Tanaman Hias Gantung Tahan Panas

63 views

Tanaman hias gantung tahan panas diperlukan bagi anda yang ingin mempercantik bagian halaman atau teras anda di bagian yang tersorot sinar matahari. Tanaman hias dari family Asteraceae dan Labiatae bisa menjadi pilihan karena kedua kelompok tanaman tersebut relatif cukup tahan terhadap panas selain itu beberapa spesies tanaman dari kedua family tersebut memang cocok dijadikan sebagai tanaman hias gantung.

Tanaman Hias Gantung Asteraceae

Gynura (Daun Beledu)

Jenis jenisnya

  1. Gynura aurantiaca
    Tanaman hias gantungTidak ada tanaman hias daun lain yang dapat menyamai keindahan permainan warna daun Gynura. Daunnya yang sepanjang 6,5 Р10 c ditutup dengan rambut rambut beledu ungu yang bersinar dibawah cahaya. Bentuk daunnya bulat panjang dengan ujung runcing dan tepi bergerigi. Daun daun yang baru muncul berwarna ungu menarik, yang tua berwarna hijau gelap dengan rambut rambut ungu sepanjang urat urat daunnya, tepi daun, tangkai dan cabangnya. Di sela sela permainan warna daunna yang ungu dan hijau, sesekali muncul bunganya berwarna orange, begitu manis melengkapi erpaduan warna yag semakin cerah di bawah sinar matahari.
    Tanaman ini tumbuh menjalas, sehingga sangat baik untuk dijadikan tanaman hias gantung yang dipasang di dekat jendela, serambi atau tempat yang banyak cahaya.
  2. Gynura sarmentosa
    Gynura sarmentosaDaunnya berbentuk mata tombak sepanjang 7,5 Р10 cm. Bagian bawah daun berwarna merah anggur. Batang menjalar jika di pot dan cenderung untuk terbelit belit. Tanaman ini memang menjadi tanaman hias gantung tahan panas yang sangat baik, di tempat teduh tanaman justru akan kehilangan warnanya sehingga jenis tanaman hias gantung ini sangat cocok jika di taruh di teras yang terkena banyak cahaya matahari. Bunganya sama seperti G. aurantiaca yang berwarna orange dan kecil.

Senecio

Jenis jenisnya

  1. Senecio mikanioides
    Senecio mikanioidesTanaman ini mudah tumbuh bahkan di permukaan air. Daun sepanjang 5 – 10 cm berbentuk jantung dengan beberapa torehan pada tepi daunnya. Daun agak kaku sepanjang batang yang menjalar melewati tepi pot. Jenis tanaman hias ini sangat baik untuk pot gantung. Tanaman ini tahan terhadap panas tetapi bisa juga jika ditempatkan di tempat teduh.
  2. Senecio macroglossus variegatus
    Senecio macroglossus variegatusDaun lunak berbentuk jantung dengan torehan torehan dangkal di kanan kiri pangkal daun sehingga seolah olah merupakan segilima. Warna daun hijau cerah dengan tepi tepi warna cream dan daging.

Family Labiatae

Khususnya dari spesies Coleus sangat menyukai sinar matahari langsung walau begitu tetap membutuhkan tanah yang lembab sehingga perlu sering disiram jika tempatnya tinggal cukup panas agar tanah tidak kehabisan air.

Coleus

Jenis jenisnya

  1. Coleus blumei
    Coleus blumeiJenis tanaman hias ini sangat baik jika ditaruh di luar rumah yang terkena cahaya matahari langsung. Warnanya beraneka ragam, hijau, kuning, merah muda, merah, sawo matang dan kombinasi warna warna tersebut. Bentuk daun seperti jantung, dengan tepi bergerigi atau berombang tergantung varietasnya. Rata rata ukuran daunnya sepanjang 10 cm dengan lebar 2 – 5 cm. Tinggi tanaman dapat mencapai 75 cm dan sangat rimbun.
  2. Coleus rehneltianus
    Coleus rehneltianusJenis ini sagat manis, daunnya agak kecil kecil sepanjang 4 cm dan lebar 2,5.
    Varietas varietas terbaiknya ialah :
    – Lord falmouth warnanya pink dan merah.
    – Red trailing queen warnanya ungu, merah dan hijau.
    – Trailing queen wara merah, kuning dan ungu.
    Kedua varietasterakhir ni memunyai batang lunak yang lebar sehingga terayun aun melewati tepi, sangat menarik untuk dijadikan tanaman hias gantung. Tinggi tanaman mencapai 40 – 50 cm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *