Pengendalian Hama Lalat Buah Pada Tanaman Cabe

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Pengendalian Hama Lalat Buah Pada Tanaman Cabe

Lalat buah (Dacus sp) tidak hanya menyerang buah tua saja, tetapi juga menyerang buah cabe yang masih muda. Buah yang terkena serangan lalat buah umumnya ditandai dengan warna kehitaman pada buah. Bagian yang diserang  tersebut selanjutnya akan mengeras. Pemberatasannya cukup sulit. Namun untuk mengendalikan lalat buah ini perlu dilakukan pengontrolan terhadap tanaman. Adapun pengendalian hama lalat buah yang bisa anda lakukan adalah

1. Semua cabe yang terlihat sudah terinfeksi segera dikumpulkan dan dibakar, termasuk cabe yang rontok dan jangan lama lama menunggu untuk membakarnya.
2. Bila harus menggunakan pestisida, gunakan insektisida yang berbahan aktif trichlorphon atau malathion. Cara penggunaanya yaitudilarutkan terlebih dahulu dalam larutan gula lalu disemprotkan ke tanaman sejak masa pembungaan.
3. Akibat adanya larva lalat buah tumbuh dan berkembang di dalam buah, dianjurkan untuk menggunakan insektisida berbahan aktif fenthion
4. Penggunaan pestisida berbahan aktif methyl eugenol yang merupakan pestisida jenis atraktan (yang mengeluarkan aroma) bisa menjadi pertimbangan. Jenis pestisida ini sering dijadikan sebagai jebakan untuk memancing lalat buah jantan. Ketika lalat jantan terjebak, tingkat perkawinan akan berkurang dan akhirnya bisa menekan pertumbuhan populasi lalat buah. Berikut ini adalah cara membuat jebakan tersebut.

a. Siapkan wadah/botol bekas air minum
b. Potong bagian mulut botol sampai bahu botol.
c. Kemudian bagian yang dipotong ini dipasang lagi dengan posisi terbalik (mulut botol menghadap ke dalam botol)
d. Setelah dipasang, bekas potongan dilem atau diplester/diselotip
e. Ambil kapas dan dipilin sampai sebesar ibu jari, lalu diikat dengan kawat kecil, kemudian ditetesi attraktan sampai cukup basah.
f. Pilinan kapas yang sudah mengandung atraktan itu dimasukkan ke dalam botol melalui mulut botol yang dipasang terbalik dengan posisi menggantung di tengah tengah botol, lalu ikatkan kawat kecil ke botol tersebut.
g. Botol lalu diletakkan / diikatkan di sekitar tanaman. Bila lahan cukup luas, setiap 20 m2 bisa dipasang satu botol.
h. Ganti kapas yang dibasahi atraktan setiap satu bulan sekali
i. Dengan pemasangan jebakan ini, lalat buah jantan akan tertarik untuk mendatangi botol dan masuk ke dalam botol

Pengendalian menggunakan atraktan ini cukup ampuh mengatasi hama lalat buah saat musim kemarau, untuk musim penghujan cara ini tidak efektif karena botol akan riskan kemasukan air selain itu aroma dari attraktan akan tersapu oleh guyuran air hujan.

Pengendalian lalat buah dapat  juga dengan menggunakan bakteri, salah satunya adalah Bacillus thurigensis bakteri ini merupakan patogen terhadap lalat buah sehingga lalat buah akan mati secara alami tanpa mempengaruhi kandungan cabe yang anda tanam.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *