Tanaman Lidah Mertua dan Cara Merawatnya

Tanaman lidah mertuaTanaman Lidah Mertua atau dalam bahasa ilmiah disebut Sansevieria adalah tanaman hias yang cukup populer sebagai penghias bagian dalam rumah. Hal ini karena Sansevieria ini dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari. Tanaman lidah mertua memiliki daun keras, sukulen, tegak dengan ujung meruncing. Saya sendiri dirumah menanam tanaman ini bersama dengan tanaman hias keladi red star.

Dikenal dengan sebutan tanaman lidah mertua karena bentuknya yang tajam. Tanaman ini tidak hanya sebagai tanaman hias, tapi juga memiliki manfaat kesehatan dan kerap dijadikan sebagai bahan obat herbal. Sansevieria dapat menyuburkan rambut, mengobati diabetes, wasir hingga kanker ganas.

Serat tanaman ini dapat digunakan sebagai bahan pakaian. Di jepang, Sansevieria digunakan untuk menghilangkan bau perabotan rumah di ruangan. Hal ini dikarenakan Sansevieria memiliki keistimewaan menyerap bahan beracun seperti karbondioksida, benena,  formaldehyde dan trichloroethylene. Penelitian NASA bekerja sama dengan ALCA telah menemukan bukti bukti bahwa tanaman ini secara alami mampu mengurangi polusi udara.

Tanaman lidah mertua dibagi menjadi dua jenis, yaitu memanjang dan pendek melingkar. Jenis yang tumbuh memanjang ke atas dengan ukuran 50 – 75 cm dan jenis berdaun pendek melingkar dalam bentuk roset dengan panjang 8 cm dan lebar 3-6 cm. Kelompok panjang memiliki daun meruncing seperti mata pedang. Oleh karena itu, ada yang menyebutnya juga sebagai tanaman pedang pedangan.

Warna daun Sansevieria sangat beragam, mulai dari warna hijau tua, hijau muda, hijau abu abu, perak dan warna kombinasi putih kuning atau hijau kuning. Motif alur atau garis garis yang terdapat pada helai daun juga bervariasi. Ada yang mengikuti arah serat daun, tidak beraturan dan ada juga yang zig zag.

Cara merawat tanaman lidah mertua

Keistimeaan Sansevieria adalah memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan. Daun tebal tanaman ini memiliki kandungan air yang sukulen, sehingga tahan kekeringan. Namun dalam kondisi lembap atau basah tanaman ini tetap bisa tumbuh dengan subur.

Tanaman lidah mertua merupakan tanaman yang memiliki daya adaptasi tinggi terhadap lingkungannya. Dengan demikian, tanaman ini dapat tumbuh subur di media apapaun dan di manapun. Oleh sebab itu tanaman ini dapat ditemukan di negara tropis, seperti indonesia dan juga negara empat musim seperti jepang, amerika dan lain sebagainya.

Sansevieria termasuk jenis tanaman yang tahan terhadap matahari. Sehingga sangat mudah untuk ditanam dan dirawat. Penyiraman Sansevieria  tidak perlu sering karena tanaman ini tetap dapat tumbuh subur meskipun tidak mendapatkan pasokan air selama beberapa hari.

Tanaman lidah mertua juga dapat ditanam di dalam ruangan untuk menghias ruangan dan menghilangkan polusi udara di dalam rumah. Namun, seminggu sekali anda harus mengeluarkannya dan memberikan sinar matahari langsung. Penyinaran ini agar warna daun Sansevieria tetap cerah dan tidak memudar.

Related Posts

Add Comment