Tanaman Sirih Belanda dan Cara Pemeliharaannya

37 views

Tanaman sirih belandaTanaman sirih belanda merupakan salah satu jenis tanaman yang unik, hal dikarenakan tanaman ini jika tumbuh semakin tinggi daunnya semakin membesar dan bahkan di depan rumah saya, sirih belanda yang merambat di pohon mangga daunnya bisa mencapai panjang 1 meter di bagian paling atasnya. Yang semakin membuatnya unik adalah jika tanaman ini tumbuh turun kebawah maka daunnya akan kembali mengecil, entah apa yang digunakan tanaman ini sebagai sensor ketinggian karena belum ada penelitian yang meneliti mengenai hal ini.

Batang dari tanaman ini berwarna hijau bulat kecil dan menjlat. Tanaman ini tak pernah menjadi tua dan harus diperbarui. Daunnya dapat dibedakan menjadi 3 bentuk, yaitu :

  1. Bentuk Muda , ukuran daun 5 – 10 cm
  2. Bentuk pertengahan, dengan ukuran daun 15 – 25 cm
  3. Bentuk tua, ukuran daunya lebih dari 25 cm dan bahkan yang panjang daunnya mencapai 1 meter (biasanya tanaman yang merambat di pohon yang tingginya lebih dari 4 meter).

Bentuk muda dari tanaman sirih belanda ini sangat cocok di pot gantung, tetapi jika mereka diberi penyokong dengan batang / kayu maka tanaman ini akan tumbuh membesar ke bentuk penengahan. Tanaman ini juga tumbuh baik pada media air.

Jenis Tanaman Sirih Belanda

Terdapat dua spesies dari tanaman ini, yaitu :

  • Scindapsus aureus
    Daunnya berwarna hijau mengkilat dengan sedikit bercak bercak kuning, berbentuk jantung. Merupakan spesies sirih belanda yang umum terdapat di Indonesia, pertumbuhan spesies ini sangat cepat.
  • Scindapsus pictus argyraeus
    Daunnya berbentuk jantung berwarna hijau dengan bintik bintik berwarna perak dan garis seperti garis pensil berwarna perak melingkari tepi daun. Tanaman ini jarang tumbuh sampai merambat menjadi berdaun besar dan pertumbuhannya lebih lambat.

Pemeliharaan

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam pemeliharaan tanaman sirih belanda, yaitu :

  • Cahaya : tersebar, semi naungan dan naungan. Jika ditaruh sebagai tanaman indoor, membutuhkan lampu ruangan yang memberikan 400 footcandles. Pada tempat tempat yang kurang cahaya daun cenderung kehilangan tanda tanda putih, kuning dan menjadi hijau polos sehingga daya tariknya akan berkurang.
  • Temperature :
    Malam hari 17,5 – 20C
    Siang hari 22,5 – 27,5C
  • Kelembaban : tanaman ini suka lembab sehingga perlu disiram setiap hari hingga basah betul.
  • Pemupukan : Jika di taruh di tanah tanpa dipupuk pun tanaman sirih belanda daat tumbuh dengan sangat subur. Sedangkan jika dijadikan tanaman d dalam pot sebaiknya setiap 4 bulan sekali diberi pupuk dengan dsis pupuk untuk tanaman hias.
  • Media : Tanaman ini merupakan tanaman yang bandel sehingga di tanam di tanah yang diberi pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 sudah dapat membuat tanaman ini tumbuh dengan subur. Saking tingginya daya hidup tanaman ini, bahkan dengan media air tergenang di gelas sudah dapat digunakakan untuk memelihara tanaman sirih belanda ini.
  • Perbanyakan : dengan stek batang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *