Pakan Ikan Air Tawar

pakan ikanPakan Ikan Air Tawar – Ikan air tawar adalah jenis ikan yang pertumbuhannya cepat dan bobotnya mudah meningkat dengan treatment tertentu. Namun karena pengaruh ekosistem, maka sering mudah terjangkit stress hingga bobtnya tidak kunjung naik atau malah bisa turun. Ada pula, karena pengaruh kepadatan tebar sehingga berdesakan di kolam, maka pertumbuhannya menjadi tidak optimal atau kerdil.

Pentingnya Pakan

Pakan adalah salah satu faktor penting untuk menunjang pertumbuhan dan meningkatkan bobot ikan air tawar. Seringkali, para pembudidaya ikan air tawar memberi pakan pelet pabrikan yang memang memberi dampak signifikan terhadap ertumbuhan dan peningkatan bobot badan.

Keseimbangan protein, lemak dan serat pada pakan ikan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan ikan sehingga dapat memacu pertumbuhan. Akan tetapi, bila nutrisi yang dibutuhkan ikan kurang maka pertumbuhan ikan akan lambat. Hal tersebut tentu berakibat pada biaya produksi yang banyak dan waktu panen yang cukup lama.

Pakan ikan yang baik adalah pakan yang mampu mempercepat pertumbuhan dan mampu meningkatkan bobot ikan secara signifikan. Dengan prinsip seperti itu, maka tidak lain para pembudidaya memburu pakan terbaik untuk mempercepat pertumbuhan ikan.

Pakan merupakan sumber energi dan materi bagi pertumbuhan dan kehidupan ikan. Pakan buatan dibuat dengan formulasi tertentu berdasarkan pertimbangan pembuatnya. Dalam usaha budidaya ikan air tawar, pakan utama merupakan sumber energi utama bagi perkembangan dan pertumbuhan ikan. Selain pakan utama, ikan air tawar juga memerlukan pakan tambahan.

Cita rasa ikan dipengaruhi oleh pakan yang dikonsumsi, baik pakan buatan maupun pakan alami. Cita rasa ikan yang dipelihara di kolam tradisional juga berbeda dengan ikan yang dipelihara secara intensif.

Pakan Buatan

Pabrik pakan berupaya menciptakan pakan buatan (pelet) yang disukai dan mudah dicerna oleh ikan. Nutrisi yang terkandung dalam pelet dapat digunakan untuk perkembangan dan pertumbuhan ikan secara optimal. Komponen bahan baku pembuatan pakan dikelompokkan menjadi dua golongan, yaitu komponen penghasil energi dan komponen bukan penghasil energi.

Pelet pabrikan dianggap memiliki kemampuan untuk memacu pertumbuhan dan meningkatkan bobot ikan. Oleh sebab itu, kebanyakan pembudidaya ikan air tawar membeli pelet ersebut untuk diberikan kepada ikan air tawar yang mereka budidayakan.

Selain itu, pelet pabrikan memang menyederhanakan pekerjaan pembudidaya. Cukup dengan membeli saja, para pembudidaya akan mendapatkan ikan ikan yang tumbuh dengan pesat. Namun, dari segi biaya produksi penggunaan pakan pelet pabrikan tentu akan membengkakan biaya.

Pakan Alternatif

Banyak pembudidaya mengeluhkan hasil budidaya yang tidak terlalu menguntungkan. Hal itu karena dipicu oleh pemberian pakan ang didapat dari membeli. Banyak pakar perikanan menyatakan bahwa biaya produksi membengkak dua kali lipat jika para pembudidaya menggunakan pakan dari membeli.

Jika ingin meminimalisir biaya pakan, maka para pembudidaya dapat membuat pakan buatan sendiri. Pembuatan pakan didasarkan pada pertimbangan kebutuhan nutrisi ikan yang bersangkutan, sumber dan kualitas bahan baku serta nilai ekomoni. Dengan berbagai pertimbangan tersebut, diharapkan dapat dihasilkan pakan ikan yang memiliki standar mutu tinggi dengan biaya murah.

Related Posts

Add Comment