Penyakit Rebah Kecambah (damping-off)

Penyakit rebah kecambahPenyakit Rebah Kecambah merupakan penyakit yang disebabkan oleh cendawan. Cendawan adalah suatu kelompok mikroorganisme yang mirip tumbuhan dimana cendawan memiliki dinding sel, tidak bergerak, berkembang biak dengan spora tetapi tidak mempunyai klorofil. Karena tidak memiliki klorofil ini cendawan tidak bisa memproduksi nutrisi sendiri. Sehingga cendawan perlu mengambil nutrisi baik dari jasad hidup ataupun jasad mati. Cendawan yang mengambil nutrisi jasad hidup inilah yang menyebabkan penyakit, salah satunya penyakit rebah kecambah.

Penyakit ini disebabkan oleh 4 genus cendawan yaitu Pythium, Phytophthora, Fusarium dan Rhizcotonia.

  1. Pythium merupakan genus parasit oomycotes. Mayoritas genus ini merupakan parasit tanaman tetapi ada juga ada yang menjadi patagen terhadap hewan.
  2. Phytophthora merupakan genus yang menjadi penyebab penyakit berbagai tanaman. Selain penyebab penyakit rebah kecambah, genus kecambah ini juga merupakan penyebab penyakit hawar daun kentang dan busuk kentang. Yang pernah menyebabkan kelaparan hebat di inggris pada tahun 1845 -1846.
  3. Fusarium merupakan cendawan yang banyak terdapat di dalam tanah. Tubuhnya terdiri dari miselemium bercabang, hialin dan bersekat. Cendawan ini selain menyerang tanaman juga dapat menyebabkan penyakit pada manusia.
  4. Rhizcotonia merupakan cendawan yang berasal dari ordo Cantharellales. Genus yang pertama kali ditemukan pada tahn 1815 ini juga merupakan mikroorganisme yang menjadi pengurai mahkluh hidup yang mati.

Tanaman yang dapat terserang penyakit rebah kecambah ini tidak hanya tanaman yang berkembang biak dengan biji tetapi tanaman umbi seperti kentang pun dapat menjadi tanaman yanng terdampak. Tanaman yang bisa terdampak rebah kecambah ini antara lain tembakau, tebu, pepaya, jahe, tomat, kacang panjang, kentang, cabai, semangka dan tanaman serealia.

Serangan Cendawan Terhadap Tanaman

Cendawan patogen penyebab penyakit ini bisa menyerang benih tanaman sebelum benih muncul ke permukaan tanah atau menyerang tanaman yang baru berkecambah. Jika cendawan menyerag saat benih baru akan berkecambah maka perkecambahan tidak akan terjadi. Sedangkan jika cendawan menyerang pada saat tanaman baru berkecambah, yang diserang adalah pada bagian pangkal batang tanaman. Hal inilah yang menyebabkan tanaman menjadi rebah.

Penyakit Penyebaran 

Cendawan yang menyebabkan penyakit ini menyebar melali tanah (soil borne), patogen dapat hidup dan bertahan lama di tanah walau tanpa memiliki inang.

Pencegahan

Upaya pencegahan penyakit ini adalah bisa dengan benih sebeum ditanam terlebih dahulu direndam didalam air hangat (50 C) selama 5 menit dan pada pada Benomyl 2,5% selama 5 menit. Perendaman ini cukup ampuh untuk mencegah serangan dari cendawan penyebab penyakit rebah kecambah ini.

Related Posts

Add Comment