Morfologi, Klasifikasi dan Nama Latin Bunga Bougenville

Nama Latin Bunga BougenvilleMorfologi, Klasifikasi dan Nama Latin Bunga Bougenville – Bunga bougenville atau disebut juga sebagai bunga kertas merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak kita jumpai di wilayah tropis seperti Indonesia. Bunga yang memiliki nama latin Bougainvillea ini, terbilang cukup populer di Indonesia, sering digunakan ebagai aksen penghias taman. Bunga bougenville merupakan salah satu bunga yang dapat dikatakan mudah untuk dibudidayakan.

Morfologi Bunga Bougenville

Bunga bougenville dinamakan sebagai bunga kertas karena memang memiliki kelopak dengan tekstrur mirip kertas. Di beberapa daerah banyak orang yang menyebut bunga kertas dengan nama bunga Zinnia.

Bunga kertas adalah tanaman hias yang sangat populer dan banyak ditanam di pekarangan rumah, taman kota maupun penghias di pinggir jalan. Secara morfologi pohon bougenville termasuk berbatang kecil yang sulit tumbuh dengan tegak. Namun, untuk spesies tertentu batangnya bisa sebesar pohon kelapa.

Keindahan bougenville ditawarkan dari seludang bunganya yang berwarna cerah dan menarik perhatian karena tumbuh dengan rimbunnya. Seludang bunga ini sering dianggap sebagai bagian bunga, walupun bunganya yang benar adalah bunga kecil yang terlindung dari seludang.

Tanaman bunga kertas atau bougenville ini mempunyai bagian tanaman berwarna warni. Warna bunganya terdiri dari berbagai macam warna, seperti jingga, merah menyala, merah jambu, merah pucat, kuning, ungu, putih dan berbagai campuran warna. Oleh karena itu, tanaman bougenville menjadi tanaman hias yang sangat populer karena kecantikan warnanya dan cara merawatnya yang mudah.

Selain dinikmati karena keelokan warna warni bunganya, bougenville sebenarnya patut ditanam di pekarangan karena mengandung manfaat herbal. Daun, bunga, akar dan kulit batang dari bunga ini mengandung saponin dan polifenol. Bougenville tidak hanya dapat menjadi tanaman hias, tetapi juga dapat berguna sebagai obat untuk mencegah berbagai penyakit seperti hepatitis, penyakit bisul, obat keputihan, haid tidak teratur dan lainnya

Klasifikasi dan Nama Latin Bunga Bougenville

Nama latin bunga bougenville adalah Bougainvillea, dan dalam sistem klasifikasi termasuk ke dalam genus. Genus Bougainvillea dalam sistem klasifikasi terbaru terdiri dari 5 spesies yaitu Bougainvillea buttiana, Bougainvillea glabra, Bougainvillea peruviana, Bougainvillea spectabilis dan Bougainvillea spinosa.

Dalam sistem klasifikasi genus Bougainvillea termasuk kedalam Kingdom: Plantae, Divisi: Magnoliophyta, Kelas: Magnoliopsida, Ordo: Caryophyllales dan Famili: Nyctaginaceae.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *