Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Manusia

Kunyit merupakan salah satu rempah yang memiliki manfaat untuk kesehatan manusia. Oleh sebab itu, ia banyak digunakan untuk bahan pembuatan jamu atau obat-obatan tradisional lainnya. Selain itu, kunyit juga digunakan sebagai bahan baku dalam industri kosmetik dan sebagai bumbu masakan.

Kandungan Kunyit

Rimpang merupakan bagian tanaman kunyit yang sering dimanfaatkan oleh manusia. Didalam rimpang kunyit ini terdapat kandungan zat-zat kimia yang bermanfaat, diantarana adalah sebagai berikut :

  • Zat warna kurkuminoid yang merupakan suatu senyawa antioksidan yang dikenal bersifat anti tumor. Selain itu kurkumin berfungsi juga untuk melindungi saraf, hati, pankreas serta mengurangi penumpukan plak amiloid-beta.
  • Minyak atsiri yang bermanfaat untuk menjaga gula darah terkontrol, mencegah masalah pencernaan dan mencegah demensia.
  • Arabinosa, fruktosa, glukosa, pati, tanin dan dammar.
  • Mineral, yang terdiri atas magnesium, mangan, natrium, besi, kalsium, kalium, timbal, seng, kobalt, alumunium dan bismuth.

Manfaat Rimpang Kunyit

Banyak sekali manfaat dari rimpang kunyit untuk kesehatan manusia. Ia berkhasiat sebagai antikoagulan, obat malaria, obat cacing, obat sakit perut dan maag, mencegah corona, memperbanyak ASI dan masih banyak manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan dari kunyit.

Pemanfaatan kunyit untuk mengobati berbagai jenis penyakit dapat dilakukan dengan ramuan sebagai berikut :

  • Sakit perut dan maag
    Siapkanlah rimpang kunyit tua sebesar 2 jari tagan dan air panas sebanyak 1 cangkir. Pertama-tama, kupaslah kulit kunyit terlebih dahulu lalu bersihkan dengan air. Kemudian potong kunyit tipis-tipis dan masukan kunyit kealam air panas yang telah disediakan, lalu diamkan. Setelah itu pisahkan air rendaman yang berwarna dengan yang bening, bagian yang bening diminum 2 kali sehari. Pada pagi hari sebelum makan dan malam hari saat anda akan tidur.
  • Menurunkan demam
    Untuk memanfaatkan kunyit sebagai penurun panas, siapkanlah kunyit segar sebanyak 20 g kemudian diparut. Hasil parutan kunyit ini kemudian direndam didalam 1 cangkir air matang mendidih, aduk selama 15 menit. Kemudian saring air rendaman tadi menggunakan kain bersih, lalu minum sebanyak 3 kali sehari hingga demam turun.
  • Disentri
    Siapkan kunyit sebanyak 1-2 rimpang, air 2 gelas, gambir dan sirih secukupnya. Semua bahan tersebt kemudian direbus hingga airnya tersisa 1 gelas saja. Saring menggunakan kain bersih lalu minum airnya.
  • Cacar air
    Untuk memanfaatkan kunyit sebagai obat cacar air, siapkan satu rimpang kunyit lalu iris tipis-tipis. Siapkan juga daun asam segenggam, kedua bahan tersebut kemudian dicuci hingga bersih. Setelah itu, blender hingga halus. Oleskan hasil blenderan ini pada bagian kulit yang terkena cacar air sebanyak 3 kali sehari.
  • Amandel
    Bahan yang dibutuhkan adalah kunyit sebanyak 1 – 2 rimpang, 1 buah jeruk nipis dan madu 2 sendok makan. Setelah bahan siap, kunyit kemudian di parut lalu masukkan kedalam 1/2 gelas air panas. Aduk selama 10 menit, kemudian peras jeruk nipis kedalamnya. Larutan kemudian disaring, tambahkan madu kedalam air hasil saringan. Minum secara rutin 2 hari sekali, biasanya dalam waktu 3 bulan amandel akan mulai mengecil.
  • Menurunkan tekanan darah
    Banyak yang belum mengetahui bahwa salah satu manfaat kunyit adalah dapat menurunkan tekanan darah manusia. Siapkan rimpang kunyit segar sebesar 3 ibu jari, daun pegagan sebanyak 50 g, madu 300 cc da air 500 cc. Setelah bahan siap, cincang daun pegagang dan rimpang kunyit kemudian rebus didalam 500 cc air hingga air telah menguap sehingga tersisa 150 cc saja. Setelah air dingin, tambahkan madu kedalamnya, lalu diminum. Bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi, minumlah larutan ini secara rutin setiap hari.
  • Ketombe
    Menghilangkan ketombe dapat dilakukan menggunakan kunyit bubuk yang dicampur dengan air. Usapkan ke kulit kepala kemudian diamkan selama beberapa jam. Setelah itu cuci rambut anda dengan shampo. Dalam 3 x penggunaan biasanya ketombe sudah hilang.
  • Menghilangkan bau badan
    Bau badan merupakan suatu masalah yang sangat mengganggu bagi sebagian orang. Ternyata dengan meminum larutan kunyit setiap hari sebelum tidur dapat mengurangi bau badan hingga 70%. Caranya dengan membuat larutan yang terdiri dari 2 sendok kunyit bubuk lalu dicampur dengan segelas air panas. Anda bisa menambahkan gula sesuai dengan selera anda.
  • Malaria
    Tidak perlu menggunakan klorokuin yang memiliki banyak sekali efek samping untuk mengobati malaria. Anda bisa menggunakan ramuan yang terdiri dari 30 g rimpang kunyit, 15 g kulit pule, 5 g kayu cendana, 5 g kulit pohon keningar, 6 g daun jering antan, 20 g temulawak, 6 tetes minyak kayu putih dan 500 ml air. Haluskan semua bahan diatas, lalu rebus dalam 500 cc air. Setelah matang, matikan kompor dan dinginkan. Tambahkan minyak kayu putih kemudian minum ramuan tersebut sebanyak 3 kali sehari.

Selain memiliki manfaat untuk mengobati berbagai penyakit. Kunyit dapat juga digunakan sebagai bahan pengawet karena kunyit dapat membunuh bakteri yang akan merusak bahan makanan. Selain itu ia juga dapat mengilangkan bau amis pada makanan, misalnya pada ikan dan daging kambing, menambah citara rasa makanan ataupun memperindah tampilan warnanya.