Penyebab Kucing Muntah Kuning

Banyak para catlovers yang langsung panik begitu kucing kesayangannya muntah berwarna kuning, mereka takut bahwa kucing kesayangannya terkena virus panleu. Virus mematikan ini memang menjadi salah satu penyebab kucing muntah kuning. Tetapi sebenarnya, bukan hanya karena panleu saja yang dapat menjadi penyebab hal ini.

Bagi anda yang memelihara kucing dirumahnya, mengetahui penyebab kucing muntah kuning ini menjadi suatu hal yang penting. Karena dengan mengetahui penyebabnya dengan benar maka kita bisa melakukan penanganan yang benar.

Berikut ini adalah beberapa penyebab mengapa kucing bisa muntah berwarna kuning :

1. Virus Panleu

Virus ini begitu mematikan dan menjadi momok yang sangat menakutkan bagi catlover yang peduli dengan kucing peliharaannya. Selain itu, penyebarannya juga sangat cepat dan dapat ditularkan dari satu kucing ke kucing lainnya hanya dalam hitungan jam. Tak jarang virus ini menyebabkan seluruh kucing yang ada di rumah mati secara berdekatan.

Virus ini dapat menyebabkan kucing muntah berwarna kuning dikarenakan ia menyerang saluran pencernaan kucing. Selain menyerang bagian saluran pencernaan, panleu juga menyerang sel darah putih. Rendahnya jumlah sel darah putih inilah yang menyebabkan mudahnya bakteri dan jamur masuk sehingga menyebabkan infeksi sekunder. Gejala lain dari kucing yang terkena virus ini ialah demam, depresi dan tidak mau makan.

2. Makanan

Jika kucing anda tidak menunjukkan gejala lain dari virus panleu, kemungkinan ada penyebab lain yang menyebabkan ia muntah kuning. Salah satunya adalah karena makanan, kucing termasuk hewan yang memilih makanan. Kucing yang berbeda belum tentu cocok dengan jenis makanan yang sama, contohnya saja banyak kucing yang langsung mencret begitu diberi makanan dengan harga lebih ekonomis.

Jika anda baru saja mengganti makanan kucing anda, apalagi menggantinya ke yang lebih ekonomis. Kemungkinan besar ini yang menyebabkan kucing muntah kuning. Di saat ekonomi sedang sulit akibat wabah corona ini memang banyak catlover yang terpaksa mengganti makanan kucingnya dengan yang lebih ekonomis, walau begitu sebaiknya anda tidak memberinya makanan yang terlalu murah. Banyak makanan kucing murah yang dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan kucing.

3. Keracunan

Selain disebabkan oleh virus panleu ataupun makanan, bisa jadi penyebab kucing muntah kuning diakibatkan keracunan. Gejala kucing keracunan sangat bervariasi bergantung pada zat yang termakan, namun yang sering terjadi diantaranya adalah nafas terengah-engah, diare, kucing muntah (bisa berwarna kunig), mulut berbusa dan gemetaran.

Penangananan kucing keracunan ini berbeda-beda tergantung zat racun yang termakannya, jika yang termakan hanya dalam jumlah sedikit dapat dicoba dinetralkan dengan susu atau air kelapa. Walau begitu cara ini tidak terlalu efektif jika racun termakan dalam jumlah banyak atau jenis racunnya mematikan seperti racun tikus. Membuat kucing muntah merupakan salah satu cara efektif untuk mengeluarkan racun yang termakan dan setelah itu bawalah kucing kesayangan anda ke dokter hewan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *