Penyakit FUS Pada Kucing, Penyebab Kucing Tidak Bisa Pipis

20 views

Kucing sakitPenyakit FUS pada kucing merupakan salah satu penyebab kucing tidak bisa pipis. FUS yang merupakan singkatan dari Feline Urinary Syndrome adalah gangguan yang terjadi pada saluran kemih kucing yang disebabkan bentuk uretranya yang berbentuk menyerupai botol dan terdapat bagian yang menyempit sehingga di bagian yang menyempt ini mudah terjadi penyumbatan urin sehingga kucing tidak bisa pipis.

Penyakit FUS pada kucing ini dapat menyerang kucing jantan ataupun betina walau begitu biasanya FUS ini lebih sering menyerang jantan. hal ini karena saluran uretra kucing jantan ukurannya lebih kecil dibandingkan betina sehingga penyumbatan lebih mudah terjadi.

Penyebab

Fus pada kucing

Kucing kesayangan saya sendiri pernah mengalami gangguan FUS ini, dan menurut dokter hewan yang menangganinya ia terserang penyakit ini diduga karena penggunaan pakan kucing yang memiliki kandungan magnesium tinggi yang menyebabkan terjadina penumpukan magnesium di saluran uretra kucing saya tersebut. Sehingga bagi catlover yang memiliki kucing peliharaan sebaiknya berhati hati dalam memiliki makanannya, jangan asal murah tetapi tidak memikirkan resiko yang dapat terjadi kepada si kucing. Saya sendiri sebenarnya tidak menggunakan pakan dry food yang terlalu murah juga, golongan medium lah yang harganya sekitar 60 ribu rupiah per kilonya. Maaf tidak berani sebut merk takut nanti dituntut sama pemilik brand pakan dry food tersebut. Anda bisa mengkonsultasikan ke dokter hewan terdekat untuk jenis pakan yang berbahaya maupun yang rekomendasi.

Selain dikarenakan pakan penyakit FUS pada kucing dapat juga disebabkan oleh stress, kurang minum ataupun ras dimana kucing ras persia yang paling sering terkena serangan penyakit ini. Penggunaan air minum yang memiliki kandungan logam atau kapur juga dapat meningkatkan resiko serangan penyakit, sebagai contoh di daerah sukoharjo yang air tanahnya mengandung kapur banyak sekali kucing yang terkena FUS.

Gejala FUS pada Kucing

Jika sudah parah biasanya kucing akan mengalami pipis berdarah atau malah tidak bisa pipis sama sekali dalam kurun waktu lebih dari satu hari yang jika tidak segera dibawa ke dokter hewan akan menyebabkan kematian.

Sedangkan gejala awal yang biasa terjadi adalah

  1. Lemas
  2. Perut membuncit
  3. Kurang nafsu makan
  4. Kucing pipis sembarangan
  5. Air seni yang keluar sedikit

Pengobatan Penyakit FUS Pada Kucing

Pengobatan penyakit ini memerlukan waktu yang tidak sebentar serta biaya yang tidak sedikit. Pengobatan yang dilakukan biasanya adalah dengan memasang kateter pada penis kucing untuk mencapai kandung kemih.

Setelah itu selama 6 bulan kucing harus diberi obat FUS seperti Cystaid Plus dan juga pakannya harus diganti menjadi pakan khusus seperti Royal Canin S/O. Biaya yang dikeluarkan untuk pengobat penyakit ini sekitar berikut ini :

  • 2 x operasi kecil untuk memasang dan melepas kateter = 500 ribu –  1 juta rupiah.
  • Obat Fus (Cystaid Plus) 2 kapsul sehari selama 6 bulan = 2 x 10 ribu x 180 hari = 3,6 juta rupiah
  • Pakan Khusus Kucing terkena penyakit FUS, yaitu RC Urinary S/O, 2 kilonya 250 ribu. Untuk 1 ekor kucing dewasa biasanya sebulan menghabiskan 4 kg. sehingga dalam 6 bulan menghabiskan 500 ribu x 6 = 3 juta rupiah.
  • Sehingga total biaya yang dibutuhkan untuk mmenghobati kucing yang terlanjut terkena penyakit FUS adalah sekitar 7,6 juta rupiah.

Pencegahan

Penyakit FUS ini bukanlah penyakit yang bisa ditangani tanpa dibawa kedokter hewan, biasanya jika telat dibawa kedokter hewan kucing akan mengalami kematian. Selain itu biaya untuk pengobatannya juga tinggi, sehingga lebih baik anda mencegah daripada mengobati. Beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk pencegahan FUS pada kucing adalah :

  1. Penggunaan air mineral, untuk menghindari kandungan logam dan kapur berlebih.
  2. Penggunaan dry food yang berkualitas contohnya Im Organic, Royal Canin dan Happy cat vet struvite.
  3. Berusaha membuat kucing anda tidak stress.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *