Syarat Media Tanam Untuk Sayuran Organik

Syarat Media Tanam Untuk Sayuran OrganikSyarat Media Tanam Untuk Sayuran Organik

Media tanam merupakan salah satu faktor penting yang sangat menentukan dalam kegiatan bercocok tanam sayuran organik. Media tanam akan menentukan baik buruknya pertumbuhan tanaman yang pada akhirnya mempengaruhi produksi.

Bahan bahan media tanam yang digunakan dalam penanaman sangat banyak dan beragam. Apalagi dengan berkembangnya metode bercocok tanam seperti hidroponik, aquaponik dan aeroponik.

Tanaman sayuran daun lebih memerlukan media tanam yang gembur dan mudah ditembus akar. Sementara itu, tanaman sayuran buah lebih memerlukan media tanam yang kuat untuk menopang batang.

Bahan bahan yang digunakan dalam membuat media tanam sayuran organik merupakan bahan yang banyak tersedia di alam dan bisa dikerjakan sendiri. Namun, bahan bahan tersebut harus sesuai syarat dan tujuan pembuatan media tanam sayuran organik.

Syarat dan tujuan media tanam organik yang kita tanam di sekitar rumah adalah sebagai berikut.

  1. Pengganti Fugsi Tanah
    Sayuran organik memerlukan media tanam untuk memenuhi kebutuhan tanaman sayuran, media tanam harus memiliki fungsi untuk menopang tanaman, memberikan nutrisi dan menyediakan tempat bagi akar tanaman untuk tumbuh dan berkembang.
    Nutrisi yang dibutuhkan tanamn sayuran organik harus tersedia berkat media tanam tersebut. Dengan demikian, media tanam sayuran organik yang kita gunakan pada dasarnya harus bisa menggantikan fungsi tanah bagi tanaman sayuran organik kita.
  2. Penyedia Kebutuhan Tanaman
    Media tanaman sayuran organik yang baik harus memiliki sifat sifat fisik, kimia dan biologi yang sesuai dengan kebutuhan tanman. Untuk memenuhi kebutuhan tanaman tersebut, media tanam sayuran organik harus memenuhi syarat sebagai media tanam yang baik.
    Syarat tersebut adalah mampu menyediakan ruang tumbuh bagi akar tanaman, memiliki porositas yang baik, menyediakan unsur hara yang cukup dan lain sebagainya. Jika syarat tersebut terpenuhi, tanaman sayuran organik kita akan dapat tumbuh dengan normal
  3. Menjadi Ruang Tumbuh
    Media tanaman sayuran organik yang baik harus mampu menyediakan ruang tumbuh bagi akar tanaman, sekaligus juga sanggup menopang tanaman. Untuk kebutuhan ruang tumbuh akar, media tanam sayuran organik harus gembur.
    Kegemburan media tanam sayuran organik ini akan membuat akar tanaman bisa tumbuh baik dan sempurna. Perlu diperhatikan bahwa kegemburannya juga harus cukup solid memegang akar dan menopang batang agar tidak roboh.
  4. Penyedia Unsur Hara
    Setiap tanaman membutuhkan unsur hara untuk pertumbuhannya. Media tanam sayuran organik yang baik harus dapat menjadi penyedia unsur hara bagi tanaman. Unsur hara yang harus ada dalam media tanam sayuran organik adalah unsur hara makro dan mikro.
    Agar tersedia unsur hara, dilakukan pemupukan. Pemupukan dilakukan dengan pupuk organik bisa pupuk organik cair ataupun pupuk organik padat. Selain pemupukan, unsur hara juga dapat tersedia karena adanya aktivitas mikroorganisme dalam media tanam sayuran organik.
  5. Memiliki Pori pori
    Setiap media tanam yang kita gunakan untuk menanam sayuran organik harus memiliki pori pori atau porositas yang baik. Porositas yang baik akan dapat menyimpan air sekaligus mempunyai kemampuan mengalirkan air dan meratakan oksigen. Media tanam harus bisa mempertahankan kelembaban tanah, tetapi juga harus bisa membuang kelebihan air.
  6. Bersih dari hama dan Peyakit
    Media tanam yang kiga gunakan untuk menanam sayuran organik harus bersih dari bibit penyakit. Hama dan pnyakit yang terkandung dalam media tanam dapat menyerang tanaman dan menyebabkan kematian pada tanaman.
    Namun demikian, media tanam tidak harus begitu steril. Hal ini karena banyak mikroorganisme tanah yang sebenarnya sangat bermanfaat bagi tanaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *