Manfaat Daun Binahong Merah

Manfaat daun binahong merah memang luar biasa karena bisa mengobati berbagai penyakit. Banyak ramuan tradisional yang berbahan baku binahong merah. Binahong merah ini bukan berarti daunnya berwarna merah ya tetapi perbedaannya dengan binahong hijau ada pada batangnya, binahong merah memiliki batang yang lebih lebar serta batangnya berwarna merah, sedangkan binahong hijau batangnya berwarna hijau.

Manfaat daun binahong merah diantaranya dpt mengobati beberapa penyakit berikut ini.

  1. Menyembuhkan luka bekas operasi, maag, tifus, disentri, kesegaran jasmani (tambah telur dan madu), mencegah stroke, asam urat dan sakit pinggang. Cara penggunaannya adalah dengan mengambi rhizoma (umbi) binahong secukupnya dan ditambah dengan beberapa lembar daun binahong merah kemudian dicuci bersih. Selanjtnya direbus dan setelah dingin disaring dan hasinya diminum 2 – 3 kali sehari. Dapat pula umbinya dikeringkan lalu ditumbuk selanjutnya dimasukkan ke dalam kapus 0,5 mh. Kapsul binahong diminum sebanyak 3 kali sehari.
  2. Menyembuhkan memar karena terpukul, kena api (panas), rematik, pegal linu, nyeri urat dan menghaluskan kulit. Ramuan atau resep untuk pemakaian luar sangat praktis yaitu siapkan daun dan batang binahong kemudian ditumbuk halus, selajutnya dioleskan pada bagian yang sakit.
  3. Penyembuhan pembengkakan jantung, bengkak liver, kencing manis, kerusakan ginjal dan radang usus besar. Ramuan atau resepnya, mula mula siakan umbi binahong kemudian dicampur dengan daun binahong merah, sirih dan temulawak secukupnya. Selanjutnya semua bahan tadi direbus dan dioleskan pada bagian yang sakit.
  4. Mengatasi kelemahan laki laki. Manfaat daun binahong merah ini dapat di dapatkan dengan mengambil beberapa helai daun, kemudian direbut dengan kencur dari 3 gelas menjadi 1 gelas. Ramuan tersebut diminum tiap malam semala 1 minggu.
  5. Bengkak dan berdarah karena jatuh atau tergores. Ramuan atau resepnya, tmbuk atau kunyah daun binahong kemudian oleskan ke tempat yang bengkak atau luka secara merata. Lakukan berulang apabila masih basah atau kondisi luka yang parah.
  6. Jerawat. Cara penggunaannya adalah dengan mengambil lima helai daun kemudian oleskan pada muka secara merata, terutama pada jerawat sebaiknya dilakukan sebelum tidur. Lakukan beberapa kali sampai kulit wajah halus. Cara lain pengobatan jerawat adalah ambil 5 – 6 daun binahong merah kemudian dijus sambil dicampur dengan air satu gelas dan ditambahkan madu. Ramuan tersebut dioleskan pada wajah yang berjerawat.

Daun binahong merah memang berkhasiat menyembuhkan aneka penyakit. Beberapa lembar daun binahong merah dikunyah hingga halus atau dimasak dengan segelas air dan diminum beserta ampasnya atau bisa juga dengan dijus atau diblender dapat berkhasiat sebagai berikut.

  1. Kategori penyakit berat, seperti batuk atau muntah darah setiap hari mengkonsumsi daun bnahong merah sebanyak 10 lembar, paru paru (bolong) 10 lembar, kencing manis 11 lembar, sesak nafas 7 lembar, borok akut (menahun) 12 lembar, patah tulang 10 – 20 lembar, darah rendah 8 lembar, radang ginjal 7 lembar, gatal gatal atau eksem kulit 10 – 15 lembar, geger otak ringan atau berat 10 lembar.
  2. Kategori penyakit ringan, seperti disentri atau buang air besar tidak lancar, tiap hari mengkonsumsi daun binahong sebanyak 10 lembar, ambeien berdarah 16 lembar, hidung mimisan 4 lembar, setelah bedah atau operas 20 lembar, luka bakar 10 lembar, kecelakaan atau terkena benda tajam 10 lembar, jerawat 8 lembar, usus bengkak 3 lembar, gusi berdarah 4 lembar, kurang nafsu makan 5lembar, kelancaran haid 3 lembar, setelah bersaling 7 lembar, menjaga stamina tubuh 1 lembar, penghangat badan 5 lembar dan lemah syahwat 3 – 10 lembar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *