Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

manfaat mentimunManfaat mentimun untuk kesehatan manusia sudah tidak perlu diragukan lagi. Pasien yang menderita hipertensi disarankan untuk menkonsumsinya secara rutin. Hal ini dikarenakan di dalam mentimun terdapat kandungan mineral yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Selain hipertensi, masih ada banyak penyakit lainnya yang dapat diobati oleh mentimun.

Manfaat mentimun secara lengkap adalah sebagai berikut :

  1. Obat sakit kepala
    Mentimun dapat dimanfaatkan untuk mengobat sakit kepala dengan cara menyiapkan 30 gram akar mentimun segar kemudian direbus dengan 200 ml air sampai mendidih selama 15 menit lalu disaring. Setelah dingin, air rebusan ini diminum sehari 2 – 3 kali.
    Selain bagian akarnya, mengkonsumsi buah mentimun yang mentah atau telah dimasak terbukti secara ampuh mengobati sakit kepala yang terus menerus hingga dapat menurunkan berat badan.
  2. Obat radang lambung
    Untuk mendapatkan manfaat mentimun sebagai obat radang lambung caranya adalah buah mentimun segar sebanyak 600 gram, dicuci lalu direbus dengan 200 ml air sampai mendidih selama 10 menit, disaring dan setelah dingin diminum. Pengobatan ini dilakukan 2 kali sehari, pagi dan sore hari.
  3. Obat hipertensi
    Penderita hipertensi disarankan untuk banyak mengkonsumsi mentimun. Kandungan mineral kalium, magnesium dan serat di dalamnya bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Mineral magnesium berperan melancarkan aliran darah dan menenangkan saraf.
    Cara penggunaan mentimun untuk obat tekanan darah tinggi, yaitu dua buah mentimun segar dicuci bersih lalu diparut. Hasil parutannya diperas dan disaring, lalu diminum 2 – 3 kali sehari.
  4. Obat menurunkan berat badan
    Manfaat mentimun lainnya adalah dapat menurunkan berat badan karena buah ini mengandung kalori rendah dan kaya serat sehingga mampu mengontrol berat badan. Kandungan serat dalam mentimun menurunkan kadar lemak tubuh dan kolestrol. Selain itu, terdapat juga kandungan asam malonat yang mencegah gula darah berubah menjadi lemak hingga membantu menurunkan berat badan.
  5. Mengobati penyakit mag
    Kandungan serat mentimun memberikan efek mengenyangkan. Mengkonsumsi jus mentimun mentah baik untuk pencernaan. Kandungan airnya yang tinggi mampu menetralkan dan mengurangi keasaman lambung yang berlebihan pada sakit mag,seratnya bermanfaat untuk melancarkan buang air besar dan kandungan enzim erepsinya berfungsi membantu mencerna protein.
  6. Obat pencegah kanker
    Rasa pahit pada mentimun berasal dari saponin, yaitu senyawa fitokimia yang terdapat dalam lendir mentimun. Meskipun pahit, saponin memiliki manfaat sebagai atikanker, menurunkan kolestrol dan meningkatkan daya tahan tubuh.
    Antioksidan yang ada pada mentimun berperan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas penyebab kanker, penyakit jantung dan mengurangi kadar lemak dalam tubuh. Kandungan vitamin C yang terdapat didalamnya bermanfaat untuk meningkatkan kadar glutation, yaitu asam amino yang bersifat antioksidan dan dihasilkan secara alami oleh sel tubuh.
  7. Obat pembersih ginjal
    Manfaat mentimun yang jarang diketahui adalah bermanfaat untuk detoksifikasi. Hal ini dikarenakan kandungan airnya sangat tinggi, yang mencapai 90%, membuatnya  memperlancar buang air kecil (efek diuretik), membantu menghilangkan dan menetralkan racun (toksin), serta membantu menggelontorkan bakteri di sepanjang usus dan dinding kandung kemih. Kandungan air dan mineral kalium dalam mentimun mengeluarkan kelebihan asam urat dan sisa metabolisme melalui ginjal.
