Makanan Ikan Koi Alami Agar Ikan Cepat Besar

ikan koiSebagai besar pemelihara ikan koi masih menggunakan pelet sebagai pakannya, tapi tahukah anda sebenarnya makanan ikan koi alami lebih bagus digunakan sebagai pakan. Hal ini dikarenakan terkadang di pelet ada yang kualitasnya buruk sehingga justru membahayakan kesehatan ikan koi. Selain itu terdapat kandungan yang hanya terdapat pada pakan alami yang berfungsi meningkatkan keindahan warna ikan koi peliharaan anda, contohnya adalah senyawa Chromatophores pada udang.

Membuat Pakan Ikan Koi Alami Sendiri

Kita juga bisa meracik sendiri makanan ikan koi alami agar ikan cepat besar, racikan pakan ini tentunya harus kaya akan protein dan terdapat nutrisi nutrisi lain yang dibutuhkan oleh ikan. Dalam membuat makanan ikan koi alami ini kita harus memperhatikan 5 nutrisi yang harus ada di dalamnya, yaitu protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Protein sangat dibutuhkan oleh ikan koi untuk pertumbuhannya, selain untuk pembuatan sel sel baru protein berguna untuk meregenasi sel sel yang telah rusak.

Dalam membuat makanan ikan koi alami sendiri ini tidaklah susah, anda bisa menggunakan ikan ikan kecil atau udang berukuran kecil. Tetapi saya lebih merekomendasikan udang karena kadar proteinnya lebih tinggi serta pada udang terdapat Chromatophores yang dapat meningkatkan warna ikan koi. 500 gram udang di campurkan dengan 2 butir telur bebek, 2 buah bawang putih, 2 buah wortel dan agar agar. Haluskan semua bahan tersebut, kemudian tambahkan sedikit air, setelah halus campurkan semua bahan di atas. Kemudian potongpotong makanan ikan koi tersebut ke dalam ukuran yang kecil supaya memudahkan ikan koi dalam memakannya. Anda sudah bisa menggunakan pakan racikan sendiri ini langsung ke ikan koi.

Makan Ikan Koi Alami

Selain pakan ikan koi di atas, paling tidak ada 5 jenis makanan ikan koi alami yang bisa anda gunakan, yaitu :

Cacing sutera

Cacing sutera menjadi salah satu jenis makanan yang paling sering digunakan oleh para pemelihara ikan koi, selain pelet. Cacing sutera ini merupakan makanan ikan koi agar cepat besar, hal ini dikarenakan dalam cacing sutera kandungan proteinnya sangat tinggi. Cacing sutera ini sangat baik diberikan kepada anakan ikan koi karena mampu memacu pertumbuhannya, hanya saja pemberian cacing sutera ini untuk ikan yang sedang hamil tidak dianjurkan karena kandungan lemak yang ada padanya dapat menyumbat saluran telur ikan.

Ganggang hijau

Ganggang hijau yang banyak tumbuh di bagian dasar kolam juga bisa digunakan sebagai pakan untuk ikan koi. Ganggang ini bisa digunakan sebagai makanan selingan, kandungan karoten yang ada pada ganggang hijau dapat membuat warna ikan koi semakin cantik, karena karoten dapat membuat warna merah ikan koi semakin menyala. Hanya saja pemberian ganggang hijau dalam jumlah banyak justru dapat membuat warna ikan koi menjadi merah muda, hal ini lah yang menyebabkan pemberian ganggang hijau sebaiknya hanya untuk makanan selingan.

Kuning Telur

Kuning telur merupakan makanan ikan koi alami yang baik digunakan untuk anakan. Pemberian kuning telur ini harus tepat dan tidak berlebihan, karena jika terlalu banyak dapat membuat air kolam menjadi keruh. Cara pemberiannya adalah kuning telur direbus kemudian dikocok dengan air lalu diberikan pada kolam.

Cacing Darah

Bloodworm atau dalam bahasa indonesia dikenal sebagai cacing darah merupakan makanan ikan alami yang baik. Didalam cacing darah terdapat protein yang tinggi serta terdapat mineral dan lemak yang juga dibutuhkan ikan koi. Cacing darah bisa dijadikan makanan utama dalam pemeliharaan ikan koi. Anda bisa membelinya di pedagang ika’n hias atau mencarinya langsung di alam.

Udang

Selain dibuat sebagai makanan racikan seperti yang sudah kita bahas diatas. Udang juga dapat diberikan secara langsung ke ikan koi. Selain memiliki kandungan protein yang tinggi yang menyebabkan pertumbuhan ikan koi cepat besar, udang juga mengandung senyawa kimia yang dapat meningkatkan pigmen warna ikan koi. Senyawa kimia ini namanya adalah Chromatophores, kekurangan senyawa ini dapat membuat warna ikan koi menjadi pucat.

Itulah 5 Makanan ikan koi alami yang bisa anda gunakan, saran saya gunakan makanan ikan alami agar ikan koi anda tumbuh lebih sehat dibandingkan menggunakan pelet buatan pabrik.

 

Related Posts

Add Comment