Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

manfaat jahe merahManfaat jahe merah untuk kesehatan memang banyak. Jahe merah ini dikenal memiliki manfaat lebih baik dibandingkan jenis jahe lainnya. Hal ini salah satunya disebabkan karena kandungan minyak atsiri dari jahe merah memang lebih tinggi jika dibandingkan jahe gajah dan jahe emprit.

Jahe merah pada umumnya digunakan sebagai bahan membuat ramuan obat tradisional. Kebanyakan jahe merah ini digunakan sebagai penghangat tubuh, mengobati flu dan batuk. Tetapi tahukah anda, ternyata tidak hanya itu saja penyakit yang bisa diobati oleh jahe merah ini. Ramuan berbahan baku jahe merah untuk mengobati beberapa jenis penyakit, di antaranya :

Batuk kering menahun

Caranya, kunyah 15 g akar rimpang (rhizoma) jahe merah, ambil airnya lalu telan. Lakukan 3 kali sehari, pagi, siang dan sore setelah makan dengan jumlah yang sama.

Gatal gatal, luka lecet, terkena duri dan luka tikam

Untuk mendapatkan manfaat jahe merah ini, haluskan 15 g jahe merah, 3 siung bawang merah, lalu ditempelkan di tempat luka. Lakukan secara rutin sampai sembuh.

Gigitan ular

Caranya, tumbuk halus 10 – 15 g jahe merah bersama setengah sendok teh garam, lalu oleskan ramuan pada bagian yang terkena gigitan ular. Ramuan ini hanya sebagai pertolongan pertama saja.

Meningkatkan gairah seksual

Caranya, tumbuk sampai halus 10 g jahe merah, 30 g lengkuas (Languas galanga) dan 5 g lada (Piper ningrum). Peras 1 buah mengkudu (Morinda citrifolia) lalu campurkan airnya ke dalam hasil tumbuhkan bahan bahan tadi bersama 1 gelas air panas. Peras dan saring campuran bahan di atas sampai diperoleh segelas air ramuan. Tambahkan ke dalamnya 5 g garam dapur, aduk sampai rata, lalu bagi menjadi 2 bagian, masing masing untuk suami dan istri. Minum ramuan tersebut bersama satu sendok makan madu untuk memaksimalkan manfaatnya.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Caranya, cuci bersih 20 jahe merah, 20 g temu lawak, 20 g lempuyang wangi dan 10 g biji ketumbar. Iris tipis tipis jahe, temulawak dan lempuyang wangi, lalu jemur sampai kering. Tumbuk halus semua bahan bersama ketumbar sampai menjadi bubuk, lalu simpan dalam toples. Penggunaan ramuan ini adalah seduh 1 sendok makan bubuk dengan 1/2 gelas air mendidih. Tambahkan satu sendok makan madu, aduk sampai rata, lalu minum ramuan 2 kali sehari dengan jumlah yang sama.

Obat kuat (afrodisiak).

Caranya, cuci bersih 10 g jahe merah, 10 g biji kucai, 10 g biji pare kering, 15 butir merica dan 1 sendok teh gula merah. Haluskan semua bahan lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan tadi saat hangat sekaligus. Ulangi 2 kali sehari dengan dosis atau jumlah yang sama.

Rematik

Untuk menfaatkan jahe merah sebagai obat romatik perlu dikombinasikan dengan tanaman obat lainnya. Siapkan bahan yang terdiri atas jahe merah segar 20 g, temulawak 20 g, cabe merah 20 g, kumis kucing 30 g, daun komfrey 30 g dan air untuk minum 4 gelas. Cara membuatnya, semua bahan dicuci bersih kemudian ranjang atau diiris tipis, lalu direbus, tunggu hingga air rebusan tersisa 2 gelas, kemudian saring. Minum 2 kali pada pagi dan sore hari, sekali minum 1 gelas. Bisa ditambahkan 2 sendok makan madu dan perasan jeruk nipis untuk memaksimalkan manfaat jahe merah tersebut.

Keropos tulang

Pengeroposan tulang merupakan penyakit yang lazim mengintai orang yang telah lanjut usia. Taukah anda, ternyata salah satu manfaat jahe merah dapat mencegah pengeroposan tulang ini. Caranya, siapkan bahan yang terdiri atas jahe merah segar 20 g, kacang hijau 30 g, kapulaga 10 g, merica 15 g, kayu manis 20 g dan air 4 gelas. Cara membuat, bahan bahan dicuci bersih dan dilumatkan atau dimemarkan. Rebus hingga air rebusan tersisa 2 gelas, kemudian disaring. Minum 2 kali sehari pada pagi dan sore hari setelah makan. Sekali minum 1 gelas, dapat ditambahkan 2 sendok makan madu.

Asma

Caranya, siapkan bahan yang terdiri atas jahe merah segar 20 g, daun sambiloto segar 30 g, daun randu 30 g, daun lampes 20 g dan air untuk minum 4 gelas. Cara membuat ramuannya adalah semua bahan dicuci bersih, kemudian diiris atau diranjang kecil. Rebus hingga air rebusan tersisa 2 gelas, lalu saring. Minum 2 kali sehari pada pagi dan sore hari setelah makan. Sekali minum 1 gelas, bisa ditambahkan madu dan perasan jeruk nipis.

Stroke

Walaupun jarang yang mengetahui, jahe merah dapat dimanfaatkan mengatasi stroke ringan yaitu dengan menyiapkan bahan ramuan yang terdiri atas jahe merah 20 g, mengkudu 40 g, pule pandak 20 g, daun dewa 30 g, daun cermai 20 g dan air sebanyak 4 gelas. Setelah itu cuci semua bahan hngga bersih,  kemudian diranjang atau diiris. Rebus dengan air 4 gelas hngga aiar rebusan tersisa 1,5 (satu setengah) gelas, kemudian saring. Minum 3 kali pada pagi, siang dan sore setelah makan, sekali minum dosisnya setengah gelas.

Itulah 10 penyakit yang dapat diobati dengan jahe merah. Untuk mengoptimalkan manfaat jahe merah tersebut, gunakan jahe merah yang masih segar bukan yang telah kering.

Related Posts

Add Comment