Pakan Udang Vaname Terbaik

56 views

Pakan udang vanameDi dalam usaha budidaya (terutama skala intensif), pakan udang vaname memiliki peran yang sangat penting, karena diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pakan populasi udang di dalam sebuah petakan tambak. Kondisi ini yang memacu para produsen / pabrik pakan untuk menggunakan berbagai macam strategi pemasaran untuk menawarkan produknya agar digunakan di dalam suatu usaha budidaya udang vaname. Berbagai macam pilihan dan tawaran akan udang vaname yang dapat digunakan tersebut tentu saja dapat membuatbingung para pelaku usaha budidaya untuk menentukan merek pakan buatan yang akan digunakan. Terlebih setiap produsen mengklaim bahwa produk merekalah pakan udang vaname terbaik.

Pola Pikir Keliru Pembudidaya Udang

Kondisi seperti tersebut di atas muncul karena adanya kesalahan presepsi di kalangan pelaku budidaya udang terhadap produk pakan dari merek tertentu. Sebagai ilustrasi : Pakan dengan merk A bagus untuk udang usia tebar, pakan dengan merek B bagus untuk udang pada usia 2 bulan sampai 3 bulan, sedangkan pakan dengan merek C bagus untuk udang usia menjelang panen. Berdasarkan ilustrasi tersebut, maka sering dijumpai dalam satu periode budidaya udang pakan yang digunakan terdiri dari berbagai macam merek pakan.

Selalu berganti ganti merek pakan dalam satu periode budidaya dapat menimbulkan pengaruh terhadap kondisi dan kualitas udang dengan dasar pemkiran sebagai berikut :

  1. Pakan udang vaname yang diproduksi skala industri memiliki karakteristik yang relatif berbeda antar merek pakan. Perbedaan tersebut secara tidak langsung mengharuskan udang untuk melakukan adaptasi terlebih dahulu sebelum pada akhirnya terbiasa dengan pakan tersebut. Jika pada satu periode budidaya dilakukan berkali kali pergantian merek pakan, maka udang dipaksa untuk selalu melakukan adaptasi terhadap pakan yang diberikan.
  2. ada saat melakukan adaptasi terhadap pakan yang diberikan, biasanya udang vaname mengalami penurunan tingkat konsumsi pakan. Kondisi ini secara tidak langsung berpengaruh juga pada daya tahan udang terhadap penyakit  masalah. Jika kondisi lingkungan sekitar (internal dan eksternal) tidak kondusif maka hal ini dapat menjadi pemacu terjadinya permasalahan yang lebih serius bagi populasi udang di dalam tempat pemeliharaan.

Mengacu pada dasar pemikiran tersebut, maka penggunaan pakan yang akan diberikan kepada udang vaname sebaiknya berasal dari satu merek pakan. Penentuan merek pakan yang digunakan tentu saja harus mengacu pada kriteria kriteria yang akan saya bahas dibawah.

Pengelolaan Pakan

Ciri khas budidaya udang secara intensif adalah pemberian pakan secara kontinu dan terkontrol. Biaya pakan merupakan 40 – 50% dari total biaya produksi budidaya udang vaname intensif, disarankan menggunakan pakan berkualitas baik (dengan kandungan protein yang stabil). Guna memperoleh pengelolaan pakan dan pemberian pakan yang efisien.

Jenis pakang udang vaname yang dapat diberikan cukup beragam. Diantaranya, daging udang, daging kerang atau siput dan pakan buata (pelet). Pemberian pakan yang berasal dari udang yakni udang rebon atau kepala udang, hanya diberikan pada masa benur (umur 25-30 hari), karena hargaya yang cukup mahal.

Daging kerang atau siput air tawar tak kalah bagusnya dari udang rebon. Udang yang kerap diberi pakan kerang, dagingnya akan kenyal dan tampak licin. Bila suatu ketika udang di tambak tidak mau ganti kulit berilah makan daging siput, maka ia akan berganti kulit. Adapun pakan dari daging ikan sangat tidak dianjurkan meskipun harganya murah. Masalahnya adalah kesegarannya tidak mudah dijaga serta masih mencemarkan dasar tambak dan mutu air. Jadi, kalau memberi daging ikan sebagai pakan udang vname sebaiknya dikontrol dengan baik dan dikombinasikan dengan pakan lain.

Bagi saya sendiri, pakan udang vaname terbaik untuk budidaya adalah pakan buatan (pelet). Pelet yang diproduksi secara massal oleh pabrik ini memiliki mutu yang berbeda beda. Karena perlengkapan formulasi bahan baku yang digunakan berbeda antara satu pabrik dengan pabrik lainnya. Sehingga dalam memiliki pakan buatan ini sebaiknya dilakukan dengan hati hati. Adapn syarat  sarat pelet yang baik antara lain:

  • Kondisi fisik permukaan rata
  • Mempunyai bau amis segar, kering dan tidak apek
  • Kemasan tidak kurang tidak rusak
  • Water stability pellet yang bagus tetap bertahan pada air setidaknya 2 – 3 jam
  • Ukuran pelet yang benar sesuai ukuran emampuan makan udang dan bukaan mulut udang
  • Bahan baku pakan pakan berkualitas didukung bakan baku tepung ikan segar. Saat dicek dengan dikunyah berasa manis
  • Attractability pakan udang vaname terbaik memiliki attractability bagus sehingga pakan akan lebih cepat dikonsumsi udang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *