Terancam Punah, Begini Cara Berkembang Biak Orang Utan

Orang utan menjadi primata yang terancam kepunahannya di dunia. Adanya deforestasi membuat keberadaan orang utan ini semakin terancam. Lahan hutan sudah banyak dijadikan sebagai perkebunan sawit hingga pemukiman. Yang membuat habitat asli dari orang utan semakin berkurang. Apabila tidak ada pengawasan maka hal ini bisa mengancam mamalia satu ini. Lebih peduli dengan primata ini, yuk simak cara berkembang biak orang utan dalam ulasan berikut.

Orang Utan Secara Morfologi

Mamalia satu ini merupakan hewan yang bisa ditemukan di Indonesia. Dua jenis dari primata adalah orang utan Kalimantan dan orang utan Sumatra. Kebanyakan mereka akan tinggal di hutan tropis maupun rawa rawa. Kedua jenis orang utan ini memiliki perbedaan yang bisa dilihat dari bentuk badannya. Meskipun terlihat serupa namun warna bulu kedua jenis orang utan ini berbeda. Orang utan Sumatra memiliki bulu yang lebih pucat dan lebat.

Sementara orang utan Kalimantan memiliki bulu ynag berwarna coklat kemerahan, jarang jarang dan juga kasar ketika dipegang. Pada bentuk muka keduanya juga berbeda, jenis Sumatra bentuk mukanya cenderung lebih pipih dengan sedikit kelenjar lemak. Berbeda dengan jenis Kalimantan yang lebih lebar dan memiliki banyak kelenjar lemak. Meskipun bentunya berbeda, cara berkembang biak orang utan keduanya cenderung sama.

Fakta Unik Tentang Orang Utan

Orang utan termasuk dalam primata yang terbilang cerdas serta bisa menggunakan tongkat dengan baik guna mengambil makanannya. Tidak hanya itu hewan ini juga bisa menggunakan daun lebar untuk melindungi dirinya dari hujan maupun matahari. Keberadaan orang utan ini sebagai pemelihara dan juga penjaga hutan. Karena ia akan membantu menyebarkan biji dari tanamanan dan membantu pertumbuhan tanaman baru.

Hal ini dilakukan dengan mematahkan dahan untuk membuat sarang sehingga matahari bisa mengenai pohon pohon yang kecil. Mereka memiliki seruan dimana yang jantan akan memiliki seruan yang lebih panjang. Sebab orang utan memiliki kantong suara pada tenggorokannya. Orang utan juga hewan yang kuat karena bisa hidup hingga 45 tahun. Namun cara berkembang biak orang utan terbilang lambat sehingga bisa terancam punah.

Cara Berkembang biak

Orang Utan bisa dikatakan sebagai dewasa saat umur 10 hingga 12 tahun untuk sang betina. Sementara spesies jantan mencapai usia dewasa saat mulai umur 8 tahun. Untuk cara berkembang biaknya dengan cara kawin dan melahirkan. Umumnya orang utan yang hidup di alam bebas akan mulai bunting serta melahirkan pertama kali di usia 9 hingga 12 tahun. Sementara untuk orang utan peliharaan akan bunting pada usia 7 hingga 8 tahunan.

Inilah yang membuat orang utan menjadi primata yang tidak boleh ditangkap dan dijadikan peliharaan. Orang utan betina membutuhkan waktu sekitar 9 bulan dalam masa kehamilannya. Orang Utan bisa melahirkan 2 sampai 4 kali dengan jarak sekitar 3 hingga 4 tahun bahkan ada yang lebih dari 5 tahun. Untuk itulah mengapa cara berkembang biak orang utan terbilang lambat dan memerlukan waktu yang lama dibandingakn primata lain.

Untuk mengatasi kepunahan ini tentunya diperlukan langkah khusus agar primata satu ini tetap ada dan lestari. Mengingat adanya Orang Utan membuat keseimbangan hutan menjadi lebih terjaga. Upaya konservasi memang harus terus dilakukan didukung dengan kesadaran manusia untuk tidak merampas habitatnya. Dengan begitu primata besar satu ini tidak akan punah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *