Tanah dan Unsur Hara yang di butuhkan Tanaman Cabe

Tanah dan Unsur HaraTanah dan Unsur Hara yang di butuhkan Tanaman Cabe

Tanah merupakan tempat tumbuh tanaman cabe. Oleh karena itu, tanah harus subur dan kaya akan bahan organik agar tanaman tumbuh dengan baik. Tanaman cabe lebih sesuai ditanam pada jenis tanah andosol yang kaya akan bahan organik. Akan tetapi, untuk jenis cabe paprika justru lebih cocok ditanam pada jenis tanah latosol dan regosol.

Tanah yang memenuhi syarat adalah tanah yang menyediakan unsur hara yang dibutuhkan tanaman cabe. Unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman cabe dapat digolongkan  sebagai zat organik dan zat mineral.

  1. Zat organik
    Zat organik disini berarti zat dalam bentuk karbohidrat, protein dan lemak. Ketiganya dibentuk sendiri oleh tanaman melalui asimilasi zat asam arang (CO2). Dalam proses asimilasi ini terdapat tiga unsur penting, yaitu energi sinar matahari, air dan CO2. Ketiganya akan melakukan proses oksidasi dalam tubuh tanaman sehingga berubah menjadi energi yang dibutuhkan tanaman.
  2. Zat mineral
    Mineral merupakan zat pelengkap dalam pembentukan zat organik. Berikut ini beberapa mineral yang dibutuhkan oleh tanaman.
  3. Bahan baku zat organik (karbohidrat dan lemak) seperti zat asam arang (CO2), oksigen (O2) dan hidrogen dalam bentuk molekul air (H2O)
    2. Zat primer seperti Nitrogen (N), Fosfor (P), dan kalium (K) sebagai bahan pelengkap pembentukan protein.
    3. Zat sekunder seperti Kapur (Ca), Magnesium (Mg) dan belerang (S)
    4. Zat mikro seperti barium (Ba), seng (Zn), pumblum (Pb), mangan (Mn), garam kobalt (Co) dan molybdenum (Mo).

Dari zat zat mineral tersebut yang sebagian besar terkandung dalam tanah ialah zat primer dan sekunder yang disebut juga sebagai unsur makro serta zat mikro yang disebut sebagai unsur mikro. Sementara itu, kandungan bahan baku diperoleh dari udara dan air. Jadi, meskipun unsur makro dan mikro sudah ada dalam tanah, harus diolah terlebih dahulu agar sirkulasi udara dan peresapan air dalam tanah menjadi lancar. Dengan demikian, kebutuhan CO2, O2,H20 bisa terpenuhi.

Selain itu ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan mengenai unsur hara yang cabe butuhkan :

1.Kandungan nitrogen dalam pupuk yang mengandung amonium (ZA dan urea) akan hilang bila dicampur dengan kapur, batu fosfat dan kalsium sianamida. Hal ini terjadi karena nitrogen berubah menjadi gas amoniak.
2. Bila air yang mengandung fosfat disiramkan dalam kapur, bentuk kapur akan berubah menjadi bentuk tidak larut, yaitu dikalsium fosfat dan trikalsium fosfat.
3. Bila jenis pupuk tertentu dicampur dengan jenis pupuk lain yang bersifat higroskopis (urea), sebaiknya campuran ini segera digunakan saat selesai percampuran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *