Tanaman Hias Fittonia (Tanaman Mosaik) dan Perawatannya

Tanaman mosaik atau dalam bahasa latin disebut sebagai Fittonia merupakan tanaman hias dari keluarga Acanthaceae. Tanaman Hias Fittonia ini walau kurang populer sebagai tanaman hias tetapi sebenarnya merupakan tanaman hias yang cukup indah untuk ditaruh di ruangan. Selain itu tanamn ini juga cocok ditaruh sebagai tanaman untuk pot gantung.

Morfologi Fittonia

Fittonia terdiri dari 2 spesies yaitu Fittonia argyroneura dan Fittonia verschaffelti. Fittonia argyroneura  merupakan tanaman yang tumbuh menjalar sehingga cocok jika ditempatkan di pot gantung. Daunnya berbentuk oval dengan Panjang 5-10 cm. Urat urat daunnya yang berwarna perak, dengan daging daunnya yang hijau tua menyebabkan tanaman ini nampak seperti mosaik. Fittonia verschaffeltii secara morfologi hampir sama dengan F. argyroneura  yang membedakan keduanya adalah pada F. Verschaffelti urat urat daunnya berwarna merah.

( Baca Juga : Cara Merawat Anggrek Golden Shower Agar Subur dan Berbunga)

Cara Merawatnya

Merawat tanaman hias Fittonia tidaklah sulit ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan yaitu

  1. Cahaya : Tanaman hias ini menyukai taempat tempat yang teduh, jika ditaruh didalam ruangan gunakanlah lampu yang memberikan intensitas cahaya sebesar 150 footcandles.
  2. Temperatur : Tanaman ini merupakan tanaman yang sensitiv pada suhu, Fittonia cocok untuk tumbuh ditempat yang pada malam hari bersuhu 17,5-20 C dan siang harinya bersuhu 22,5 – 27,5 C
  3. Kelmbapan : Tanaman Fittonia menyukai tempat yang memiliki kelembapan tinggi (lebih dari 50%).
  4. Penyiraman : Perlu disiram setiap hari sehingga media tanam selalu lembap
  5. Pemupukan : Sebaiknya tanaman fittonia ini diberi pupuk setiap sebulan sekali dengan dosis pupuk ½ tanaman hias. Tanaman yang baru dipotkan baru bisa dipupuk setelah berumur 4 bulan.
  6. Media Tanam : Untuk menanam tanaman Fittonia ini sebaiknya anda menggunakan media tanam dengan komposisi 1/3 bagian tanah biasa, 1/3 bagian pasir dan 1/3 bagia pupuk kandang. Tambahkan pula dalam media tanam anda 1 sendok makan kapur dan 1 lapis pecahan batu merah di dasar pot. Media tanam ini perlu diganti setiap setahun sekali.
  7. Perbanyakan : Anda bisa memperbanyak tanaman hias ini dengan stek batang.

Itulah sedikit mengenai tanaman hias ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

Related Posts

Add Comment