Perbedaan Bunga Teratai dan Lotus

Perbedaan teratai dan lotusBanyak orang yang tidak tau tentang perbedaan bunga teratai dan lotus, mereka berpikir kedua jenis tanaman air ini sama. Padahal faktanya tidak demikian, Lotus dan Teratai berbeda genus. Dimana yang termasuk kedalam lotus adalah semua anggota genus Nelumbo yang sekarang berisi 2 spesies yaitu Nelumbo nucifera dan Nelumbo lutea. Sedangkan yang termasuk teratai adalah semua anggota genus Nymphae yang terdiri dari 45 spesies diantaranya Nymphae alba, Nymphae odorata dan Nymphae gigantea.

Bunga

Tanaman lotus berbunga tanpa mengenal musim. Tangkai bunganya panjang dan tumbuh menyembul jauh di atas permukaan air. Bunga lotus terdiri dari banyak helaian petal yang saling menumpuk. Petal berbentuk lonjong, cekung dan meruncing di bagian ujungnya. Panjang petal 10 – 15 cm dan lebar 3 – 7 cm. Di tengah tengah bunga terdapat kumpulan putik yang dikelilingi benang sari. Warna lotus di Indonesia umumnya hanya putih dan merah jambu.

Masa mekar bunga lotus umumnya berlangsung 3 -4 hari. Setelah itu, petal bunga mulai berguguran dan hanya menyisakan bakal buah seperti spon. Bentuknya seperti corong mikron dengan permukaan datar. Putik ini lalu membesar membentuk bakal buah. Setelah tua, dari permukaan putik akan muncil biji biji lotus. Satu bunga biasanya menghasilkan 5 – 10 biji.

Sedangkan pada bunga teratai sepert yang telah saya tulis di postingan saya Deskripsi Bunga Teratai,  Bunganya memiliki diameter yang beragam mulai 3 sampai 30 cm. Perbedaan pada bagian bunga ini terletak di tengah tengah bunga yang disana terdapat benang sari berwarna kuning yang menyembul ke atas. Dalam satu tanaman bunga teratai juga biasanya hanya memiliki 1 bunga saja selain itu masa mekar bunga teratai cenderung lebih pendek yaitu 2 – 4 hari. Dalam satu bunga teratai menghasilkan 12 – 30 bakal buah.

Daun

Perbedaan teratai dan lotus selanjutnya ada pada daunnya, dimana daun lotus menyebul di atas permukaan air dan memiliki panjang (30 – 60 cm). Bentuk helaian daun bulat, lebar dan tepinya agak berlekuk. Daun bagian atas berwarna hijau ke abu abuan dan sisi bawahnya berwarna lebih muda. Permukaan daun licik dan kenyal karena berlapis semacam lilin di permukaannya.

Sedangkan daun tanaman teratai bentuknya bulat sedikit lonjong serta memiliki belahan yang mengarah daun. Bagian bawah daun teratai menempel di air karena tangkainya tidak tumbuh menjulang.

Tangkai

Perbedaan teratai dan lotus yang paling mencolok ada pada bagian tangkai ini dimana tangkai teratai tidak tumbuh melewati permukaan air karena tumbuhnya menjalar sedangkan pada lotus tangkainya tumbuh menjulang tinggi seakan akan bersemangat meragakan diri. Tangkai ini kuat, lentur dan tidak mudah patah diterpa angin. Tangkai lotus ini bisa tumbuh meulang hingga ketinggian 1 meter, tangkai pada teratai sebenarnya tidak kalah panjang dibandingkan lotus, tangkai tanaman teratai dapat tumbuh menjalar hingga memiliki panjang lebih dari 1,5 meter.

Umbi

Tanaman teratai dan lotus sama sama memiliki umbi, pada lotus umbi terbentuk hanya jika ia tumbuh di habitat aslinya yaitu daun atau rawa, sedangkan umbi teratai dapat tumbuh walaupun ia di hidup di kolam. Tekstur umbi dari lotus mirip dengan ubi jalar, bentuknya lonjong dan bila dibelah melintang terlihat rongga rongga. Sedangkan umbi dari tanaman teratai mirip umbi talas dan diselimuti bulu bulu halus yang bisa tumbuh mencapai panjang 2 meter.

Related Posts

Add Comment