Manfaat Jambu Biji Untuk Pengobatan

Karena kandungan yang ada di dalamnya, tanaman jambu biji memiliki manfaat untuk mengobati berbagai penyakit, diantaranya diabetes melitus, maag, diare (mencret), masuk angin, beser, prolapsiani, sariawan, sakit kulit dan luka.

Jenis penyakit yang dapat diobati dengan jambu bijidan cara pengobatannya adalah sebagai berikut :

  1. Demam berdarah dengue (DBD)
    Siapkan buah jambu biji matang dan mengkal sebanyak 3 buah lalu dicuci berih, kemudian diblender sampai halus. Selanjutnya, disaring untuk diperoleh jus jambu biji. Minum jus jambu biji ini sebanyak tiga kali sehari sampai sembuh. Buahnya juga bisa dimakan langsung bersama kulitnya.
  2. Diabetes melitus
    Siapkan 1 buah jambu biji setengah masak, kemudian dibelah menjadi beberapa bagian dan direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, lalu disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakannya, air rebusan tersebut diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
  3. Penguat jantung, membantu sistem pencernaan dan anti kanker
    Banyak yang belum tahu kalau salah satu manfaat jambu biji adalah dapat menguatkan jantung serta menjadi anti kanker. Cara penggunaannya, siapkan atau buat jus jambu biji 200 ml, jus apel 400 ml, jus melon 200 ml dan madu murni 100 cc. Blender semua bahan sampai halus kemudian disimpan di dalam lemari pendingin. Minum secara teratur setiap pagi dan sore masing – masing 300 cc.
  4. Maag
    Siapkan daun jambu biji yang masih segar 8 lembar. Daun jambu biji tersebut direbus dengan air sebanyak 1,5 liter sapai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakannya, air rebusan tersebut diminum 3 kali sehari, pagi, siang dan sore.
  5. Sakit perut (mencret)
    Siapkan daun jambu biji sebanyak 5 lembar, akarnya 1 potong, kulit dan batang secukupnya. Semua bahan tersebut direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya. Air rebusan tersebut diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
  6. Sakit perut atau diare pada bayi yang masih menyusui
    Siapkan jambu biji yang masih muda dan garam secukupnya, kemudian dikunyah oleh ibu yang menyusui bayi tersebut, airnya ditelan dan ampasnya dibuang.
  7. Masuk angin
    Siapkan daun jambu biji yang masih muda sebanyak 10 lembar, cabai merah 1 buah, buah asam 3 butir, gula kelapa 1 potong dan garam secukupnya. Bahan dicampur dan kemudian direbus bersama dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Air rebusan tersebut diminum 2 kali sehari.
  8. Beser (sering kencing) berlebihan
    Siapkan daun jambu biji yang masih muda 1 genggam dan bubuk beras yang digoreng tanpa minyak sebanyak 3 sendok. Kemudian rebuslah keduanya bersama dengan 2,5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Air rebusan terseut diminum setiap 3 jam sekali sebanyak 3 sendok makan.
  9. Disentri
    Ramuannya, siapkan akar daun jambu biji secukupnya dan daun jambu 10 lembar. Potong – potong akar dan daun jambu biji tersebut, kemudian cuci hingga bersih lalu rebus dengan air secukupnya selama 20 menit pada suhu 90º C. Saring air rebusan tersebut, lalu minum secukupnya secara teratur sampai keluhan hilang.
  10. Keputihan
    Ramuannya, siapkan dua genggam daun jambu biji muda dan 7 helai daun sirih yang telah dicuci. Kemudian direbus dengan segelas air dan disaring. Tunggu agak dingin lalu minum 2 kali sehari.

Masih banyak ramuan dan manfaat jambu biji lainnya, sehingga menjadikan komoditas ini sebagai obat herba. Misalnya, manfaat relaksasi, jambu biji kaya akan magnesium yang juga berguna sebagai relaksan. Hal ini membantu untuk mengendurkan otot dan saraf tubuh setelah bekerja keras.

Jus jambu biji dapat mengendurkan otot dan saraf tubuh setelah bekerja keras.  Hal tersebut karena adanya kandungan Vitamin B3 dan B6 yang berguna untuk membantu fungsi otak dengan cara menjaga aliran darah yang baik.

Ia juga memiliki manfaat untuk rambut. Hal tersebut dikarenakan jambu biji adalah sumber nutrisi termasuk vitamin A, vitamin C, vitamin B, kalium, tembaga, mangan, serat, flavonoid dan lainnya. Zat-zat tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut, pertumbuhan rambut dan mengatasi masalah rambut rontok.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *