Penyakit Busuk Buah Pada Tomat

23 views

buah tomat terkena serangan penyakit busuk buahSuhu rendah dengan kelembapan tinggi di dataran tinggi membuat perkembangan penyakit busuk buah pada tomat semakin berkembang. Cendawan membentuk spora pada kelembapan udara 3 – 26% dengan suhu optimum 17 – 22º C.

Penyebab

Penyebab penyakit ini diiantaranya jamur Phytium aphinadermatum (Edso) Fizt., Phytopthora sp., Fusarium sp., Rhizophus sp., dan Erwinia carotovora pv. Carotovora. Infeksi terjadi di kebun atau tempat penyimpanan hasil panen.

Dikebun, infeksi penyakit busuh buah pada tomat dimulai dari miselium interseluler cendawan membentuk sporangiosfora pada permukaan buah. Sporangiosfora berturut turut membentuk spora kembara, kadang kadang tumbuh dengan membentuk pembuluh kecambah. Sporangium disebarkan oleh angin. Apabila jatuh pada bagian tanaman yang rentan dan terdapat air, sporagium akan mengeluarkan spora kembara yang berenang dan membentuk pembuluh kecambah yang menjadikan tanaman terinfeksi. Pada kondisi kurang menguntungkan, sporangium membentuk pembulu keambah tanpa melalui pembentukan spora kembara.

Serangan penyakit busuk buah ini masih bisa terjadi walau buah tomat telah dipetik / berada di tempat penyimpanan. Penyebabnya adalah jamur patogen yang menginfeksi buah menjelang masak, tetap aktif setelah buah dipetik. Pencegahan penyakit busuk buah pada tomat dapat dilakukan dengan menghindari dan mencegah terjadinya kerusakan kulit buah, baik selama pengangkutan maupun pada waktu penyimpanan. Penyimpanan tomat dalam wadah bersih, suhu dingin dan pemberian obat pencegahan juga dapat meminimalisir serangan. Di samping itu, pemetikan buah sebaiknya dilakukan pada waktu siang hari saat tidak berawan atau tidak hujan.

Gejala Penyakit Busuk Buah Pada Tomat

Gejala serangan penyakit ini, yaitu bercak pada buah tampak berwarna hijau kelabu kebasahan, meluas menjadi bercak yang bentuk dan besarnya tidak tertentu. Bercak membesar menutupi seluruh buah. Pada buah tomat muda, bercak berwarna ckelat tua, agak keras dan berkerut. Bercak mempunyai batas yang cukup jelas dan berwarna hijau / merah pada bagain  yang sehat dan matang. Gejala busuk buah ini biasanya mengikuti gejala hawar daun sehinggga menyebabkan timbulnya bau busuk.

Gejala yang ditimbulkan Phytium aphinadermatum, yaitu buah busuk basah dan jika ditekan, buah pecah. Gejala yang ditimbulkan Phytoptohora sp., yaitu bercak agak basah yang akan menjadi lunak dan berwarna cokelat berkerut. Gejala Rhizophus sp., yaitu bercak basah yaitu buah lunak ditumbuhi jamur dan menjadi mudah pecah. Adapun gejala Erwinia carotovora yaitu buah membusuh, hacur dan berbau busuk.

Pengendalian Penyakit Busuk Buah

Pengendalian teknis adalah dengan penggunaan bibit sehat, perilaku desinfeksi permukaan dengan air hangat atau larutan fungisida yang terdaftar dan diizikan oleh mentri pertanian. Sedangkan pengendalian mekanis dilakukan bila tampak gejala busuk buah. Buah yang terserang harus segera dipetik, dikumpulkan dan dimusnahkan.

Pengendalian kimiawi dilakukan bila terdapat 1 bercak aktif setiap 10 tanaman, curah hujan tinggi serta cuaca berkabut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *