Jenis Penyakit Ikan Air Tawar dan Pengobatannya

penyakit ikanPenyakit ikan dapat didefinisikan sebagai segala sesuatu yang dapat menimbulkan gangguan suatu fungsi atau struktur dari alat tubuh atau sebagaian alat tubuh, baik secara langsung maupun tidak langsung. Pada prinsipnya penyakit yang menyerang ikan tidak datang begitu saja, melainkan karena ada hubungan antara tiga faktor, yaitu kondisi lingkungan (kondisi air), kondisi inang (ikan peliharaan) dan adanya jasad patogen (bakteri atau virus). Jadi penyakit ikan itu timbul sebagai hasil interaksi yang tidak serasi antara lingkungan, ikan dan jasad/organisme penyakit. Interaksi yang tidak serasi ini kemudian menyebabkan stres pada ikan sehingga mekanisme pertahanan atau kekebalan diri (imunitas) ikan menjadi lema yang pada akhirnya menyebabkan ikan mudah terserang penyakit.

Jenis Penyakit dan Pengobatannya

Antara ikan air tawar dan air laut memiliki jenis penyakit yang berbeda, pada kesematan kali ini saya akan membahas beberapa jenis penyakit ikan air tawar dan cara mengobatinya.

Bintik Putih

Penyakit ini disebabkan oleh Ichthyophthirius multifiliis, sebuah spesies protozoa dari filum ciliata. Ikan air tawar yang terserang penyakit ini pada sirip, tutup insang, permukaan tubuh dan ekor akan terlihat bintik bintik putih.

Penyakit ini dapat diobati dengan beberapa cara yaitu :

    1. Perendaman selama 24 jam dengan 25 cc / mformalin + malachite green oxalat 15 g/m3
    2. Perendaman 20 menit dengan NaCl 10 – 15 g/m3
    3. Perendaman beberapa hari dengan formalin 25 ppm
    4. Perendaman 24 jam dengan methylene blue 1% dalam 4 liter air.

 Trichodiniasis

Penyakit ini disebabkan oleh parasit trichodina sp yang merupakan famili Trichodinidae. Penyakit ini sering menyebabkan pembudidaya ikan air tawar seperti ikan nila, ikan patin atau gurame gagar panen. Tanda tanda ikan yang terserang Trichodiniasis adalah adanya bintik bintik putih pada kepala dan pnggung, nafsu makan ikan hilang, produksi lendir bertambah sehingga ikan tampak mengkilat, pada tubuh bagian luar ikan dijumpai pendarahan, warna tubuh kusam, ikan sering menggosok gosokan tubuhnya pada benda benda disekitarnya dan kerusakan pada kulit disertai infeksi sekunder.

Pengobatan ikan air tawar yang terserang penyakit ini adalah dengan salah satu cara dibawah ini

  1. Perendaman 24 jam dengan formalin 40 ppm
  2. Perendaman 15 menit dengan formalin 150 – 200 ppm
  3. Perendaman 3 kali selama 2 minggu dengan Malachite green 0,1 g/m3

Lerneasis

Penyakit ikan air tawar ini diseabkan oleh Lernea sp, spesies ektoparasit yang termasuk ke dalam famili Lernaeidae. Ikan yang terserang penyakit ini tanda tandanya adalah ada luka pada tubuhnya dan terlihat jelas, cacing jangkar menempel dengan kuat, menyerupai panah yang menancap pada bagian badan, sirip, insang dan mata. Urat daging ikan menjadi hyperaemic dan bengkak, sisik terkelupas dan ikan mengalami nekrosis.

Pengobatan ikan yang terserang Lerneasis bisa dengan salah satu cara dibawah ini

  1. Perendaman 15 menit dengan formalin 25 cc/m3
  2. Perendaman 15 menit dengan Dylox 20 ppm
  3. Penyemprotan di permukaan air dengan larutan Dylox + Chloroplas + Neguvon + Maseton masing masing 0,25 – 0,50 ppm

Myxoporeasis

Peyakit in disebabkan oleh salah satu atau kombinasi dari Myxobolus sp, Myxosoma sp, Thelohanellus sp dan Henneguya sp. Penyakit ikan air tawar ini tanda tandanya adalah bintik kemerah merahan, insang ikan selalu terbuka, pada insang terdapat benjolan seperti tumor, terjadi gangguan pada sirkulasi pernafasan dan nekrosis. Ikan yang terserang penyakit ini sudah sulit diobati dan sebaiknya jika ada kolam yang terkena serangan Myxoporeasis ini ikan yang ada di dalamnya segera di panen awal. Ikan yang memiliki kondisi fisik cukup baik bisa direbut kemudian dikonsumsi sedangkan yang kondisinya sudah kurang baik sebaiknya dibakar untuk mematikan parasit sehingga tidak menyebar.

