Mengenal Anggrek Golden Shower

Mengenal Anggrek Golden Shower – Anggrek merupakan salah satu tanaman hias yang cocok dipajang baik di dalam maupun di luar rumah dan cocok dengan iklim di Indonesia yang tropis. Tanaman anggek bisa diletakkan di dalam ruangan tertutup karena anggrek merupakan tanaman yang pantang terkena sinar matahari secara langsung.

Tanaman anggrek dipelihara dan dirawat untuk dinikmati keindahan dan keunikannya. Sudah sejak lama, anggrek dikenal memiliki pesona yang khas yang membuatnya menjadi simbol kesempurnaan. Bahkan bintik atau motif pada bunganya pun sering memiliki makna tersendiri. Anggrek adalah salah satu jenis tanaman hias yang memiliki varietas dan jenis paling banyak di dunia, Salah satu jenisnya adalah anggrek golden shower.

Anggrek golden shower memiliki arti atau makna khusus. Anggrek golden shower sebagai simbol kecantikan yang halus dan langka, keindahan serta kasih sayang yang murni dan rasa cinta kebijaksanaan, perhatian dan perbaikan.

Setiap jenis tanaman anggrek memiliki keunikan tersendiri. Keunikan dan keindahan yang dimiliki oleh anggrek ini pun beragam. Pecinta tanaman anggrek tidak hanya menikmat bunganya yang eksotik atau keharumannya. Banyak pecinta anggrek yang mengangumi keunikan akarnya yang menjulur, bulb yang montok dengan berbagai bentuk,bahkan tantangan dalam perawatan dan pembudidayaanya.

Anggrek memiliki banyak spesies dari berbagai genus berbeda. Inilah yang membuat anggrek memiliki keunggulan dan kelebihan. Beberapa genus anggrek tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Dendrobium adalah genus anggrek paling populer yang memiliki spesies paling banyak
  2. Phalaenopsis adalah jenis anggrek yang kepopulerannya mendekati anggrek dendobrium salah satu contoh spesiesnya adalah anggrek bulan
  3. Cattleya adalah jenis anggrek berbunga besar dan sangat spektakuler
  4. Oncidium adalah anggrek yang memiliki keunikan pada bunganya salah satu contohnya adalah anggrek golden shower
  5. Grammatophylum adalah spesies anggrek yang anggotanya seperti anggrek papua raksasa

Dengan tehnik hybrida, saat ini perkembangan anggrek sangat variatif, banyak bermunculan jenis anggrek baru setiap harinya. Salah satunya adalah jenis anggrek oncidium paling terkenal yaitu anggrek golden shower. Oncidium sendiri merupakan anggrek simpodial yang memiliki batang lunak sebagai penyimpanan air. Anggrek oncidium mudah sekali diperbanyak dan perkembangan anaknya sangat cepat. Perbanyakan dengan cara split atau pemisahan anakan

Budidaya Anggrek Golden Shower

Merawat anggrek golden shower tidaklah sama dengan anggrek lainnya, ada beberapa detail yang harus anda ketahui semisal anggrek golden shower membutuhkan suhu rendah untuk bisa tumbuh maksimal 21 C serta kelembapan tinggi antara 65-70 %. Untuk itu jika anda memiliki tempat tinggal di daerah dataran rendah mohon maaf anda tidak dapat menanam jenis bunga anggrek ini. Beberapa jenis anggrek dendobrium mungkin bisa jadikan alternatif bila anda memiliki tempat tinggal di dataran rendah.

Secara garis besar membudidayakan jenis anggrek ini dapat dibagi menjadi 3 tahap yaitu

  • Perkembangbiakan bunga anggrek
    Bunga anggrek dapat dikembangbiakan secara vegetatif dan generatif. Karena yang akan kita lakukan adalah mendapatkan jumlah anggrek sebanyak banyaknya maka penggunaan teknik kultur jaringan untuk mengembangbiakan anggrek golden shower sangat saya rekomendasikan karena dengan teknik ini anda bisa mendapatkan ratusan hingga ribuan tanaman anggrek baru secara cepat.
  • Penanaman
    Setelah anda sukses dalam mengembangbiakannya dan telah mendapatkan bibit bunga anggrek, saatnya anda mulai menanam. Anda bisa menanam bibit anggrek anda di tanam ataupun polybag. Saya sendiri lebih menyarankan di polybag karena lebih mudah untuk dikirim kirim dan pindahkan, selain itu karena harganya yang lebih murah dibandingkan pot. Media yang disukai tanaman anggrek ini adalah media yang diisi oleh 1/3 batu bata dan 2/3 pakis haji.
  • Perawatan
    Setelah anda berhasil menanamnya saatnya anda merawat tanaman anggrek anda, pemupukan, penyiraman dan menjaga kelembaban di sekitar tanaman merupakan 3 hal yang perlu anda perhatikan. Perawatan ini menjadi kunci kesuksesan budidaya sehingga jangan sampai anda anggap enteng.

 

Related Posts

No Responses

Add Comment