Inspirasi Tanaman Hias Mini Dalam Ruangan Kerja

Menaruh Tanaman hias mini dalam ruangan kerja termasuk salah satu cara efektif untuk menghilangkan kepenatan anda saat sedang bekerja. Tentunya jenis tanaman yang dipilih haruslah yang mudah dirawat dan tidak memerlukan perawatan khusus. Ada beberapa jenis tanaman yang masuk kategory ini, sebagian besar pastilah sudah anda kenal. Macam macam tanaman hias tersebut adalah :

Lidah Buaya Mini

lidah buaya miniLidah buaya yang saya maksud disini bukanlah yang termasuk spesies Aloe vera. Carilah spesies dari genus aloe lain yang berukuran mini sehingga pas di taruh dalam ruangan kerja anda. Lidah buaya ini merupakan tanaman hias mini dalam ruangan yang ideal karena perawatannya sangat mudah. Tanpa pemberian pupuk secara rutin pun tanaman ini masih dapat tumbuh dengan baik, penyiraman pun hanya perlu dilakukan sesekali saja. Selain itu sangat jarang lidah buaya yang terkena serangan hama atau penyakit. Bentuk tanaman hias ini juga cukup menarik dengan warna hijaunya dapat memberikan kesan sejuk kepada anda yang sedang penat akan deadline kerjaan anda.

Pakis Asparagus

Pakis AsparagusJika ruangan kerja anda belum ber AC dan terasa panas, tanaman pakis asparagus bisa menjadi pilihan. Tanaman pakis terkenal sebagai tanaman yang dapat menyerap hawa panas di ruangan. Selain itu, bentuk daunnya yang pipih halus dan menyebar mempunyai pesona tersendiri. Untuk mencegah pakis mengalami kematian, pindahkan tanaman pakis ini secara rutin ke tempat yang lembab misalnya kamar mandi seminggu sekali. Kalau ruangan kerja anda ber AC sih anda tak perlu melakukan hal ini.

Kaktus

FerocactusTanaman hias mini dalam ruangan kerja saya adalah kaktus, Saya menaruh kaktus di ruangan kerja saya karena bentuknya yang unik dan perawatannya yang mudah. Tanaman kaktus ini justru malah tidak boleh terlalu banyak disiram. Terdapat ratusan jenis kaktus yang dapat anda pilih untuk anda taruh di ruangan anda. Kalau saya sih paling suke jenis ferocactus seperti gambar diatas. Minus dari tanaman ini adalah pertumbuhannya yang sangat lambat, bagi anda yang ingin lihat tanaman kaktus anda tumbuh besar sebaiknya harus menunggu hingga puluhan tahun ya.

Oxalis

Tanaman hias mini dalam ruanganTanaman oxalis atau bunga kupu kupu mungkin masih jarang dikenal banyak orang. Oxalis tidak memerlukan sinar matahari langsung sehingga cocok digunakan tanaman hias dalam ruangan. Daunnya yang mirip kupu kupu berwarna ungu sangat cocok diletakkan di meja apalagi jika ruangan kerja anda merupakan ruangan bersama dan terdapat meja besar didalamnya. Tempatkan oxalis ini di tengah ruangan dan jadilah ia menjadi salah satu penambah warna di ruangan kerja anda. Tanaman hias mini ini kurang menyukai kelembapan ya, jadi jika ditempatkan di ruangan ber AC periksalah tanaman ini secara berkala untuk melihat tingkat kelembapannya.

Sukulen Echeveria

Sukulen Echeveria

Echeveria merupakan genus dari tanaman sukulen. Tanaman ini bentuknya menyerupai bunga mawar. Tanaman ini tidak memerlukan ruangan yang besar karena ukurannya yang mini. Sayangnya bagi anda yang kerja di ruangan ber AC nampaknya tidak bisa menggunakan Echeveria sebagai penghiasan ruangan anda hal ini karena tanaman ini tidak tahan di suhu dingin karena jadi mudah jamuran.

Lavender

LavenderTanaman hias ini dapat menceriakan ruangan anda. Selain karena lavender bisa mengusir nyamuk, tanaman hias mini dalam ruangan ini memiliki aroma yang dapat membuat tubuh kita rileks dan menghilangkan rasa cemas. Apalagi kalau sering dikejar kejar target sama big bos, lavender ini menjadi tanaman wajib ada dalam ruangan anda.

Bambu Rejeki

Bambu rejekiTanaman tropis ini di mata orang tiongkok dipercaya sebagai pembawa keberuntungan. Sayangnya saya bukan orang yang percaya hal tersebut, karena menurut saya rejeki datangnya dari Allah swt. Tapi saya percaya tanaman yang mirip bambu ini cocok dijadikan sebagai tanaman hias dalam ruangan kerja. Kesannya tanaman ini memberikan kesan kesejukan seperti kita sedang berada di hutan bambu bersama panda panda lucu. Tanaman bambu rejeki ini bisa tumbuh di media tanah ataupun hanya air, tetapi bambu rejeki membutuhkan sinar matahari yang cukup sehingga tidak bisa ditempatkan di ruangan yang tanpa terkena sinar matahari sama sekali.

Related Posts

Add Comment