Tanaman Pisang Berangan Bermanfat untuk Kesehatan

Tanaman Pisang BeranganTanaman Pisang Berangan – Buah pisang adalah salah satu jenis buah yang wajib ada dalam perayaan-perayaan tertentu selain dikonsumsi sebagai buah pencuci mulut. Budidayanya yang mudah dan dapat berkembang dengan baik tanpa perawatan khusus, tak heran jikalau kini di Indonesia sudah terdapat lebih dari 20 jenis buah pisang yang bisa dikonsumsi.

Salah satu tanaman pisang yang memiliki tekstur buah yang padat dan beraroma wangi ini adalah tanaman pisang berangan. Jenis tanaman pisang yang hidup subur di Deli Serdang, Sumatra Utara ini merupakan salah satu jenis tanaman pisang yang memiliki tampilan fisik berupa bercak pada bagian-bagain kulitnya.

Sama seperti pisang kebanyakan pisang ini warnanya kuning jika sudah masak dan rasanya manis seperti jenis pisang kepok. Pisang ini tak hanya sekedar dijadikan sebagai pencuci mulut semata, melainkan ada segudang khasiat lain yang diperoleh dari tanaman pisang berangan. Penasaran? Berikut adalah ulasannya untuk Anda.

Manfaat Tanaman Pisang Berangan bagi Kesehatan

  1. Sebagai obat diare, demam dan memperkuat rambut

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa getah tanamanpisang jenis ini mampu menyembuhkan sejumlah penyakit sekaligus, seperti diare, demam hingga memperkuat rambut. Caranya cukup mudah Anda hanya perlu mengoleskan getah yang diambil dari batang pohon pisang berangan pada bagian-bagian yang anda tuju. Misalnya untuk memperkuat rambut dioleskan di rambut, untuk demam dioleskan di kepala dan leher.

  1. Sebagai Obat Anemia

Kandungan alami pada tanaman pisang berangan ini juga dipercaya mampu mengobati anemia. Tetapi untuk menerapkannya Anda tak serta merta mengkonsumsinya secara langsung, biasanya pisang berangan yang telah dikeringan akan diubah menjadi tepung terlebih dahulu dengan cara dihaluskan dengan mesin atau blender hingga menjadi halus. Selain itu mengkonsumsi buah berangan secara berkala juga dipercaya mampu menyuplai pasokan nutrisi yang diperlukan tubuh secara ideal dan maksimal.

  1. Menurunkan berat badan

Nah, bagi Anda yang sedang menggalakkan program diet, sepertinya mengkonsumsi buah berangan akan sangat membantu program diet Anda. Pasalnya hasil dari tanaman pisang berangan ini dipercaya mampu menurunkan berat badan secara alami tanpa efek samping hanya dengan rajin mengkonsumsinya.

Nah, demikianlah ulasan menarik mengenai manfaat tanaman pisang berangan yang wajib Anda ketahui. Ternyata meskipun dilapisi dengan bercak pada kualitnya buah pisang khas Medan ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Related Posts

Add Comment