Penyiapan Bibit Mentimun Agar Budidaya Sukses

bibit mentimunSalah satu hal penting yang perlu dierhatikan agar budidaya mentimun sukses adalah dari ketepatan petani dalam pemilihan bibit yang normal, baik dan unggul. Bibit mentimun yang unggul merupakan bibit yang memiliki sifat produksi tinggi, lebih tahan penyakit, cocok pada ketinggian tanah tempat penanaman serta memiliki karakteristik yang sesuai dengan permintaan pasar.

Terdapat puluhan jenis mentimun yang dibudidayakan tetapi hanya beberapa jenis yang diminati petani. Varietas yang cocok dibudidayakan dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu mentimun lokal dan hibrida yang mempunyai keunggulan tersendiri.

Mentimun hibrida memiliki banyak keunggulan komparatif dibandingkan dengan yang lokal karena ia memiliki karakteristik khusus dan istimewa. Mentimun hibrida juga mempunyai produktivitas tinggi dengan kualitas yang baik. Di samping produksinya yang tinggi, jenis mentimun hibrida empunyai daya tahan yang lebih tinggi terhadap hama dan penyakit tanaman, mempunyai keseragaman tanaman yang sama. Mentimun hibrida dikembangkan melalui pemuliaan tanaman yang melibatkan keragaman genetik dan pemilihan sifat sifat yang khas sesuai dengan selera kosumen.

Penyiapan Bibit Mentimun

Bergabai macam biji untuk bibit berbagai jenis mentimun tersedia di toko saprotan atau sarana produksi pertanian. Biji yang baik adalah biji yang bernas dengan warna mengkilap, bebas dari serangan hama dan penyakit, tidak keriput atau basah, bersih atau tidak bercampur dengan biji rerumputan atau lainnya, daya tumbuh baik dan kadar air 13-14%.

Meskipun bibit mentimun dapat langsung ditanam, untuk mengurangi kegagalan, sebaiknya lakukan langkah berikut :

  1. Bibit mentimun direndam selama 15 menit. Bibit yang mengapung sebaiknya dibuang.
  2. Bibit yang tenggelam direndam kembali selama 24 jam.
  3. Selanjutnya bibit mentimun dipindahkan ke lipatan handuk basah selama 12 jam hingga bakal akarnya keluar.
  4. Setelah bakal akarnya keluar, bibit dapat langsung ditanam di tempat yang telah disiapkan.

Selain dapat diperoleh dari suplier, toko sarana pertanian, bibit mentimun dapat disiapkan sendiri. Menyiapkan sendiri bibit mentimun yang baik tidak sukar. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Pilihlah buah mentimun yang sehat, tidak cacat dan matang penuh dari varietas unggul. Kemudian, bijinya dikeluarkan.
  2. Biji dicuci bersih.
  3. Biji yang telah dicuci, diangin anginkan dan dijemur selama kurang lebih 3 hari atau hingga kadar airnya kurang lebih 6%.
  4. Biji yang telah kering dapat langsung disemai atau disimpan dalam kemasan yang tahan lama.

Saat menjelang penanaman, bibit disemai. Biji yang kering dikeluarkan. Apabila terlanjur lama disimpan, sebelum disemaikan bibit direndam dulu dalam air hangat, lalu dibiarkan sebentar. Sebagian biji tenggelam dan sebagian lainnya mengapung. Biji yang mengapung dibuang karena biji tersebut sudah rusak, mati dan bila dipaksakan ditanam akan sulit tumbuh.

Penyemaian

Sebelum tanaman mentimun ditanam di kebun, terlebih dahulu dilakukan pembibitan di persemaian. Teknik penyemaian bibit mentimun dilakukan dengan cara merendam biji dalam obat yang diramu dari 2 liter air hangat, 2 sendok teh hormon yaitu atornik, menedael dan abitonik, 2 sendok teh fungisida untuk obat antijamur dan 1 sendok teh bakterisida.Setelah direndam 30 menit, diangkat dan ditiriskan sampai air tidak ada dan bibit siap dikecambahkan.

Menyemai bibit mentimun adalah menyemaikan bibit pada baris-baris persemaian yang sudah diolah terlebih dahulu, lalu ditutup dengan tanah tipis. Baris persemaian dibuat sejajar dengan panjang bedengan. Setiap lubang diisi dengan bibit mentimun sebanyak 5 – 7 biji, lalu lubang yang telah diisi itu ditutup kembali dengan tanah tipis, hingga rata dengan tanah lainnya.

Secara sederhana, penyemaian mentimun dapat memakai atap dengan daun kelapa, daun pisang atau alang alang. Pada daerah dataran tinggi atau daerah yang sering ditiup angin kencang, sebaiknya dibuat atap persemaian yang kokoh sehingga penutup tidak terbawa angin. Arah bedengan persemaian dibuat menghada ke timur untuk mendapatkan sinar matahari pagi secara langsung, tanah bedengan diolah sampai gembur dan tambahkan pupuk kandang yang matang pada tanah persemaian hingga merata.

Rawat dan sirami bibit secara teratur. Pada usia 14 hari, bibit mentimun telah menjadi benih yang siap dipindahkan ke lahan yang telah dilakukan Pengolahan Lahan Untuk Budidaya Mentimun.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *