Penyiapan Lahan Untuk Taman Bunga Mawar

Gambar taman bunga mawarMembuat taman bunga mawar merupakan peluang usaha yang bagus di tahun 2019, apalagi sekarang anak anak muda banyak mencari tempat yang instragramable. Salah satu kebun bunga, Helio garden yang berlokasi di jogja mempunyai pengunjung lebih dari 1000 orang per hari saat akhir pekan.

Bayangkan saja jika tiket masuknya dipatok 5 ribu rupiah saja dalam sehari ada pemasukan lebih dari 5 juta rupiah. Kebun bunga mawar tak perlu lahan luas, tanah seluas 1000 – 2000 m2 pun sudah cukup kok. Dipingiran kota jogja dan solo tanah seluas ini masih bisa disewa di sekitar 10 juta rupiah 1 tahunnya, jadi omset 2 hari sudah cukup untuk membayar sewa tanah setaun. Menjanjikan bukan?

Selain dari kunjungan wisatawan, anda bisa mendapatkan pemasukan tambahan dari menjual bunga mawar yang anda di taman bunga mawar anda. 1 bunga mawar biasa dijual 10 ribu rupiah per batangnya, jika di dalam taman anda terdapat 1000 bunga saja maka ada pemasukan tambahan sebesar 10 juta rupiah. Walau begitu jika anda bisa mengemas penjualan bunga ini dengan obyek wisata taman bunga mawar anda, anda bisa menjual per tangkai bunga mawar dengan harga lebih dari itu.

Penyiapan Lahan Taman Bunga Mawar

Taman bunga mawar di jepangLahan untuk kebun atau taman bunga mawar dipilih yang tanahnya gembus, subur dan mendapat sinar matahari langsung (terbuka). Cara menyiapkan media tanam / lahan untuk kebun atau taman bunga mawar adalah sebagai berikut :

  • Bersihkan lokasi kebun dari rumput rumput liar ataupun batu kerikil.
  • Olah tanah dengan cara dicangkul atau dibajak sedalam + 30 cm hingga strukturnya gembur.
  • Biarkan tanah dikeringanginkan selama 15 – 30 hari agar tanahnya matang benar dan bebas dari gas gas beracun.
  • Buat bedengan bedengan dengan ukuran lebar 100 – 120 cm, tinggi 30 cm, jarak antar bedengan 30 – 40 cm dan panjangnya tergantung keadaan lahan. Bila akan dirancang taman mawar yang asimentris, maka penyiapan lahannya dibuat bentuk bentuk yang diinginkan, misalnya lingkaran (bulat) atau guludan guluda yang serasi dengan lingkungan sekitarnya.

Taman bunga mawar indah

  • Tambahkan pupuk organik berupa pupuk kandang atau kompos 20 – 30 ton / hektar atau super TW plus 4 – 5 ton/hektar yang diberikan dengan cara disebar dan dicampur merata bersama tanah sambil merapikan lahan (bedengan). Cara lain pemberian pupuk organik ini adalah dimasukkan (diisikan) kedalam lubang tanam rata rata¬† 1 – 2 kg/tanaman.
  • Buat lubang tanam pada jarak 60 x 60 cm atau 70 x 70 cm atau tergantung jenis mawar dan kesuburan tanahnya.
  • Lahan untuk taman anda sudah siap ditanami. Anda bisa mengikuti Cara Menanam Bunga Mawar Dari Biji untuk step selanjutnya.

Penyiapan lahan bunga mawar dan penanamannya ini sebaiknya dilakukan pada awal musim hujan, namun bila keadaan airnya memadai dapat dilakukan sepanjang musim atau tahun. Selain menanam melalui biji biasanya di toko tanaman hias tersedia juga bibit cabutan / siap pakai dari bunga mawar sehingga memperpendek waktu yang anda butuhkan untuk  menyiapkan taman bunga mawar anda.

Related Posts

Add Comment