Ordo Serangga Hama di Penyimpanan

ordo coeleopteraOrdo serangga yang sering ditemukan sebagai hama di penyimpanan yaitu ordo Coleoptera, Lepidoptera, Hymenoptera, Diptera, Hemiptera, Psocoptera, Isoptera, Dermaptera, Dictyoptera dan Thysanura.

Coleoptera

Hampir semua hama yang menjadi hama di penyimpanan tergolong dalam order serangga ini. Ordo Coleoptera yang ditemukan di penyimpanan dapat berperan sebagai pemakan cendawan, predator, scavanger, perusak bangunan dan intruder.

Lepidoptera

Ordo Lepidoptera merupakan ordo kedua yang banyak ditemukan di penyimpanan setelah ordo Coleoptera. Serangga dewasa ordo ini tidak merusak dan hanya stadium larva saja yang menyebabkan kerusakan.

Hymenoptera

Ada dua kelompok yang biasa ditemukan di penyimpanan, yaitu kelompok kecil yang merupakan parasitoid kumbang, ngengat dan semut. Telur ordo Lepidoptera dan Coleoptera diparasiti oleh ordo serangga ini, larva ordo Lepidoptera diparasiti oleh Bracon hebetor (Famili Braconidae), Helopyris hawaiiensis (Famili Bethylidae), Pteromalus semotus (Famili Pteromalidae) dan Venturia canescens (Famili Ichneumonidae). Larva Coleoptera umumnya diparasiti oleh famili Pteromilidae, seperti Aisopteramalus calandrae, Choetospila elegans, Dinarmus basalis, Lariophagus distinguendus, Cephalonomia sp, Plastonoxus sp dan Helepyris sylvanids.

Diptera

Tipe perkembangan dari serangga ini adalah metamorfosis sempurna. Serangga dewasa ordo ini mempunyai sepasang sayap depan yang tipis (membranous) sedangkan sayap belakang membentuk seperti halter atau sebagai alat keseimbangan.

Hemiptera

Karakteristik ordo serangga ini yaitu serangga dewasa alat mulutnya panjang yang disebut rostrum. Serangga ini berperan sebagi pemakan biji seperti famili Lygaeidae (Elasmolomus sordidus) yang terdapat pada kacang tanah, kopra dan biji kapas. Beberapa spesies dari ordo ini bersifat predator, seperti pada famili Anthocoridae : Xylacoris flavipes dan Lyctocoris sp; famili Rediviidae : Amphibolus venator dan Peregrinator biannulipes.

Pscoptera

Metamorfosis tidak sempurna untuk menentukan dapat bersayap atau tidak. Serangga dewasa dari ordo ini berukuran sangat kecil 1 – 2 mm dan sering diduga sama dengan tungau. Ciri Ordo serangga ini mempunyai enam tungkai dan antena yang panjangnya sama dengan panjang tubuhya. Genus yang umum ditemukan adalah Liposcelis. Beberapa spesies tertarik pada tepung. produk srealia dan produk yang berendawan.

Isoptera

Serangga yang tergolong dalam ordo ini adalah rayap dengan metamorfosis tidak sempurna dan menyerang kayu di dalam penyimpanan, misalnya alas tumbukan yang terdiri atas kayu dan kadang kadang menyerang produk di dalam penyimpanan. Serangga ini hidup berkoloni (rayap pekerja, tentara, raja dan ratu) dan merusak bangunan penyimpanan dari kayu.

Dermaptera

Ciri spesifik ordo ini adalah adanya semacam jepitan pada ujung abdomen dan mempunyai metamorfosis tidak sempurna.

Dictyoptera

Serangga dewasa ordo ini dapat bersayap dan tidak bersayap, mempunyai metamorfosis tidak sempurna. Ciri lainnya adalah mempunyai antena panjang dan halus, seperti kecoa yang berperan sebagai scavanger.

Thysanura

Ciri spesifik dari ordo ini adalah terdapat tiga tonjolan yang panjang (appendages) pada bagian ujung abdomen. Membutuhkan kondisi yang agak lembab dan biasanya ditemukan pada kondisi penyimpanan kotor.

Related Posts

Add Comment