    Asam urat yang berlebihan di dalam darah akan membentuk kristal yang menumpuk persendian sehingga menyebabkan penyakit artitis atau radang sendi. Adapun sisa metabolisme berupa garam mineral yang menumpuk di saluran kemih akan membentuk batu ginjal. Oleh karena itu, penderita artritis dan batu ginjal disarankan untuk makan mentimun.
    Cara pemakaian mentimun untuk membersihkan ginjal, yaitu mentimun segar dicuci lalu diparut. Hasil parutannya diperas dan disaring.  Setelah itu air hasil perasannya tadi diminum.
  8. Obat kulit gatal
    Kesegaran daging buah mentimun yang banyakmengandung air, vitamin C dan asam kafeat dapat membantu meredakan iritasi kulit dan mengurangi penumpukan cairan di bawah kulit. Hal ini sangat berguna untuk mengompres mata yang lelah dan bengkak, mengobati kulit kering, kulit yang terbakar sinar matahari, jerawat, eksim dan gatal gatal akibat gigitan serangga.
  9. Obat kecantikan
    Manfaat mentimun sebagai obat kecantikan sudah terkenal sejak jaman dahulu, sehingga ia sering dijadikan kosmetik alami untuk mempercantik wajah. Irisan mentimun digunakan sebagai masker wajah untuk menyegarkan dan menghaluskan kulit wajah, menghilangkan noda hitam serta mengurangi minyak berlebih di wajah.
    Kulit mentimun kaa akan serat, vitamin A, mineral silika, kalium dan magnesium. Mineral silika berperan memelihara jaringan penghubung, yaitu otot, sendi dan tulang.
    Adapun untuk flek hitam bekas jerawat, caranya adalah ujung buah mentimun sekitar 5 cm diparut. Kunyit atau kunir sebesar ibu jari ditumbuk dan diambil airnya. Air kunyit dicampurkan dengan mentimun. Lalu, oleskan ke wajah. Lakukan setiap hari sampai flek menghilang.
    Bahan alami seperti mentimun, susu sapi, jeruk nipis, minyak bulus, bawah putih, bawang merah, asam dan lengkuas sangat bermanfaat untuk menghaluskan muka dan leher. Secara rutin memasker muka menggunakan mentimun menghasilkan kulit halus mulus.
  10. Mengobati haid yang tidak teratur
    Caranya adalah giling halus 10 lembar daun cocor bebek, 5 jari labu air, 5 buah majakan, 1 buah mentimun, 10 lembar daun srep, 10 lembar daun sambaing colok dan tambahkan air garam secukupnya. Kemudian ramuan tadi diusapkan ke perut dan lakukan dua kali sehari.
  11. Obat sariawan dan sakit tenggorokan
    Efek menyegarkan dan kandungan vitamin C dalam mentimun membantu mengobati sariawan. Caranya adalah setiap hari makan mentimun sebanyak 9 buah. Lakukan secara rutin. Untuk penyegar mulut, makan bberapa iris mentimun setelah menyikat gigi.
    Sakit pada tenggorokan yang menyebabkan sulit bicara dan batuk dapat diobati dengan biji mentimun. Caranya, sekitar 15 biji mentimun dicampurkan dengan sedikit garam dan dikumur beberapa kali sehari. Cara ini dapat mengembalikan suara yang hilang.
  12. Obat hepatitis
    Mentimun mentah bermanfaat untuk menurunkan panas dalam, meningkatkan stamina dan lain lain. Selain itu, mentimun mengandung flavonoid dan polifenol sebaga anti radang serta mengandung kukurbitasin C, yang berkhasiat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit hepatitis.
  13. Obat cacingan
    Di dalam kandungan gizi mentimun terdapat 0,65% protein, 0,1% lemak dan karbohidrat 2,2%, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan Vitamin C serta racun alkoloid jenis hipoxanti dapat mengobati anak anak yang menderita cacingan.
  14. Obat demam
    Caranya adalah mentimun secukupnya dicuci bersih, lalu diparut. Hasil parutannya diletakkan di atas perut.
  15. Obat bengkak di sekitar mata
    Untuk mendapatkan manfaat mentimun ini caranya dengan iris tipis mentimun dan letakkan di kedua mata, lakukan sambil berbaring selama 15 menit. Lalu bilas.

Itulah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari mentimun, dengan mengkonsums secara rutin buah ini memang sangat baik bagi kesehatan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *