Mengenal Jenis Burung Poksay

37 views

Burung poksay atau Garraulax atau orang barat menyebutnya juga degan nama The Sunda Laughingthrusth banyak di temukan di negara Brunei, Indonesia, Malaysia dan Cina. Burung poksay yang terdapat di Indonesia adalah jenis burung poksay kuda atau disebut Garrulax rufifrons, spesies ini merupakan spesies yang endemik di Indonesia.

Hewan peliharaan ini mempunyai ciri jambul dan juga ekor yang cukup pajang, habitat alaminya yaitu daerah subtropis atau tropis lembab atau daerah hutan tropis yang lembab atau juga daerah pegunungan yang cukup lembab. Nah pada artikel kali ini Nusabudidaya akan mengajak kawan kawan untuk mengenal jenis burung poksay yang di jual belikan di Indonesia, diantaranya adalah :

Poksay Hitam

burung poksay mandarinSebut saja dia adalah burung poksay hitam, dengan bahasa latinnya adalah Garrulax chinensis, dan di Indonesia populer dengan sebutan burung poksay mandarin.

Jenis burung poksay ini, sesuai namanya merupakan burung yang berasal dari Cina dan menurut berbagai sumber informasi yang terpercaya burung ini mulai masuk ke Indonesia sekitar tahun 1950an. Akan tetapi di akhir tahun 90an hingga saat ini burung ini sudah sangat jarang ditemui di pasar pasar burung, sama halnya seperti jenis burung impor lainnya seperti burung hwa mei dan wambi.

Konon katanya, di negeri asalnya burung ini dinamai Pai Hu. Hal ini dikarenakan burung ini dianggap sebagai burung kuburan karena senang memilih tempat tinggal yang sunyi dan rindang seperti kuburan sama halnya dengan burung wambi.

Burung poksay mandarin ini di alamnya selalu hidup berpasangan dan burung ini memiliki ciri jambul dan juga ekor yang cukup panjang. Habitat alamnya yaitu daerah subtropis, tropis atau daerah hutan tropis yang lembab di dalam semak belukar atau juga daerah pergunungan yang cukup lembab.

Burung ini biasanya mencari makanan di pecabangan pohon yang lebih rendah atau bisa juga mencari makan di atas tanah. Makanan alami jenis burung poksay ini adalah serangga kecil yang hidup di antara dedaunan pohon, biji bijian atau bisa juga makan buah buahan yang terjatuh dari atas pohon. Ia juga merupakan pemakan serangga, khususnya tawon madu.

Poksay Kuda

jenis burung poksay asli indonesiaPoksay kuda memiliki nama latin Garrulax rufifrons dan merupakan spesies burung dari keluarga Timaliidae, dari genus Garrulax. Burung ini merupakan jenis burung pemakan buah kecil, kumbang, serangga dan memiliki habitat di hutan pegunungan tersebar pada ketinggian 1.000 – 2.400 m dpl. Spesies ini merupakan jenis burung poksay endemik Indonesia.

Burung Poksay kuda memiliki tubuh berukuran besar (27 cm). bagian atas cokelat zaitun, bagian bawah cokelat kuning. Dahi dan dagunya berwarna merah, pipi keabu-abuan dan tenggorokannya cokelat pucat. Tubuh kadang tesapu cokelat karat, iris jingga kekuningan, paruh hitam dan kaki hijau kecokelatan. Burung ini menyukai terbang alam kelompok kecil yang ribut. Tinggal di lapisan bawah hutan primer pegunungan. Kadang kala mencari makan serangga pada pohon tingg dan sering berbaur dengan jenis burung lain.

Sarang jenis burung poksay kuda berbentuk cawan kuat, pada cabang horisontal dekat permukaan tanah. Telur berwarna hijau biru, dan sekali bertelur berjumlah 2-4 butir. Biasanya spsesies ini bertelur pada bulan Mei, Juni atau September. Penyebaran speseies ini ada di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Poksay Jambul Putih

poksay jambul putihBisa dibilang jenis burung poksay ini merupakan yang sedang ngetop di Indonesia dan banyak dicari para pecinta burung. Nama latinnya adalah Garrulax leucolophus yang merupakan burung asal Thailand. Walau begitu burung ini sudah banyak terdapat di hutan Indonesia, khususnya di pulau Sumatera karena lepasnya jenis burung poksay ini atau ada pemilik yang melepaskannya ke alam di jaman dahulu.

Ciri dari burung ini adalah bulunya yang berwarna cokelat kemerahan di bagian tubuh dan sayapnya serta kepalanya berwarna putih. Selain itu pada wajahnya berwarna hitam sehingga seperti sedang memakai topeng.

Di alamnya, burung ini biasa hidup secara soliter walau kadangkala saat musim kawin tiba ia akan terlihat terbang secara berpasang pasangan. Burung ini sangat aktif bergerang di sangar dan juga suara kicauannya terdengar berwibawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *