Morfologi Bunga Anggrek

20 views

Morfologi anggrekMorfologi bunga anggrek dapat dilihat dari bentuk bentuk batang, daun, bunga dan buahnya. Tetapi sebenarnya dilihat dari batang dan bunganya saja sudah cukup untuk membedakan anggrek dengan tanaman lainnya.

Memngetahui tentang morfologi anggrek ini cukup penting khususnya bagi anda yang menyukai membeli jenis tanaman ini. Karena ada juga pedagang yang menawarkan sembarang jenis tanaman dan menyebutnya sebagai anggrek Tricolor atau Cattleya atau anggrek saja. Sebetulnya tanaman tersebut agak mirip bentuknya, tetapi tentu jika membelinya sebagai anggrek maka kita akan tertipu. Untuk dapat membedakan suatu tanaman itu anggrek atau bukan haruslah diketaui terlebih dahulu ciri khas dari anggrek.

Morfologi Batang Anggrek

Anggrek memiliki 2 tipe batang yaitu :

  1. Bentuk batang monopodial
    Yaitu batang tanaman yang hanya mempunyai sumbu utama, artinya pertumbuhan ujung batang boleh dikatakan didak terbatas, tumbuh terus ke atas. Bentuk ini terdapat pada jenis anggrek Vanda, Arachnis, Renanthera, Aerides dan Rynchostylis.
  2. Bentuk batang sympodial
    Yaitu tanaman yang pertumbuhan ujung ujung batangnya terbatas. Misalnya pada jenis anggrek Cattelya, Dendrobium dan Oncidium.

Morfologi Bunga Anggrek

Apabila kita perhatikan maka tiap tiap bunga anggrek mempunyai bentuk, warna dan bau yang berbeda beda. Walau begitu setiap anggrek memiliki persamaan sehingga jika dapat mencar ciri khas untuk membedakan anggrek dengan tanaman lainnya.

  1. Sepal
    Daun bunga pada anggrek ada 3 sepal yang akan membuka terlebih dahulu apabila bunga mulai mekar. Ketiga sepal ini biasanya agak sama bentuknya, sepal yang teratas disebut sepalum dorsale dan kedua sepal lainnya dinamakan sepal lateralia. Sepal ini terletak di sebelah kiri kanan bawah bunga anggrek, ketiga tiganya terletak dalam satu lingkaran.
  2. Petal
    Selain dari tiga sepal tadi, terdapat pula 3 petala, pada waktu bunga masih kuncup petal terbungkus oleh sepal. Ketiga petal ini dinamakan daun mahkota. Kedua petal yang paling atas mempunyai bentuk yang sama, sedangkan petal yang ketiga berlainan. Seperti juga seal, petal tersusun dalam suatu lingkaran. Dua petal yang diatas tadi disebut petala lateralia dan petal yang ketiga disebut labellum atau bibir. Di Indonesia labellum ini sering disebut sebagai lidah, yang sebetulnya adalah terminologi salah. Bentuk bibit atau labellum ini untuk tiap tiap jenis anggrek berlainan. Pada jenis bunga Cypripedium bentuk labelllumnya sangat lucu, karena bentuknya menyerupai kantong atau selop, maka jenis ini sering pula dinamakan anggrek lady slipper. Kata Cypripedilum berasal dari kata kata Kypris (Venus) dan pedilon (pantoffel),  yang artinya adalah sepatu venus.
  3. Putik
    Putik ini merupakan salah satu morfologi bunga anggrek yang pentng sebagai penciri tanaman ini. Hal ini karena istimewanya Putik dari bunga anggrek bila dibandingkan dengan bunga lain yaitu mempunyai bentuk yang bersatu dengan benang sari. Pada bunga biasa putik dan benang sari merupakan bangunan sendiri sendiri. Pada bunga anggrek bentuk putik dan benang sari ini merupakan satu bangunan yang berbentuk tiang atau dalam bahasa inggrisnya disebut colum.

Itulah beberapa hal yang menjadi ciri morfologi bunga anggrek, dengan memperhatikan beberapa hal diatas maka anda sudah dapat membedakan anggrek dengan jenis bunga lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *