Nama Latin Bunga Mawar Merah

Bunga mawar merah merupakan salah satu varietas yang paling digemari oleh para wanita. Nama latin bunga mawar merah adalah Rosa santana, Rosa kordesii dan Rosa Centifolia. Kenapa bisa ada 3 nama latinnya? Hal tersebut dikarenakan spesies dari mawar yang berwarna merah tidak hanya ada satu spesies saja.

Diantara bunga mawar yang ada di dunia, warna merah merupakan suatu hal yang langka. Kebanyakan bunga mawar memiliki warna pink ataupun putih, sedangkan spesies yang berwarna merah hanya sekitar 3 spesies saja. Pada artikel kali ini saya akan mencoba menjelaskan ketiga spesies tersebut.

Rosa santana

mawar merahBunga mawar merah yang bernama latin Rosa santana ini dikenal di Indonesia dengan sebutan mawar merah merambat. Hal ini dikarenakan spesies tanaman hias ini hidupnya merambat sehingga sering dijadian sebagai tanaman pagar.

Bunganya memiliki wangi yang soft dan di Indonesia biasa mekar di penghujung musim hujan saat sinar matahari sudah banyak dan curah hujan mulai berkurang. Tanaman ini tumbuh dengan cepat dan jika ada tempat merambatnya, ia dapat tumbuh tinggi hingga 12 meter.

Rosa kordesii

mawar langkaRosa kordesii, merupakan spesies mawar merah yang mengalami mutasi (hibridisasi) secara alami yang mengakibatkan kromosomnya mengganda. Diduga ia merupakan hasil persilangan antara R. rugosa dan R. wichurana.

Karena memiliki kromosom tetraploid, Rosa kordesii tidak dapat disilangkan dengan nenek moyangnya yang memiliki kromosom diploid. Hal itulah yang menyebabkan para ahli akhirnya memasukannya ke dalam spesies yang terpisah.

Jumlah spesies ini didunia sudah sangat terbatas, salah satunya disebabkan susahnya ia untuk dikembangbiakkan. Kemungkinan hal tersebut dikarenakan genetiknya yang sudah termodifikasi sehingga menghambat perkembangbiakkannya. Apalagi, Rosa kordesii ini tidak bisa disilangkan lagi dengan spesies mawar lainnya. Duh, jadi harus gimana ya buat melestarikan mawar merah langka ini?

Rosa moyesii

mawar terbaikRosa moyesii merupakan bunga mawar berwarna merah yang berasal dari Cina Barat. Ia dapat tumbuh hingga setinggi 4 meter. Daunnya berwarna hijau pekat yang rimbun. Bunganya ada yang berwarna merah darat ataupun merah muda dengan benang sari yang berwarna kuning. Speisies mawar ini pernah mendapatkan penghargaan dari Royal Horticultural Society sebagai bunga terindah.

Itulah nama latin dari 3 spesies bunga mawar merah beserta sedikit deskripsinya. Dari ketiganya, mana yang paling anda suka?

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *