Pakan Lele Alternatif dari Tumbuhan Azzola

Pakan Lele Alternatif dari TumbuhanPembuatan pakan lele alternatif dari tumbuhan tidak sesulit yang dibayangkan. Pakan lele dapat dibudidayakan dengan media dan cara yang cukup sederhana. Azolla microphylla adalah tumbuhan akuatik yang memiliki kandungan protein tinggi yang dapat menunjang dan meningkatkan pertumbuhan ikan air tawar seperti lele, nila dan gurame.

Azolla microphylla dapat dibudidayakan sendiri dengan cara yang cukup mudah dan dijadikan pakan lele alternatif dari tumbuhan. Berikut ini akan diurakikan cara cara budidaya Azolla microphylla  sampai dapat panen.

1. Syarat hidup

Azolla microphylla dapat hidup dengan baik di media yang dangkal karena unsur hara terpenting bagi Azolla microphylla adalah unsur P. Unsur P adalah hara utama tanaman yang penting untuk perkembangan akar, anakan, berbunga awal, dan pematangan. Unsur tersebut tidak bisa diperoleh di air melainkan terdapat di tanah.

Penyinaran sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan Azzolla. Namun demikian, tumbuhan ini tidak begitu tahan terhadap sinar UV yang tinggi. Sinar UV yang tinggi dapat membuat daun Azolla microphylla seperti terbakar. Oleh sebab itu, kolam budidaya harus diberi naungan dengan paranet.

2. Persiapan kolam

Media budidaya Azolla microphylla yang paling baik adalah kolam tanah. Bila menggunakan kolam terpal atau kolam beton, maka tambahkan tanah di dalam kolam. Azolla microphylla suka media yang berlumpur, yang terdiri dari campuran tanah, kompos, pupuk kandang dan lumpur kurasan kolam ikan lele.

Media di dalam kolam setinggi 5 cm. Tinggi air kolam minimal 20 cm atau tidak lebih dari 30 cm dari media. Kolam harus berada di tempat yang terkena cahaya matahari langsung tapi tidak panas. Jika ada, tambahkan lmpur hijau dari dasar kolam ikan lele.

(Baca Juga : Pakan Lele Organik dan Cara Pembuatannya)

3. Pemupukan

Pupuk P dapat meningkatkan kesuburan media. Seperti diketahui, tumbuhan ini membutuhkan unsur hara yang tinggi. Oleh sebab itu pemupukan dengan pupuk unsur P adalah tepat. Sebaiknya, anda tidak menggunakan pupuk urea apabila kolam sudah terisi Azolla karena akan menyebabkan kematian.

Pupuk urea hanya digunakan pada tahap awal pemupukan kolam. Setelah pemupukan dengan urea, kolam dibiarkan dulu selama kira kira 2 minggu atau sampai kolam tidak berbau amonia, baru diisi Azolla microphylla.

Saat menggunakan pupuk kandang untuk membuat media, perhatikan bau air. Apabila bau air menyengat berarti pupuk kandang tersebut belum terfermentasi sempurna. Oleh sebab itu, tunggu sampai sempurna baru dimasukkan Azolla.

4. Pengembangbiakan

Untuk bisa dijadikan sebagai pakan lele alternatif dari tumbuhan, kita membutuhkan stok Azolla dalam jumlah yang banyak sehingga kita perlu mengembangbiakkannya. Pengembangbiakkan secara vegetatif sangatlah mudah, setelah kolam siap tinggal memasukkan bibit Azolla lalu kita jaga jangan sampai air kering. Kita diamkan saja supaya berkembang biak dengan sendiri dan setelah 2 minggu tanaman ini sudah bisa dipanen untuk dijadikan pakan lele.

Tumbuhan akuatik ini memang makanan ikan air tawar di habitat aslinya. Oleh sebab itu dengan tumbuhan ini sebagai pakan, ikan lele akan meningkat produktivitasnya dan menekan bahkan menghilangkan biaya pakan dalam manajemen budidaya lele anda.

 

Related Posts

No Responses

Add Comment