Penyakit Tanaman Pisang Kepok Yang Sering Menyerang

Pisang kepokTanaman pisang kepok mempunyai beberapa penyakit yang sering menyerangnya, diantaranya adalah penyakit darah, penyakit bintik daun, penyakit cendawan, penyakit pucuk dan penyakit layu. Pada kesempatan ini mari kita bahas yuk

  1. Penyakit darah yang disebabkan oleh bakteri Pseudomonas. Mula mula yang diserang akar, lalu menjalar ke daun dan buah. Pisang yang diserang, daunnya bergaris garis kuning coklat, buahnya mengeluarkan cairan merah dan batangnya mengeluarkan lendir merah.
  2. Penyakit bintik daun, disebabkan oleh cendawan Cercospora yang diserang adalah daun dan saluran makanan dalam batang pisang. Daun akan berbintik hijau kekuningan, makin lama bintik semakin besar dan daun daunnya menjadi layu.
  3. Penyakit cendawan lainnya disebabkan cendawan jenis Fusarium. Pelepah daun pisang kepok bagian luar akan pecah memanjang, daun paling luar putus dan layu. Saluran pembuluh batang pisang akan berubah warna menjadi hitam. Penyakit ini cukup ganas juga.
  4. Penyakit pucuk disebabkan oleh virus. Daun daun pucuk pisang yang diserang akan mengelompok menjadi satu.
  5. Penyakit layu disebabkan oleh bakteri Solanacearum. Pohon yang diserang menunjukkan tanda daun daunnya menguning dan layu. Batang danĀ  anakan berwarna coklat dan akhirnya mati.
  6. Penyakit kekurangan fosfat, tanda tandanya adalah pinggir daun warna perunggu sudah berubah menjadi kehitam hitaman, bagian tengah masih berwarna perunggu, tulang daun pisang kepok berubah menjadi hijau tua warnanya dan bagian tengah daun berwarna hijau tua.
  7. Penyakit kekurangan zat kalium, ciri cirinya adalah pinggir daun mengering, daun bagian tengah mengering, pinggir sobekan daun ikut mengering, tulang induk daun ikut menguning dan tengah daun bagian bawah masih agak hijau warnanya.
  8. Penyakit kekurangan zat stikstof, tanaman pisang yang terkena penyakit ini ciri cirinya adalah pinggir daun agak mengering, tulang daun agak menguning, bagian daun kanan kiri tulang daun tetap hijau warnanya dan tengah daun hijau warna kuning.

Semua penyakit pisang kepok diatas amat merugikan. Untuk penyakit kekurangan gizi dapat diatasi dengan memberikan pupuk sesuai gejala kekurangan zat apa. Pemberantasan penyakit dengan obat obatan untuk jenis penyakit akibat mikroorganisme kurang sesuai untuk meeka yang hanya menanam pisang satu dua rumpun di samping rumah. Cara paling mudah yang pantas dianjurkan kepada pemilik tanaman pisang di samping rumah adalah membasmi dan memusnahkan tanaman pisang yang terserang enyakit, mengistirahatkan tanah untuk beberapa waktu, lalu menanam bibit pisang baru yang diperkirakan belum terserang penyakit.

Related Posts

Add Comment