Penyakit Tanaman Padi Yang Di Sebabkan Mikrobia

11 views

penyakit tanaman padiMikrobia seperti jamur dan bakteri merupakan patogen utama yang menyebabkan gagal panen di pertanian padi. Paling tidak ada 5 jenis penyakit tanaman padi yang di akibatkan serangan mikrobia ini. Kelima penyakit ini paling tidak menjadi penyebab 75% lebih kerusakan pertanian padi. Mendeteksi dan menangani penyakit secara cepat dan tepat merupakan hal yang wajib di lakukan oleh para petani. Berikut akan saya uraikan secara singkat 5 penyakit tanaman padi tersebut.

Penyakit Kresek

Penyakit tanaman padi ini disebabkan oleh spesies proteobacteria yang bernama Xanthomonas oryzae. Penyakit ni dapat menyerang tanaman yang masih dalam proses persemaian hingga tanaman dewasa. Gejala yang ditimbulkan agak berbeda, pada tanaman yang masih muda gejalanya terlihat di daun pertama dan daun kedua yang akan berubah warna menjadi hijau pucat kemudian  layu sehingga tanaman padi muda akan mati. Pada tanaman padi dewasa yang terserang penyakit kresek ini, bercak kuning akan muncul pada ujung daun kemudian bercak tersebut akan menjalar sehingga seluruh daun akan berwarna kuning. Jika tanaman padi telah terserang penyakit ini jangan dilakukan pemotongan ujung yang berwarna kuning ini saja, tetapi tanaman wajib dicabut kemudian dibakar agar tidak menular ke tanaman padi disekitarnya. Upaya pencegahan dapat dilakukan dengan menggunakan varietas yang tahan penyakit, melakukan cara penanaman yang baik dan penggunaan pupuk nitrogen yang cukup. Hal ini dikarenakan pemberian pupuk nitrogen dengan dosis tinggi akan semakin memperparah dan memermudah serangan dari penyakit ini.

Penyakit blast

Disebabkan oleh cendawa Pyricularia oryzae. Dulunya jamur ini hanya menyerang padi gogo tetapi sekarangan serangannya sudah menyebar ke jenis padi lainnya. Penyaki tanaman padi ini dapat menyerang di semua fase hidup padi, mulai dari saat masih benih hingga akan panen. Gejala dari serangan penyakit ini dapat dibagi menjadi tiga tahap, yaitu

  1. Terjadinya busuk daun dimulai dengan sedikit bercak kemudian menyebar sehingga di dalam daun padi terdapat banyak bercak sehingga terlihat seperti terbakar.
  2. Bagian buku tanaman padi akan mengalami gejala Node Blast, dimana pada buku buku tanaman padi akan menjadi berwarna cokelat, mengkerut dan mudah patah. Selain itu malai padi isinya akan berkurang.
  3. Tanaman padi akan mengalami neck rot, yaitu pada bagian pangkal batang akan mengerut dan warnanya akan berubah menjadi cokelat kehitaman. Akibat nect rot ini tanaman padi akan mudah rebah, jika penyakit blast sudah sampai tahap ini, malai padi agak kosong.

Pengendalian penyakit blast ini dapat dilakukan denga cara peggunaan benih yang sehat dan telah tersertifikasi, perendaman benih menggunakan air hangat sebelum ditanam dan penggunaan pupuk nitrogen sesuai kadar dosis. Penggunaan pupuk organik menggantikan pupuk kimia juga mampu mengurangi resiko serangan dari penyakit ini. Jika ada tanaman yang sudah terlanjut terserang sebaiknya segera dibakar.

Penyakit Bercak Daun Padi

Penyakit tanaman padi ini disebabkan oleh cendawan Helminthosporium oryzae dan Cercospora oryzae.  Tanaman padi yang terserang penyakit ini akan ada bercak pada dan, biasanya bercak dimulai dari mengeringnya bagian ujung kemudian menyebar ke bagian tengah melalui tulang daun sehingga meluas ke seluruh daun. Selain menyerang daun, malai dan bulir padi pun tak luput dari serangan cendawan ini sehingga jumlah malai yang terbentuk pun akan sangat terpengaruh. Jika infeksi sudah berat tak jarang tanaman padi akan mati. Untuk mencegah serangan tanaman ini dapat dilakukan dengan mengurangi kelembapan dan membersihkan gulma yang ada di sekitar sawah. Jika sudah terlanjur ada yang terserang segera potong bagian tanaman yang terserang kemudian di bakar.

Penyakit gosong (smut)

Penyakit tanaman padi ini disebabkan oleh cendawan Ustilaginoidea virens. Cendawan dapat terlihat jelas pada bulit padi yang terserang.  Cendawan akan berkumpul dan menggumpal di sekitar bulir padi, gumpalan ini berwarna hitam dan ukurannya dapat mencapai diameter 1 cm. Seperti penyakit tanaman padi yang diakibatkan jamur lainnya, sebab utama terjadinya serangan penyakit gosong adalah akibat penggunaan pupuk nitrogen yang berlebihan. Penggunaan pupuk nitrogen secara tepat mampu mengurangi resiko terjadinya serangan secara signifikan. Selain itu mengurangi kelembapan tanaman padi dengan cara melakukan penanaman berjarak dan menghilangkan gulma di sekitar tanaman merupakan tindakan pencegahan yang bisa anda lakukan.

Penyakit busuk batang

Penyakit ini juga disebabkan oleh cendawan yaitu spesies Rhizoctonia oryzae. Penyakit busuk batang ini merupakan penyakit yang paling membawa masalah kepada pertanian padi dikarenakan 50% kehilangan hasil di pertanian padi disebabkan oleh penyakit ini. Tanaman padi yang terserang pada pelepah daunnya akan terlihat bercak berbentuk bulan yang akan membesar, bercak ini warnanya ungu di bagian tengah dan coklat di bagian pinggirnya. Jika tanaman telah terlanjut terkena serangan cendawan ini maka wajib untuk segera dibakar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *