Makanan Ikan Lele Supaya Cepat Besar

Ikan leleMakanan Ikan Lele – Dalam budidaya ikan lele jika ada makanan yang dapat membuat ikan lele lebih cepat besar tentu akan lele baik. Hal ini disebabkan semakin cepat besarnya lele peliharaan anda berkembang semakin menghemat waktu dan tenaga. Para peternak biasanya menggunakan pelet sebagai pakan lele. Pelet ini sebenarnya cukup bagus untuk dijadikan makanan ikan karena praktis dan mudah didapatkan.

Apalagi sekarang sudah ada pelet tinggi protein yang terbukti memang dapat menyebabkan ikan lele cepat besar. Masalah utama dari penggunaan pelet ini adalah biaya. Jika anda beternak makanan ikannya menggunakan pelet keuntungan yang anda dapatkan sangat sedikit.

Hal ini dikarenakan harga pelet cukup mahal. Jika anda beternak lele menggunakan pelet ini biasanya dalam sekali panen ikan anda hanya mendapatkan keuntungan sekitar 5-10 persen. Bahkan tak jarang peternak lele mengalami kerugian akibat membengkaknya biaya jika makanan ikan lele yang digunakan berupa pelet.

Salah satu pakan alternatif lele alternatif adalah tumbuhan Azzola yang sudah saya bahas pada artikel sebelumnya. Tumbuhan ini merupakan makanan alami lele di alam liar. Azzola memiliki kandungan protein nabati yang cukup tinggi, penggunaan azzola ini cukup baik untuk perkembangan lele. Walaupun, masih belum sebaik penggunaan pelet protein tinggi. Penggunaan azzola ini dapat menghemat biaya anda dalam urusan pakan karena anda bisa mengembang biakan tanaman azzola dengan mudah dan murah.

Selain tumbuhan azzola terdapat juga alternatif lain antara lain sebagai berikut :

  • Diatomae yang merupakan ganggang bersel satu yang bisa digunakan sebagai makanan lele. Diatomae ini biasa digunakan sebagai pakan alternatif bibit lele.
  • Chlorella yang merupakan ganggang hijau, mengembang biakan chlorella ini juga cukup mudah dan cepat hanya saja memerlukan air laut. Kandungan gizi dari ganggang hijau ini meliputi protein 50%, karbohidrat 20%, lemak 20%.
  • Spirulina juga bisa dijadikan alternatif, spirulina ini merupakan makanan alami ikan lele dimana kandungan protein yang dimiliki spirulina berkisar 50-70% berat keringnya.
  • Tetraselmis juga bisa dijadikan pakan lele. Tetraselmis ini sering digunakan para pembudidaya sebagai pakan ikan lele dumbo.

Selain menggunakan pakan lele alternatif , anda bisa membuat sendiri pakan lele organik, yang juga sudah saya bahas cara pembuatannya pada artikel sebelumnya. Pembuatan pelet lele organik ini menggunakan bahan bahan limbah yang mungkin ada disekitar anda seperti ampas tahu dan dedak halus. Untuk meningkatkan protein anda bisa menambahkan tepuk ikan di pelet organik buatan anda ini. Minus dari membuat pelet lele secara mandiri adalah jika anda membuatnya dalam jumlah sedikit maka biaya yang diperlukan justru bisa melebihi penggunaan pelet konvensional.

Limbah pertanian dan sisa rumah tangga juga bisa dijadikan makanan ikan lele seperti daging keong mas, daging bekicot, sisa rempah roti atau sisa nasi juga bisa diberikan ke ikan lele. Walaupun untuk sekala budidaya penggunaan limbah sisa rumah tangga ke lele tidak saya rekomendasikan. Hal ini karena kandungan gizi pada sisa nasi dan roti tidak proposional terhadap kebutuhan ikan lele, dimana tinggi karbohidrat tetapi rendah protein.

Related Posts

Add Comment