Membuat Bonsai Ulmus Juara Kontes

Bonsai ulmus merupakan salah satu jenis bonsai yang sudah diakui di dunia internasional sebagai jenis bonsai yang bernilai tinggi. Di dalam kontes bonsai baik nasional atau internasional jenis bonsai ulmus sering mendapat predikat juara.

Ada beberapa jeni stanaman ulmus yang bisa dibonsaikan seperti ulmus parvofolia yang kerap dibuat di negara China dan Taiwan serta ulmus lanceofolio yang sangat mudah sekali ditemui di Indonesia, terutama di daerah dataran tinggi serta pegunungan di wilayah Jawa dan Sumatra. Nah Tanaman yang asli indonesia ini yang sering menjadi bonsai ulmus juara kontes.

Secara tampilan jenis bonsai ulmus lanceofolio ini sudah memiliki tampilan yang sempurna dialam liarnya, dengan bentuk daun yang panjangnya mencapai 7,5-12,5 cm serta mampu mencapai ketinggian hingga 20 meter. Tetapi setelah dibuat bonsai, tanaman ulmus ini mampu dikecilkan hingga berukuran mini baik dalam hal panjang daun hingga ketinggiannya. Biasanya bonsai ulmus ini jika sudah di training menjadi bonsai bisa tumbuh dengan panjang daun mencapai 1,5 cm saja dengan ketinggian 15 cm saja.

Tak heran jika bonsai ini memiliki harga jual tinggi, sebab selain memiliki bentuk yang berbeda, jenis bonsai ulmus ini juga memiliki susunan daun yang rapi dan berbentuk oval berwarna hijau mengkilap dengan gerigi halus di bagian pinggirnya. Tak hanya itu jenis bonsai ulmus ini juga memiliki keunikan yang menjadi daya pikat tersendiri, yaitu meskipun jenis bonsai ini hanya hidup di daerah pegunungan dan dataran tinggi saja, namun setelah dibonsaikan bonsai ulmus juga mampu bertahan hidup di dataran rendah.

( Baca Juga : Gambar Bonsai Serut Juara )

Bonsai ulmus juara kontes,memang membutuhkan perawatan khusus untuk menciptakan hasil yang maksimal dan sempurna, baik itu dalam hal pemilihan bibit, saluran drainase hingga media tanam yang dibuat dengan perbandingan 1:1:1 menggunakan campuran tanah gunung. Pastikan bahwa saluran drainase mampu menyuplai air sesuai dengan kebutuhan jenis bonsai ulmusĀ  ini, jangan sampai mengalami kekeringan.

Tak perlu khawatir mengenai penempatannya, sebab bonsai ulmus ini bisa ditempatkan pada ruangan terbuka dengan paparan sinar matahari atupun di ruang yang agak ternaungi. Namun, pastikan ruang yang Anda sediakan tak akan memudahkan belalang hijau dan larva penggerek menempel pada daun bonsai ulmus Anda. Sebab kedua jenis gulma ini mampu merusak tumbuh kembang bonsai ulmus ini dengan cara merusak daun dan mengelupaskan kulit dari kayunya sehingga kayu menjadi bususk. Untuk menanggulanginya, sesekali Anda bisa menyemprotkan insektisida guna mengatasi penyebaran gulma yang menyerangnya.

Nah, jika ingin mengembangkan jenis bonsai ulmus juara ini Anda bisa menggunakan steak atau cangkok, biasanya bonsai yang dibuat dari steak atau cangkok lebih sering keluar sebagai juara. Itulah sedikit ulasan mengenai bonsai ulmus yang bisa Anda jadikan referensi saat hendak memilih tanaman hias sebagai penghias rumah.

Related Posts

Add Comment