Penyiapan Media Tanam Bunga Mawar

Bunga mawarSalah satu hal yang perlu anda perhatikan dalam menanam bunga mawar adalah masalah media tanamnya. Salah dalam menyiapkan media tanam bunga mawar dapat mengakibatkan bunga mawar tumbuh dengan tidak baik atau justru malah tidak tumbuh sama sekali.

Media tanam bunga mawar

Media tanam bunga mawar dapat berupa tanah kebun yang subur di campur dengan pupuk organik (pupuk kandang/kompos) dan pasir dengan perbandingan 1 : 1 : 1 atau bisa juga menggunakan media tanam berupa tanah kebun dicampur dengan pupuk super TW plus dengan perbandingan 6 : 1. Campur media tanam tersebut hingga merata, perataan media ini sangat penting dan jangan dilakukan dengan asal.

Setelah media tanam siap, siapkanlah pot yang ukurannya disesuaikan dengan besar kecilnya tanaman mawar, misalnya untuk 1 tanaman mawar merah anda bisa menggunakan pot bulat dengan diameter 15 cm. Pot yang paling baik adalah pot yang terbuat dari bahan tanah dan tidak dicat, penggunaan pot plastik kurang saya rekomendasikan.

Setelah pot siapkan pula bahan bahan penunjang lainnya seperti pecahan bata merah atau genteng atau arang. Bahan tersebut dapat berfungsi sebagai penghisap kelebihan air (drainase) dan memudahkan sewaktu pemindahan tanaman ke pot lain atau tempat tanam yang baru.

Pengisian media tanam bunga mawar ke dalam pot dapat dilakukan dengan cara :

  • Periksa dasar pot untuk mengetahui apakah berlubang atau tidak, bila tidak ada lubang buatlah lubang untuk membuang kelebihan air.
  • Basahi pot dengan air bersih hingga cukup basah.
  • Isikan pecahan bata merah atau genting atau arang pada dasar pot sampai sepertiga bagian pot. Usahakan agar lubang pembuangan air di dasar pot tidak tersumbat.
  • Isikan serasah (humus) secara merata setebal sekitar 1 cm di atas lapisan bata merah atau genting.
  • Isikan media tanam berupa campuran tanah, pasir dan pupuk kandang atau kompos ( 1 : 1 : 1) atau campuran tanah dengan pupuk organik super TW plus (6:1) ditambah sedikit abu dapur. Pengisian media ini sampai 90% penuh atau 0,5 – 1 cm di bawah batas permukaan pot sebelah atas. Pot siap ditanami dengan bibit tanaman mawar.

Cara Penanaman

Bahan yang biasanya ditanam biasanya berupa bibit cabutan (tanpa tanah), dari batang atau bisa menggunakan biji. Untuk cara menanam dengan biji dan Cara Menanam Bunga Mawar Dari Batang telah saya bahas di artikel sebelumnya. Untuk saat ini kita fokus membahas penanaman menggunakan bibit cabutan saja, dimana bibit cabutan ini biasanya dijual di toko tanaman hias.

Tatacara penanaman bibit mawar cabutan adalah sebagai berikut :

  • Bongkar bibit tanaman mawar dari kebun pembibitan secara cabutan
  • Potong sebagian batang dan cabang cabangnya untuk disisakan sepanjang 20 – 25 cm agar habitus tanaman menjadi perdu (pendek)
  • Potong sebagian akar akarnya dengan menggunakan alat bantu gunting pangkas yang tajam dan steril
  • Rendam bibit mawar dalam air atau larusan zat pengatur tumbuh (ZPT) seperti Dekamon 1-2 cc/liter selama 15 – 30 menit.
  • Tanamkan bibit mawar tepat ditengah tengah lubang tanam dan akar akarnya diatur menyebar ke semua arah. Timbun dengan media tanam bibit bunga mawar tersebut hingga batas pangkal leher batang.
  • Padatkan tanah disekliling batang tanaman mawar secara pelan pelan agar akar akarnya dapat kontak langsung dengan air tanah.
  • siram tanah disekeliling perakaran tanaman mawar hingga cukup basah.
  • Pasang naungan sementara yang terbuat dari anyaman bambu atau bahan lain yang murah harganya untuk melindungi tanaman mawar dari teriknya sinar matahari. Atau bisa juga anda memindahkannya ke rumah pada siang hari dan mengembalikannya keluar rumah pada sorenya.

Related Posts

Add Comment