Manfaat Tanaman Sri Rejeki Bagi Manusia

Sri rejeki merupakan salah satu tanaman hias yang banyak di gemari di seluruh dunia. Tanaman ini dikenal sebagai pembawa hoki, terutama bagi masyarakat China. Di Indonesia, tanaman sri rejeki ini banyak dikoleksi. Apalagi dengan segudang manfaat yang ditawarkan. Semakin membuat tumbuhan tersebut diburu oleh berbagai kalangan.

Tanaman yang oleh orang barat disebut sebagai Chinese evergreens ini, merupakan tumbuhan dari keluarga talas-talasan. Family Araceae ini mempunyai nilai keindahan tersendiri, hingga membuatnya banyak dicari. Bahkan tak sedikit yang sengaja mengoleksi tanaman tersebut. Lantaran warna-warnanya yang menarik, Sri rejeki menjadi tanaman hias yang cantik.

Macam Macam Tanaman Sri Rejeki

Diseluruh dunia tanama ini memiliki beragam jenis dan varietas. Sampai saat ini varietas tanaman Sri Rejeki diperkirakan sudah lebih dari 5000 jenis. Masing-masing memiliki karakteristik yang menawan, seperti:

  • Sri Rejeki Widuri Merah
    Seperti namanya, jenis tanaman ini mempunyai daun warna merah. Warna tersebut berpadu dengan hijau dan kuning.
  • Sri Rejeki Silver Queen
    Khas dengan dua kombinasi warna putih dan hijau. Daun warna hijau mendominasi corak putih di bagian tengah.
  • Sri Rejeki Silver King
    Memiliki pola warna putih yang dikeliling warna hijau, kebalikan dengan Sri rejeki silver queen. Tanaman ini juga menghasilkan bunga yang indah.
  • Sri Rejeki Widuri Putih Super
    Sangat memikat, chinese evergreens yang satu ini punya daun warna putih dan sekit kehijaun di sisi pinggir. Bentuk daunnya bulat jadi unik.
  • Sri Rejeki Pride Of Sumatra
    Seperti nama lengkapnya, chinese evergreens ini berasal dari Sumatra. Khas dengan perpaduan corak daun warna hijau, pink dan kuning.
  • Sri Rejeki Harlequin
    Varian satu ini mempunyai warna daun kolaborasi dari hijau, kuning, merah muda dan orange. Jenis Sri rejeki ini cukup mudah ditemui.
  • Sri Rejeki Red Lipstik
    Memiliki warna batang merah dan daun kehijauan dengan merah agak marun di pinggirannya. Tampak seperti lipstik seperti namanya. Jenis Sri rejeki ini banyak diburu karena variannya yang menarik.
  • Sri Rejeki Red Cochin
    Didominasi dengan daun warna merah membuat varian ini tampak berbeda dari lainnya. Bahkan ada juga yang dalam satu helai daun berwana merah semua.

Manfaat Yang Dimiliki Tanaman Sri Rejeki

Keunikan daun Sri rejeki yang lebih dari satu warna, membuat tanaman ini disebut dengan “ratu daun”. Biasanya, tumbuhan memiliki warna daun hijau, tapi tidak dengan tanaman chinese evergreens. Terdapat kombinasi warna seperti merah, maroon, kuning, putih dan merah muda.

Dari sisi warna daun yang indah, tersimpan manfaat lebih hingga membuat tanaman pembawa hoki ini banyak dicari. Beberapa manfaat tumbuhan hias sri rejeki antara lain:

  1. Sebagai salah satu bisnis yang menguntungkan. Melihat tanaman ini banyak dicari, jadi bisa dibudidayakan untuk dipasarkan.
  2. Dapat diikutsertakan sebagai tanaman kontes dan jika menang bisa menambah nilai jual lebih.
  3. Menjadi tanaman hias yang tidak mudah kotor dan dapat ditempatkan di luar maupun di dalam ruang.
  4. Sri rejeki bisa ditaruh pada ruangan indoor karena asupan sinar matahari yang dibutuhkan tidak sebanyak tanaman lainnya.
  5. Berperan sebagai anti polutan udara jika dikombinasikan dengan tanaman lidah mertua.  Kedua tumbuhan tersebut mampu menyerap asap rokok sekaligus dapat menetralisirnya.

Menarik sekali kan ya? Tanaman hias yang bukan hanya memperindah ruang, tapi juga bisa memfilter udara. Apalagi saat ini udara bersih sangat-sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga tidak perlu repot harus beli alat yang bisa memfilter udata karena ada Sri rejeki.

Manfaat tanaman Sri rejeki dari segi bisnis dan kesehatan sama-sama dapat diperhatikan. Anda pun bisa memperoleh tanaman satu ini di toko online maupun offline. Sekarang sudah banyak yang menyediakan dan variannya juga beragam.