Pencegahan Penyakit Pada Burung Kicau

Burung KicausAda Peribahasa bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Memang pencegahan penyakit pada burung lebih baik daripada burung sakit terlebih dahuu baru kita obati. Kelalaian yang sering dilakukan para peternak dan hobiis burung kicau adalah kurangnya perhatiaa dalam segi aspek kesehatan. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya pemelihara burung yang kurang memperhatikan keersihan sangkar, air minum dan pakan. Apabila kebersihan sangkar dan perlengkapan di dalamnya benar benar diperhatikan maka sesungguhya hobiis atau peternak sudah melakukan proses pencegahan penyakit pada burung kicau.

Pencegahan penyakit pada burung kicau dapat dilakukan dengan melakukan 3 hal ini, yaitu :

Menjaga kebersihan kandang dan sangkar

Kebersihan kandang dan sangkar harus diperhatikan setiap hari. untuk membersihkan sangkar gantung, yag sebagian besar digunakan oleh para pemelihara burung kicau, relatif lebih mudah dilakukan. Setelah burung yang dipelihara di dalamnya dan perlengkapan kandang dikeluarkan, sangkar tinggal disemprot dengan air.

Bagi peternak atau penangkar yang menggunakan kandang untuk membiakkan burung peliharaanya maka untuk membersihkan kandang dibutuhkan waktu lebih lama dan tidak sesederhana membersihkan sangkar gantung. Untuk itu, ketika akan membuat kandang sebaiknya para penangkar sudah memikirkan tata laksana pembersihan kandang. Diusahakan agar saat membersihkan kandang, gangguan terhadap burung yang dipelihara di dalamnya ditekan semiimal mungkin. Jika gangguan yang diakibatkan pada saat membersihkan kandang cukup besar maka daat mengakibatkan gangguan pada proses penangkaran. Untuk itu, pembersihan kandang sebaiknya dilakukan dari luar. Cara membersihkan kandang cukup dengan disemprot air dan setiap 3 bulan sekali dilakukan penyemprotan dengan desinfektan. Desinfektan yang dipilih sebaiknya yang tidak meracuni burung dan tanaman, misalnya TH4.

Apabila untuk sanitasi kandang menggunakan obat tertentu maka harus digunakan jenis obat yang bersifat tidak toksis terhadap lingkungan. Salah satu jenis obat yang tidak dapat dipakai adalah TH4.

Menjaga kebersihan pakan dan tempatnya

Kebersihan dan kesegaran pakan juga mendukung kesuksesan pemeliharaan dan penangkaran burung. Untuk itu, sebaiknya pakan yang diberikan masih dalam keadaan segar dan bersih. Selain itu, kebersihan tempat pakan dan minum juga harus selalu dijaga. Caranya, sisa pakan dan air minum harus dibersihkan pada sore hari. Pada saat membersihkan sisa pakan dan air minum burung ini, tempat pakan dan air minum juga harus dibersihkan. Tidak rutinnya tempat pakan da air minum dibersihkan dapat mengakibatkan kedua tempat tersebut ditumbuhi bakteri dan jamur.

Pemberian Mineral dan Vitamin

Sebagian besar penebab kematian burung, baik secara langsung maupun tidak langsung adalah karena malnutrisi (kekuranganlengkapan gizi). Banyak hobiis yang memberi makan burung peliharaanya dalam jumlah cukup bahkan kadang berlebih. Namn, mutu ppakan yang diberikan tersebut rendah dan tidak bervariasi sehingga sering terjadi defisiensi (kekurangan zat nutrisi). Untuk itu, pemberian mineral dan vitamin sangat perlu dilakukan. Jenis vitamin yang dapat diberikan diantaranya Protecal plus, Rhodeg, Vitacix dan Theraphy dengan dosis sesuai anjuran.

Itulah 3 hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah penyakit yang dapat menyerang burung kicau peliharaan anda.

Related Posts

Add Comment