Perbanyakan Tanaman Puring

13 views

tanaman puringPuring merupakan tanaman yang mudah diperbanyak. Dengan teknik yang mudah dan sederhana, dari satu tanaman puring dapat dihasilkan banyak anakan. Umumnya, perbanyakan tanaman puring dilakukan secara vegetatif yaitu dengan cangkok, stek batang dan stek pucuk.

Cangkok

Perbanyakan puring dengan cangkok adalah yang paling umum dilakukan oleh para penggemar tanaman hias. Selain memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi, juga tidak memiliki resiko yang berarti.

Langkah langkah mencangkok puring adalah sebagai berikut

  1. Sebelum mencengkok puring, siapkan peralatan seperti pisau tajam, plastik transparan (plastik es), tali rafia, moss, larutan fungisida dan larutan perangsang akar.
  2. Siapkan puring yang akan dicangkok. Setelah itu pilih batang yang sudah berkayu dan memiliki bentuk lurus atau tegak, lalu kerat kulitnya sepanjang 2 cm. Buang lapisan kambium pada bidang keratan, lalu olesi dengan perangsang akar.
  3. Tutup bidang cangkokan menggunakan oss yang sudah dicelupkan ke dalam campuran larutan fungisida dan perangsang akar. Setelah itu bungkus moss dengan plastik transparan (plastik es) lalu rapikan ujung ujungnya dan ikat erat ke batang puring.
  4. Letakkan puring yang telah dicangkok ke tempat teduh. Karena moss sudah direndam ke dalam larutan fungisida dan perangsang akar, cangkokan tidak perlu disiram kembali.
  5. Sepuluh hari setelah pencangkokan, biasanya sudah banyak akar baru yang tumbuh dari bagian bawah bidang cangkokan. Saat itulah, cangkokan sudah dapat dipotong tepat di bawah lokasi tumbuhnya akar, lalu tanam ke dalam pot yang berisi media tanam baru.

Stek Batang

Cara perbanyakan puring ini paling sederhana dan mudah dilakukan, tetapi berisiko tinggi karena dapat menyebabkan kebusukan batang atau kerontokan daun muda yang ada di ujung batang.

Berikut langkah langkah melakukan stek batang

  1. Siapkan puring yang akan di stek, lalu potong batangnya yang telah berkayu.
  2. Celupkan bekas potongan batang ke dalam campuran larutan fungisida dan perangsang ekor.
  3. Tanam batang stek di dalam pot yang berisi media tanam berupa campuran kompos, tanah dan sekam bakar dengan perbandingan 1 : 1 : 1
  4. Letakkan pot dilokasi yang teduh. Dalam waktu dua minggu, biasanya stek batang ini sudah mulai tumbuh.

Stek Pucuk

Selain dengan cara cangkok dan stek batang, ada juga hobiis yang memperbanyak puring dengan stek pucuk. Berikut ini langkah langkah melakukan stek pucuk.

  1. Siapkan tanaman puring yang akan distek, lalu potong pangkal pucuknya yang telah berkayu.
  2. Oleskan bekas potongan pangkal pucuk ke dalam campuran larutan fungisida dan perangsang akar.
  3. Tanam pangkal pucuk di dalam pot kecil yang berisi media tanam berupa sekam bakar. Agar daun daun pangkal pucuk tidak berjatuhan, ikat dengan tali plastik hingga menguncup, lalu sungkup daun daun tersebut dengan plastik transparan.
  4. Letakkan pot ditempat yang teduh. Sepuluh hari kemudian akar biasanya telah tumbuh pada pangkal stek pucuk. Saat akarnya sudah banyak, stek pucuk dapat dipindahkan ke pot yang lebih besar yang telah diisi dengan media tanam berupa campuran kompos tanah dan sekam bakar dengan perbandingan 1 : 1 : 1.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *