Makanan Kucing Kampung Agar Cepat Gemuk

Kucing kampung yang ada di sekitar rumah kita kebanyakan tidak ada yang gemuk, hal itu disebabkan karena makanannya. Wajar saja, karena kucing yang liar cukup sulit untuk mendapatkan makanan dikarenakan persaingan di dalam rantai makanan ekosistem. Walau begitu sebenarnya jenis kucing ini bisa juga menjadi gemuk dan menggemaskan. Berikut ini akan saya bahas mengenai makanan kucing kampung agar cepat gemuk.

Makanan Kucing Kampung Buatan Pabrik

Salah satu pilihan yang mudah adalah dengan membeli makanan buatan pabrik. Kucing kampung memiliki organ pencernaan yang lebih baik dibandingkan kucing ras, khususnya ras persia. Dimana jenis kucing asli Indonesia ini tidak mengalami masalah jika diberi kandungan makanan yang tinggi mineral. Hal berbeda dialami kucing persia yang akan mengalami masalah di saluran pembuangannya, banyak sekali ras persia yang terkena penyakit kencing darah (FUS) yang diakibatkan makanannya yang banyak mengandung mineral.

Biasanya makanan yang terlalu banyak mengandung mineral adalah yang harganya terlalu murah. Untung saja hal seperti itu tidak terjadi ada kucing kampung, anda bisa memberinya makanan yang harganya ekonomis dan biasanya mereka akan tetap sehat seperti biasa. Hal tersebut terjadi dikarenakan kucing kampung saluran pencernaannya telah beradaptasi dengan baik dengan kerasnya kehidupan, mereka harus makan seadanya yang mereka temukan di lingkungan mereka.

Walau bisa diberi makanan yang berharga ekonomis, untuk membuat kucing kampung agar cepat gemuk sebaiknya diberikan jenis makanan yang tinggi protein dan lemak. Berikanlah kucing kampung anda makanan yang memiliki kandungan protein minimal 30%, banyak kok makanan dry food kucing berharga ekonomis yang memiliki kandungan protein 30% keatas contohnya saja MEO dan MAXI.

Makanan Buatan Sendiri

Selain buatan pabrik, anda bisa membuat sendiri racikanan makanan untuk kucing anda. Bahan-bahannya mudah didapatkan di pasar dan berdasarkan pengalaman saya kucing kampung yang diberi makanan buatan sendiri ini dalam sebulan berat badannya dapat bertambah sebanyak 1-2 kg.

Bahan – bahan yang dibutukan untuk membuat makanan kucing buatan sendiri adalah :

  • Bandeng presto 300 g
  • Tahu Rebus 250 g
  • Agar agar swallow 1 sachet
  • Kuning telur 2 butir

Komposisi makanan diatas terdiri dari bahan – bahan yang tinggi akan protein serta disukai oleh kucing. Untuk membuatnya, pertama-tama rebus agar-agar bersama air sebanyak 1 liter hingga mendidik. Masukkan bandeng presto dan tahu lalu diaduk, setelah itu masukkan kuningan telur ke dalam adonan kemudian diaduk lagi sehingga makanan kucing yang anda buat telah tercampur rata. Berikan makanan ini sebanyak 1/5 dari yang kita buat tadi dalam satu kali penyajian. Dalam 1 hari, agar cepat gemuk kucing kampung diberi 3 x makan pada pagi, siang dan sore hari.

Makanan yang Tidak di Rekomendasikan

Walaupun kucing kampung organ pencernaannya telah beradaptasi untuk menerima berbagai jenis makanan, ada beberapa makanan yang tidak direkomendasikan untuk diberikan kepadanya. Celakanya banyak orang indonesia yang memberikannya kepada kucing peliharaannya, baik itu kucing kampung ataupun kucing ras.

Makanan yang tidak di rekomendasikan tersebut adalah nasi, di negara kita masih banyak yang memberikan campura nasi dan ikan teri kepada kucingnya. Padahal organ pencernaan kucing tidak dapat mencerna nasi dengan baik, akibatnya dalam waktu 12 jam nasi belum bisa dicerna di dalam usus kucing. Jika hal tersebut berangsung secara terus menerus maka kucing akan mengalami masalah pada organ pencernaannya. Jadi wajar saja jika kucing yang diberi nasi biasanya tidak bisa hidup lebih dari 5 tahun.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *