Tanaman Sambang Darah dan Perawatannya

Tanaman Sambang DarahTanaman Sambang darah ( Hemigraphis )

Tanaman Sambang darah ini sebenarnya tanaman yang lebih terkenal sebagai tanaman obat jika dibandingkan dengan tanaman hias.  Di pulau jawa tanaman yang bernama latin Hemigraphis ini sering digunakan sebagai tanaman pagar. Walau bisa digunakan sebagai tanaman obat sambang darah ini sering juga dijadikan sebagai racun ikan.

Morfologi Sambang darah ( Hemigraphis )

Terdapat 2 jenis tanaman sambang darah yaitu Hemigraphis exotica yang merupakan tanaman yang tumbuh merambat sehingga baik untuk pot gantung. Daunnya berbentuk oval dengan tepi bergigi, permukaannya tidak rata, warna daun hijau keunguan mengkilat,  sedang permukaan bawah daun berarna ungu merah anggur. Bunga dari tanaman sambang darah ini berarna putih kecil kecil dan manis. Panjang daun 5-7 cm dengan lebar kurang lebih 3 cm.

Jenis kedua adalah Hemigraphis repanda, secara ciri ciri tanaman ini mirip dengan H. exotica, perbedaannya ada pada daunnya yang kecil kecil dan berbentuk lanset. Panjang daun 5-7 cm dengan lebar sekitar 1 cm.

(Baca Juga : Bonsai Gaya Tertiup Angin)

Perawatan Tanaman Sambang darah 

Dalam merawat tanaman sambang darah ini ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan

  1. Tanaman ini dapat diberi cahaya langsung atau teduh. Jika anda menginginkan menaruhnya di dalam ruangan, pastikan lampu ruangan anda memberikan 100 – 600 footcandles.
  2. Temperatur yang baik bagi tanaman ini adalah 15 – 17,5 C pada malam hari dan 20 – 22,5 C pada siang hari.
  3. Tanaman ini tidak terlalu menyukai kelembapan tinggi tetapi juga tidak menyukai daerah kering.
  4. Untuk masalah pemupukan, lakukan pemupukan setiap 2 bulan sekali dengan ½ dosis pupuk untuk tanaman hias biasa.
  5. Media tanam yang baik digunakan adalah media dengan komposisi 1/3 bagian tanah biasa, 1/3 bagian pasir, 1/3 bagia pupuk kandang dan pada bagian dasar pot diberikan batu merah. Media tanam ini perlu diganti setiap tahun
  6. Perbanyakan : Tanaman ini termasuk tanaman yang mudah di kembang biakan, dengan stek batang saja tanaman ini sudah dapat tumbuh. Selain stek dapat juga diperbanyak dengan cangkok dan biji.

Related Posts

Add Comment