Penyakit Busuk Akar, Layu Pembuluh dan Embun Bulu

Penyakit busuk akar, layu pembuluh dan embun bulu adalah 3 penyakit pada tanaman yang disebabkan oleh cendawan. Pada artikel kali ini kita akan membahas gejala, penyebaran dan cara pecegahan 3 penyakit tersebut.

Penyakit busuk akar (root rot)

Penyakit busuk akar

Perbandingan akar sehat (kiri) dan akar tanaman yang terserang penyakit (kanan)

Penyakit busuk akar disebabkan oleh 3 spesies cendawan yaitu Thielaviopsis basicola, Fusarium solani dan Armilliaria mellea. Ketiga jenis cendawan ini menyebar dan menginfeksi tanaman melalui tanah.

Tanaman yang terserang akan menimbulkan beberapa gejala diantaranya

  • Tanaman akan layu dan kemudian mati secara cepat
  • Warna daun akan berubah menjadi kuning
  • Pertumbuhannya kerdil
  • Daun akan berguguran

Untuk mencegah dari serangan 3 penyakit ini anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini

  • Membersihkan tanah dari sisa sisa tanaman yang pernah terserang penyakit busuk akar ini
  • Membakar tanaman yang terserang penyakit ini
  • Lahan yang pernah terkena wabah busuk akar sebaiknya tidak ditanami tanaman inang cendawan ini selama 2-3 tahun. Jika tetap ditanami tanaman inang kembali, maka wabah biasanya akan berulang.

Penyakit layu pembuluh

penyakit Layu pembuluh

Tanaman tomat yang terserang penyakit layu pembuluh

Penyakit in disebabkan oleh 3 spesies cendawan, yaitu Fusarium oxysporum, Verticillium dahliae dan V. alboartrum. Tanaman yang sering terdampak penyakit layu pembuluh adalah tomat dan tembakau.

Cendawan patogen akan menyerang pembuluh xylem tanaman, sehingga tanaman kehilangan turgor dan layu. Jika tanaman dibelah pembuluh di dalam batang berwarna coklat.

Patogen penyebab penyakit layu pembuluh ini terbawa dari bibit yang terserang di persemaian, disebarkan oleh angin, alat alat pertanian atau air irigasi.

Untuk menanggulangi supaya tanaman anda tidak terserang penyakit ini, anda perlu melakukan beberapa hal berikut, yaitu :

  1. Mengumpulkan dan membakar tanaman yang sakit.
  2. Rotasi dengan tanaman yang tahan terhadap patogen
  3. Seleksi benih, benih yang sakit tidak ditanam
  4. Menumbuhkan benih ditempat persemaian yang steril.

Penyakit embun bulu

downy mildew

Daun Tanaman yang terkena serangan downy mildew

Penyakit yang dalam bahasa inggris disebut sebagai downy mildew disease ini disebabkan oleh cendawan dari spesies Sclerospora aydis dan Pseudoperorospora cubensis. Penyakit ini menyerang tanaman jagung, gandum, semangka, melon dan ketimun.

Pada kondisi kelembapan yang cocok, cendawan penyebab penyakit embun bulu akan tumbuh seperti bulu putih keabu abuan, yang terdiri dari tangkai spora dan spora. Spora cendawan disebarkan oleh angin pada keadaan cuaca kering. Setelah ada embun, spora berkecambah di daun.

Cendawan menginfeksi tanaman melalui stomata daun, daun yang terserang menjadi putih/kuning lalu coklat dan mengering. Gejala penyakit dapat lokal atau sistemik. Pada gejala sistemik menyebabkan daun menjadi klorosis.

Pengendalian penyakit ini dapat dilakukan dengan pemangkasan dan pembakaran tanaman yang sakit, penanaman varietas yang resisten dan penggunaan fungisida yang sesuai.

 

Related Posts

Add Comment