Prospek Usaha Budidaya Ikan Air Tawar

budidaya ikan air tawarProspek Usaha Budidaya Ikan Air Tawar – Indonesia memiliki perairan yang luas. Hal itu menawarkan produktivitas ikan konsumsi yang berlimpah. Apalagi, lautan yang luas itu menghasilkan ikan yang layak untuk dikonsumsi. Ikan ikan tersebut didapat dengan cara menjaring atau dengan cara lain yang baik sehingga keterlimpahan ikan laut masih tetap terjaga sampai kelak.

Selain ikan konsumsi yang bersumber dari laut, negeri kita juga kaya akan ikan konsumsi yang berasal dari sumber air tawar. Ikan ikan ini pasaran tetap memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Pasar lokal maupun ekspor masih membutuhkan pasokan yang cukup besar sehingga sangat terbuka apabila kita terjun dalam usaha budidaya ikan air tawar ini.

Ikan konsumsi air tawar menjadi favorit karena kemudahan dalam mendapatkannya. Banyak orang bilang bahwa ikan air tawar mudah dibudidayakan jika dibanding dengan ikan air laut. Ya, memang benar. Karena budidaya ikan konsumsi air tawar tidak tergantung pada wilayah yang terbatas seperti ikan laut.

Ikan Konsumsi Air Tawar

Mengapa harus disebut ikan konsumsi air tawar? Sebab, dalam budidaya ikan air tawar dibedakan menjadi dua jenis, yakni ikan air tawar hias dan ikan air tawar konsumsi. Sementara itu, di artikel ini kita akan membahas secara khusus untuk jenis ikan air tawar yang dibudidayakan untuk tujuan konsumsi.

Ikan konsumsi air tawar memiliki banyak jenis dengan ukuran badan dan warna badan yang beragam. Jenis jenis ikan air tawar yang tergolong ikan konsumsi sangat sesuai untuk bahan pangan.

Jenis ikan konsumsi air tawar memiliki tingkat produktivitas daging yang tinggi sehingga cocok sebagai bahan makanan. Jenis ikan konsumsi jika dibudidayakan dengan baik dapat memberikan hasil yang tinggi sehingga dapat memberikan keuntungan yang tinggi.

Jenis Ikan Air Tawar Konsumsi

Jenis ikan air tawar yang dapat dikonsumsi tidak semua mendatangkan keuntungan yang sama besar ketika dibudidayakan. Hal itu dikarenakan masing masing jenis memiliki karakteristik dan keunggulan yang berbeda beda. Ukuran tubuh, ketebalan daging, percepatan pertumbuhan dan kelezatan dagingnya membedakan satu jenis ikan air tawar dengan jenis lainnya.

Ikan nila (Tilapa nilotica) merupakan jenis ikan air tawar populer dan favorit. Walaupun demikian, ikan lele (Clarias batrachus) menjadi ikan paling populer. Sementara, jenis ikan favorit yang banyak diinginkan oleh konsumen adalah ikan gurami (Osphyronemus gouramy).

Potensi ikan nila sebagai ikan populer dan favorit disebabkan oleh keterjangkauan harga dan kelezatan rasa dagingnya. Sementara itu, ikan lele menjadi populer karena keterjangkauan harga tetapi soal kesukaan masih kalah jauh dibandingkan dengan ikan nila.

Ikan favorit yang sebenarnya banyak diinginkan konsumen adalah ikan gurami. Namun, ikan yang memiliki ketebalan daging dan kelezatan rasa dagingnya ini, termasuk ikan mahal. Penyebab ikan gurami menjadi ikan mahal adalah karena perawatannya yang lebih sulit dan rentang waktu panen yang lama.

Kepopuleran dan kefavoritan ketiga jenis ikan air tawar in memang belum ada yang mengalahkannya. Sebenarnya, ikan mas memiliki keunikan rasa yang berbeda, namun tdak banyak orang yang membudidayakan ini karena kesulitan yang lebih tinggi. Sehingga, di pasar ikan ini akan jarang ditemui.

Peluang Usaha Budidaya Ikan Air Tawar

Ketika kita hendak membudidayakan ikan air tawar, tentu pertimbangan utama dalam budidaya adalah adanya permintaan pasar. Apabila permintaan pasar rendah, maka biaya untuk budidaya akan habis hanya untuk produksi saja.

Kemudian, pertimbangan selanjutnya adalah cara membudidayakannya. Kemudahan dalam membudidayakan ikan air tawar jenis tertentu penting untuk kita ketahui. Jangan sampai kita terjuni budidaya ikan air tawar jenis tertentu tetapi kita tidak pernah mengetaui cara membudidayakannya.

Dari sekian banyak ikan air tawar tersebut, jenis ikan gurami, ikan nila dan ikan lele adalah jenis ikan air tawar yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Nilai jual yang tinggi serta permintaan ikan ini yang terus menerus ada, dapat menjadi pertimbangan untuk melihat peluang usaha budidaya ikan air tawar tersebut.

Related Posts

Add Comment