Ragam Jenis Tanaman Cabe

Cabe KeritingRagam Jenis Tanaman Cabe

Tanaman Cabe terdiri dari beberapa jenis berikut adalah beberapa jenis tanaman cabe yang biasa kita temui.

–  Cabe Besar

Cabe besar (C. Annuum) atau lombok besar memang memiliki banyak macam varietas atau kultivar. Maksudnya, ada cabe yang dihasilkan dari proses pemuliaan (varietas) dan ada juga yang merupakan varietas budidaya (kultivar). Dengan demikan, setiap daerah memiliki varietas atau kultivar lokal yang namanya biasanya sesuai dengan asal usul tumbuhnya. Jenis Cabe besar ini dapat dikelompokkan lagi menjadi 5 kelompk yaitu cabe merah, cabe hijau, cabe dieng, cabe keriting dan paprika.

  1. Cabe merah
    Jenis cabe merah memiliki buah berwarna merah. Cabe ini dalam satu kali masa panen hanya dapat dipanen sebanyak enak kali. Buahnya berukuran besar, panjang dan mulus serta ujungnya mengecil runcing dan bengkok. Panjang buahnya 10-15 cm dengan bobot 10 g oer buah. Bahkan, panjang buah di cabang pertama dapat mencapai 18 cm dengan bobot mencapai 20 g per buah. Produksi buahnya dapat mencapai 16 ton per hektar.
  2. Cabe hijau
    Sebetulnya jenis cabe merah ketika masih muda warnanya hijau sehingga orang mengatakan cabe hijau. Hanya saja ada varietas cabe besar yang karakteristiknya agak berbeda dengan cabe besar pada umumnya. Misalnya, kulit buah lebih tebal dan lebih lunak. Rasa cabe tidak pedas seperti cabe merah. Kegunaan cabe ini sebagai campuran sayur karena cabe ini sangat cocok sebagai campuran sayur atau untuk sambel hijau.
  3. Cabe dieng ata gondol
    Cabe dient atau gondol merupakan sejenis cabe bulat karena bentuk buahnya bulat. Cabe ini diketehaui terdapat di dieng (jawa tengah) dan pangelangan (jawa barat). Bentuk buahnya sekilas mirip dengan paprika atau tomat yaitu bulat, pendek, benjol benjol dan tidak menarik. Namun, cabe ini memiliki rasa pedas yang segar
  4. Cabe keriting
    Cabe keriting berukuran lebih kecil dari cabe merah biasa, tetapi rasanya lebih pedas dan memiliki roma yang lebih tajam. Bentuk fisiknya memang agak berkolok – kelok (melintir) dengan permukaan buah tidak rata sehingga memberikan kesan keriting. Oleh karena itu cabe ini disebut sebagai cabe keriting.
  5. Paprika
    Konon paprika masih digolongkan ke dalam jenis cabe eropa yang memiliki nama seperti cabe banteng atau cabe hidung banteng. Cabe hidung banteng disebut demukian karena bentuknya mirip hidung banteng.

–  Cabe kecil atau rawit

Seperti cabe bsar jenis cabe rawit memiliki banyak varietas. Ada yang berukuran mini, ada yang dikatakan cabe putih (cabe cengek atau lombok ceplik( dan ada yang berwarna hijau yang disebut cengis. Namun ada juga cengis yang ukuran buahnya besar dan dinakan lombok japlak.

Ukuran cabe rawit memang hanya setengah dari cabe besar. Tinggi tanaman cabe rawit pada umumnya dapat mencapai 150 cm. Tangkai daunnya hanya setengah dari panjang tangkai daun cabe besar. Daunnya pun lebih pendek dan lebih sempit. Posisi bunganya tegak dengan panjang tangkai bunga hampir sebesar cabe besar. Mahkota bunga berwarna kuning kehijauan dengan jumlah cuping sama dengan cabe besar. Namun panjang cuping hanya 0,6-0,8 cm dan lebar hanya 0,3-0,4 cm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *