanya yang berwarna coklat kemerahan. Pemberian ulat ini tidak bisa terlalu banyak karena ulat dapat menyebabkan suhu badan arwana menjadi panas, meski ulat sangat baik untuk mempertebal tubuh arwana.

Udang

Udang sangat baik untuk ikan arwana terutama untuk memacu perkembangan warna ikan. Ada dua cara pemberian pakan ini yaitu pemberian pakan yang masih hidup atau udang yang sudah dibekukan atau disebut frozen shrimp. Pemberian frozen shrimp lazim digunakan oleh hobiis arwana di singapura. Hal ini dikarenakan faktor praktisnya dan juga keterbatasan mereka dalam memperoleh jangkrik. Dalam pemberian pakan udang ini saya juga menyarankan pada saat diberikan ke ikan arwana bagian kepala terutama sungutnya sebaiknya diputus dahulu dikarenakan bagian tajam tersebut takutnya menusu ikan kita.

Kecoak

Banyak sekali pro dan kontra tentang pemberian kecoak sebagai makanan ikan arwana, mengingat kecoa berasal dari sumber yang tidak bersih dan dikhawatirkan akan membawa bibit penyakit bagi ikan kesayangan kita. Namun tidak dipungkiri kecoa adalah pakan yang ampuh bagi arwana terutama jika diberikan pada ikan arwana yang sedang terkena penyakit hilangnya nafsu makan atau yang disebut mogok makan. Untuk meminimalisasi bibit penyakit, saat ini orang sudah banyak yang berhasil menernakan kecoak terutama jenis kecoak madagaskar dimana ukurannya lebih besar. Berikan kecoak ini pada saat arwana mogok makan sebagai pakan selingan dan jika sudah mau makan kembali berikan jangkrik sebagai menu makan utamanya.

Kadal dan Cicak

Kadal dan cicak juga dapat diberikan sebagai makanan selingan bagi arwana. Makanan ini sangat baik terutama untuk memacu ikan arwana agar cepat besar. Tetapi tidak semua arwana menykai memakan hewan ini, berikan kadal atau cicak sebagai selingan mengingat hewan ini juga sulit didapat dan tidak semua toko ikan hias menjualnya.

Kelabang

Kelabang dapat dikatakan sebagai menu favorit dari ikan arwana. Disamping dagingnya yang cukup tebal, kelabang juga sangat baik untuk perkembangan warna ikan arwana karena cangkangnya mengandung betacarotene. Namun saya menyarankan untuk hanya memberikan kelabang sebagai selingan, hal ini dikarenakan harga kelabang ini cukup mahal dan pemberian kelabang secara sering dapat menyebabkan ikan arwana tidak mau memakan jenis pakan lain yang diberikan atau istilahnya mogok makan.

Di alamnya kelabang banyak terdapat di dermaga kapal atau merayap di lambung perahu atau sampan dan jika arwana melihat adanya kelabang ini biasanya ikan akan melompat dan langsung melahap serangga ini. Kelabang yang diberikan adalah kelabang kelapa atau yang disebut kelabang medan yang mempunyai ukuran tubuh yang cukup besar. Cara pemberian kelabang yang aman adalah jepit kelabang dengan capitan lalu gunting dahulu semua kakinya untuk faktor keamanan.

Kadang kaki kelabang tersebut dapat mencengkeram cukup kuat dan dapat melukai ikan arwana kita terutama yang ditakutkan adalah menusuk bagian mata dari arwana. Berikan pakan kelabang ini sebagai selingan misalnya seminggu sekali pada hari minggu.

Ikan Mas

Pemberian ikan mas juga dapat diberikan sebagai menu selingan bagi ikan arwana dikarenakan banyak mengandung lemak yang sangat baik untuk pertumbuhan ikan itu sendiri. Namun jangan memasukkan ikan mas dalam jumlah banyak ke dalam akuarium kita dikarenakan jika ikan arwana diberikan pakan yang sifatnya ternggelam ke dalam akuarium dapat memacu terjadinya penyakit mata turun. Arwana sebaiknya diberikan pakan yang mengambang dipermukaan air.

Ikan mas juga dipercaya mengandung bibit penyakit. Ada satu cara yang dapat kita lakukan jika ingin memberikan ikan mas sebagai makanan ikan arwana yaitu dengan mencuci dahulu ikan mas dilarutan methylene blue atau larutan air PK. baru setelah itu ikan dapat diberikan sebagai pakan ikan arwana.

Jantung Sapi / Hati Sapi

Beberapa hobiis juga memberikan potongan jantung sapi atau hati sapi yang sudah dibekukan sebagai pakan ikan arwana. Ingat hal ini juga tergantung kebiasaan dari ikan peliharaan kita dikarenakan tidak semua ikan mau menyantapmenu ini kecuali melalui proses pembelajaran terlebih dahulu. Hati sapi sangat baik untuk memacu perkembangan warna pada ikan arwana dan juga bagus untuk pertumbuhannya dikarenakan banyaknya kandungan lemak dan protein yang ada di dalamnya.

Itulah 10 jenis makanan ikan arwana sesuai kebutuhan, silahkan anda pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan dari ikan yang anda pelihara.

Related Posts

Add Comment