Dactylogiriasis dan Gyrodactyliasis

Penyakit ini disebabkan oleh Dactylogyrus sp dan Gyrodacylus sp. Ikan yang terinfeksi penyakit ini kulitnya akan terlihat pucat, terdapat bintik bintik merah di bagian tubuh tertentu, produksi lendir tidak normal, pada sebagian atau seluruh tubuh berwarna lebih gelap, sisik dan kulit terkelupas, respirasi dan osmoreguleasi terganggu (kelihatan megap megap seperti seperti kekurangan oksigen), sel darah putih berlebihan, terlihat mengosok gosokan tubuhnya ke benda benda keras di sekelilingnya.

Untuk mengobati ikan yang terlanjut terserang Dactylogiriasis dan Gyrodactyliasis ini dapat dilakukan dengan salah satu cara berikut ini :

  1. Perendaman 24 – 36 jam dengan NaCl 12,5 – 13 g/m3
  2. Perendaman 24 jam dengan formalin 40 ppm
  3. Perendaman 15 detk dengan Neguvon 2 – 3,5%
  4. Perendaman 30 menit dengan KMnO4

Kutu Ikan (Argulosis)

Penyakit in disebabkan oleh Argulus sp. Tanda tanda ikan air tawar yang terserang peyakit ini adalah iritasi, kehilangan keseimbangan, melompat lompat keluar air, kurus bahkan mati marena disengat dan dihisap darahnya, produksi mucus berlebihan, sisik terkuak dan kadang kadang lepas, muncul titik titik darah pada kulit di sekitar bekas gigitan parasit dan rongga tubuh ikan berisi cairan.

Untuk pengobatannya dapat dilakukan salah satu cara dibawah ini

  1. Perendaman 30 menit dengan 10 ppm KMnO4
  2. Perendaman 15 menit dengan 1 – 1,5 % NaCl
  3. Perendaman 1 jam dengan 250 ppm formalin
  4. Perendaman 24 jam dengan 500 ppm Ammonium chlorida
  5. Perendaman 4 jam dengan 0,1 – 0,2 ppm Bromex

Vibriosis

Penyakit ini disebabkan oleh Vibrio sp. Tanda tanda ikan yang terserang Vibriosis adalah ikan kehilangan nafsu makan, kulit gelap, insang pucat, terjadi pembekakan pada kulit yang lama kelamaan pecah menjadi luka (bisul) dan mengeluarkan cairan berwarna kuning kemerah merahan, pendarahan pada dinding perut dan permukaan jantung, jika dibedah terliat pembengkakan dan kerusakan pada jaringan hati, ginjal dan limpa. Karena ikan yang terserang penyakit ini kerusakan tubuhnya sudah parah, biasanya ikan yang sudah terserang Vibriosis sudah tidak dapat diobati lagi.

Ergasilosis

Disebabkan oleh Ergasilus sp, Ergasilosis menyebab ikan terkena anemia. Selain itu penyakit ini juga menghambat pertumbuhan dan kesulitan bernafas karena bersifat ektoparasit yang menempel pada insang, anus, kulit dan sirip. Ergasilus sp menghisap darah dan merusak sel sel epitel pada ikan.

Pengobatan ikan yang terserang Ergasilosis adalah dengan perendaman 30 – 60 menit dengan 250 ppm Kapur tohor (CaO), perendaman ini dilakukan setiap hari selama 3 hari. Jika anda kesulitan menemukan kapur tohor anda bisa juga mengobati ikan yang terserang ergasilosis dengan perendaman selama 3 – 5 menit di 3 g NaCl per 100 cc air.

Cacing Darah

Penyakit ini disebabkan oleh serangan parasit cacing darah (Sanguinicola inermis). Ikan yang terserang oleh cacing darah akan mengalami pembekuan darah dan tersumbatnya pembuluh kapiler insang yang diakibatkan oleh telur telur cacing darah tersebut. Jika populasi cacing yang menyerang dalam jumlah yang besar maka ikan akan mengalami pendarahan, nekrosis dan mati. Sejauh ini belum ada obat yang bisa mematikan cacing darah di dalam tubuh ikan tanpa mengakibatkan kematian juga kepada ikan yang menjadi inangnya.

Bercak Merah

Penyakit ini dalam bahasa kedokteran disebut sebagai Septicemia haemorrhagica dan disebabkan oleh bakteri Aeromonas sp spesies bakteri gram negatif yang bisa menyerang manusia juga. Ikan yang terserang penyakit ini warna tubuhnya menjadi gelap, mata rusak dan agak menonjol, sisik terkelupas, seluruh siripnya rusak, insang berwarna merah keputihan, megap megap di permukaan air, insang rusak sehingga kesulitan bernafas, kullit menjadi kasat dan timbul pendarahan yang diikuti dengan luka luka borok, perut terlihat membesar dan bila dibedah akan terlihat pendarahan pada hati, ginjal dan limpa ikan.

Jika kerusakan yang diderita ikan yang terserang bakteri Aeromonas ini belum begitu parah, ikan masih dapat tertolong dengan melakukan erendaman 30 – 60 menit pada cairan PK 10 – 20 ppm.  Atau bisa juga dengan mencampur pakan ikan dengan Oxytetracycline sebanyak 50 mg/kg  dan dilakukan setiap hari selama 7-10 hari.

Related Posts

Add Comment