Syarat Tumbuh Tanaman Mentimun

29 views

tanaman mentimunSyarat tumbuh tanaman mentimun seperti tanah yang tepat, iklim yang mendukung pemeliharaan dan suhu udara yang ccok harus diketahui untuk menghasilkan buah mentimun yang berkualitas tinggi.

Tanah

Tanaman mentimun tumbuh di segala macam tipe tanah dan ketinggian tempat. Secara umum, tanaman ini dapat tumbuh di dataran rendah, medium dan tinggi, bergantung pada varietasnya. Namun, sebagian besar varietas mentimun akan memberikan hasil yang memuaskan apabila ditanam di daerah yang sejuk dan kering sebab tanaman ini tidak tahan panas terik dan hujan.

Tanah yang air tanahnya menggenang atau porositasnya rendah tidak cocok untuk ditanami mentimun. Pada tanah seperti itu, tanaman mentimun mudah terserang penyakit akar, penyakit layu dan daun serta buahnya mudah berguguran.

Tekstur tanah lempung yang banyak mengandung pasir, dengan drainase yang baik, kedalaman air tanah sedalam 50 – 200 cm dari permukaan tanah, kedalaman perakaran di atas 15 cm dari permukaan tanah dan kesuburan tanah tinggi sangat tepat untuk tanaman ini. Lebih baik lagi apabila tanah itu banyak mengandung humus dan gembur. Serta memiliki lapisan bunga tanah yang tebal. Hal ini karena sistem perakaran tanaman mentimun meluas ke samping dan masuk ke dalam tanah.

Derajat keasaman tanah optimum antara 5,5 – 7. Meskipun demikian, tanaman mentimun toleran terhadap lahan asam, yaitu pH kurang dari 5,5 sehingga tanaman ini dapat dikembangkan di lahan gambut. Tanaman mentimun menghendaki tempat yang tidak ternaungi atau mendapat sinar matahari penuh. Hujan yang terus menerus pun tidak baik untuk tanaman ini sebab tanaman ini hanya menghendaki penyiraman 80% lebih.

Di dataran tinggi sampai pada ketinggian 1.300 meter di atas permukaan air laut, tanaman mentimun masih mampu tumbuh dan berbuah dengan baik. Akan tetapi, kendala yang sering dihadapi di dataran tinggi adalah mudahnya terserang penyakit daun dan batang, terutama apabila keadaan suhunya lembap dan daerahnya sering terkena kabut pada pagi dan sore hari.

Singkatnya, tanah yang memenuhi syarat tumbuh tanaman mentimun adalah :

  1. Kondisi tanah untuk tanaman mentimun adalah tanah yang cukup gembur, kaya bahan organik, bukan tanah asam dan tanah kebun atau persawahan yang telah dikeringkan.
  2. Keasaman tanah (pH) yang diperlukan antara 5,5 – 7. Jika pH kurang dari 5,5 atau tanah asam, diadakan pengapuran dengan dosis disesuaikan dengan tingkat keasaman tanah. Dosis pengapuran dapat dilihat diartikel saya sebelumnya berjudul “Pengolahan Lahan Untuk Budidaya Mentimun“.
  3. Tanah yang cocok untuk tanaman mentimun adalah tanah sarang sehingga mudah membuang kelebihan air.
  4. Ketinggian tempat yang ideal untuk penanaman mentmun adalah 200 – 800 meter di atas permukaan laut. Mentimun dapat ditanam di daerah dekat pantai yang ketinggiannya di bawah 200 meter di atas permukaan laut dan di atas perbukitan dengan ketinggian lebih dari 800 meter di atas permukaan laut.

Tanaman mentimun memiliki pertumbuhan cepat dengan produksi rata-rata sekitar 30 – 40 ton tiap hektar lahan. Oleh karena itu, tanaman ini memerlukan pasokan nutrisi yang banyak melalui pemberian pupuk anorganik dan organik. Pupuk anorganik merupakan dinamisator, aktivator dan regenerator dalam mempertahankan kualitas dan kesehatan tanah.

Pupuk organik dengan dosis yang relatif besar pada budidaya mentimun sangat diperlukan untuk meningkatkan dan mempertahankan kesuburan tanah, baik secara fisik, kimia dan biologi tanah.

Karena dosis yang relatif besar, yakni sekitar 10 – 20 ton untuk tiap hektar laha, selain sulit dalam pengadaannya diperlukan biaya penagangan dan transportasi yang besar.

Iklim

Faktor iklim yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman mentimun diantaranya adalah sinar matahari, cura hujan, kelembapan, suhu udara, angin dan penguapan. Tanaman mentimun mampu beradaptasi pada berbagai iklim cukup tinggi, namun pertumbuhannya akan optimum pada iklim kering. Di daerah yang bertipe iklim basah, tanaman ini masih dapat hidup dan berbuah asalkan daerah itu tidak berkabut dan air tanah tidah menggenang.

Faktor iklim yang menjadi syarat tumbuh tanaman mentimun yang utama adalah sinar matahari. Apabila kurang mendapat sinar matahari di persemaian atau kurang sinar matahari pada awal pertumbuhan, tanaman mentimun akan mengalami etiolasi, yaitu terhambatnya pertumbuhan jumlah cabang yang akan tumbuh.

Bila pada waktu berbunga, tanaman mentimun kekurangan air, bunga yag tumbuh banyak yang gugur hingga tidak menjadi buah. Itulah sebabnya, di daerah yang beriklim kering dan di tegalan yang tidak terdapat sumber pengairan, tanaman mentimun harus ditanam menjelang awal musim kemarau atau awal musim hujan, walaupun produksinya lebih rendah.

Tanaman mentimun lebih baik ditanam di daerah yang terbuka serta tidak terlindung dari sinar matahari. Apabila ditanam di tempat yang teduh karena terlindung pohon besar atau di bawah rumah kaca yang atapnya gelap, tanaman mentimun mudah terserang penyakit kapang daun.

Suhu

Tanaman mentimun akan berkembang serta berbuah dengan optimal pada suhu sekitar 23º C pada siang hari. Suhu udara yang ideal bagi pertumbuhan tanaman mentimun adalah suhu harian rata rata berkisar 17º – 23º C, tempat terbuka, penyinaran penuh dan kelembapan kurang dari 80%.

Suhu harian yang terlalu panas, atau di atas 32º C menyebabkan pembuahan tanaman mentimun sangat sedikit. Selain itu, suhu udara harian yang terik dapat menyebabkan bunga dan buahnya menjadi terbakar hangus. Suhu tanah berpengaruh pula terhadap penyerapan unsur hara, terutama nitrogen dan fosfor.

Apabila pada waktu berbunga, suhu turun di bawah 16º C, pembuahan tanaman mentimun akan terganggu. Pada suhu ini, unsur mikro yang penting untuk pertumbuhan buah sukar diserap oleh tanaman. Pada suhu udara yang rendah, banyak penyakit daun dari cendawan yang menyerang tanaman mentimun, terutama apabila disertai dengan kelembapan tinggi. Oleh karena itu, tanaman mentimun lebih baik dikembangkan di dataran rendah dengan ketinggian kurang dari 800 meter di atas permukaan laut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *