Pengertian dan Jenis Herbisida

Pengertian HerbisidaPengertian dan Jenis Herbisida

Pada areal pertanaman yang sedang dibudidayakan atau ditanami terkadang tumbuh tanaman lain yang tak dikehendaki. Tanaman lain tersebut sering tumbuh subur. Sebaliknya, tanaman utama tumbuh kurang subur, bahkan terkadang mati. Jalan keluar termudah adalah mencabut atau membuang tanaman penggangu yang ada di areal pertanaman tersebut. Memang hal ini mudah dilakukan, apabila areal tanam atau tempat penanaman tidak terlalu luas seperti di pot atau di pekarangan rumah. Sedangkan apabila areal tanamn itu luas misalnya disawah atau ladang, cara itu tentu tidak efektif. Ada cara lain yang bisa dilakukan oleh para petani yaitu pembasmian dengan menggunakan zat kimia yang disebut herbisida. Herbisida sendiri memiliki pengertian sebagai suatu zat yang dapat membunuh herba atau tumbuhan. Zat yang satu ini mudah didapat baik di toko toko pertanian atau di penjual bahan bahan kimia.

Herbisida pada dasarnya terdiri dari beberapa jenis dan tiap jenis mempunyai spesifikasi sendiri sendiri, baik dalam cara kerja, waktu pemakaian ataupun formulasinya. Untuk itu sebelum memilih jenis herbisida yang digunakan sebaiknya perlu memperhatikan hal hal yang berkaitan dengan sifat herbisida dan jenis gulma yang akan dibasmi. Hal tersebut diperlukan agar apa yang kita lakukan tidak sia sia.

Jenis Herbisida

Jenis herbisida menurut Haris (2016) dalam bukunya “Herbisida dan Pengertiannya” membagi herbisida menjadi 2 jenis, yaitu

– Herbisida dibedakan menurut cara kerja herbisida, jenis ini dibedakan menjadi

a. Herbisida absorbsi
Absorbsi atau penyerapan herbisida ini dalam tubuh tanaman ada yang bersifat cepat ada yang lambat. Herbisida yang disemprotkan ke dalam tubuh tanaman terutama melalui akar dan daun, terkadang ada juga yang melalui batang. Herbisida jenis ini hanya membunuh bagian tumbuhan yang terkena semprotan saja, sedang yang tidak terkena tidak akan mati. Herbisida ini sangat efektif digunakan pada gulma berdaun lebar da gulma tahunan, akan tetapi terkadang gulma tahunan yang sudah mapan tidak dapat mati oleh jenis herbisida ini

b. Herbisida sistemik
Pergerakan herbisida atau masuknya herbisida jenis ini ke dalam tubuh tanaman dapat melewati xilem,floem atau interseluler. Jenis herbisida ini bergerak dalam tanaman dan membunuh bagian yang tidak disemprot. Cara pemberiannya dapat disemprotkan pada daun atau diberikan pada tanah dan diserap oleh akar.

– Herbisida dibedakan melalui pergerakan masuk ke dalam tubuh tanaman, jenis ini dibedakan menjadi

a. Herbisida selektif
Merupakan herbisida yang apabila diaplikasikan pada berbagai tumbuhan akan mematikan spesies tertentu (gulma) dan relatif tidak mengganggu tanaman lain (tanaman yang dibudidayakan)

b. Herbisida non selektif
Yaitu herbisida yang diberikan lewat tanah atau daun dan akan mematikan semua jenis tanaman.

Itulah jenis jenis herbisida menurut Haris, dengan mengerti jenis herbisida yang kita pakai maka kita akan mengetahui bagaimana penggunaan herbisida kita dengan cocok sehingga dapat membunuh gulma tapi tidak mengganggu tanaman yang kita budidayakan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *